Teknik Budidaya Tanaman Jagung

24160 views

Teknik budidaya tanaman jagung itu seperti apa sih ? Rasanya sangat kecil kemungkinan untuk seseorang belum pernah memakan buah jagung. Selain karena buah jagung memiliki rasa yang lezat, jagung juga bisa diolah menjadi beberapa jenis makanan. Jagung juga merupakan salah satu makanan pokok bagi beberapa masyarakat Indonesia di beberapa daerah. Karena itu, tidak sulit untuk menemukan jagung di pasar di dekat tempat tinggal anda. Banyaknya konsumsi dan kebutuhan jagung, membuat semakin banyak juga orang yang melakukan budidaya jagung. Hal tersebut juga berbanding lurus dengan banyaknya orang yang mencari teknik budidaya tanaman jagung.

Baca juga = teknik budidaya tanaman sayuran

Tidak banyak berbeda dengan budidaya jenis tanaman lainnya, berikut adalah cara dan teknik budidaya tanaman jagung yang biasa dilakukan, dan bisa anda contoh jika anda baru akan memulai budidaya jagung.


Teknik Budidaya Tanaman Jagung


  1. Bibit Jagung

Teknik Budidaya Tanaman Jagung

Cara dan teknik budidaya tanaman jagung yang pertama adalah mendapatkan bibit jagung. Tidak sulit untuk mendapatkan bibit jagung, karena sekarang ini sudah banyak bibit jagung yang dijual dalam kemasan. Anda juga bisa memesan bibit jagung khusus pada petani jagung yang sudah lebih dulu melakukan budidaya jagung.

  1. Menyiapkan Lahan Untuk Menanam Jagung

Cara dan teknik budidaya tanaman jagung yang selanjutnya adalah menyiapkan media tanamnya. Jagung sebenarnya tidak membutuhkan jenis tanah khusus. Namun, jenis tanah yang paling tepat untuk ditanami jagung adalah latosol, andosol, grumosol dan lainnya. Tingkat keasaman yang paling tepat adalah pada pH 5,6 hingga 7,5. Pastikan juga lahan untuk menanam jagung memiliki ketersediaan air yang baik. Perhatikan juga agar lahan tanah anda tidak terlalu miring karena rawan akan terjadinya longsor.

teknik budidaya tanaman jagung hibrida

  1. Penanaman Jagung

Cara dan teknik budidaya tanaman jagung selanjutnya adalah melakukan penanaman. Saat yang paling tepat melakukan penanaman jagung adalah pada saat yang lembab, namun juga tidak becek. Jarak yang baik untuk menanam jagung adalah 100 cm x 40 cm untuk menanam dua tanaman perlubangnya. Buatlah lubang dengan ke dalam sekitar 3 hingga 5 cm dan isi lubang dengan dua atau tiga biji bibit jagung.

  1. Pemupukan

Gunakan pupuk yang mengandung fosfor, nitrogen dan kalium. Ini karena pada unsur hara yang ada di tanah unsur itulah yang paling banyak dibutuhkan dan diserap oleh tanaman jagung.

  1. Pemeliharaan Lainnya

teknik budidaya tanaman jagung yang baik dan benar

Pemeliharaan lain yang biasanya dibutuhkan untuk merawat tanaman jagung adalah penyulaman, penjarangan, pembubuan dan pemangkasan daun jagung.

  • Penyulaman biasanya dilakukan di saat bibit berusia satu minggu.
  • Penjarangan tanaman dilakukan pada saat dua hingga tiga minggu setelah ditanam.
  • Pembubuan dilakukan untuk memperkokoh batang pohon jagung, mempermudah pengairan dan juga memperbaiki drainase tanaman.
  • Pemangkasan dilakukan karena ternyata daun jagung dapat digunakan untuk pakan ternak.
  1. Pengairan

Pengairan penting dilakukan, karena air sangat dibutuhkan tanaman jagung dalam proses pembungaan dan pengisian biji. Proses pembungaan terjadi pada usia 45 hingga 55 hari setelah tanam. Sedangkan pengisian biji terjadi pada usia 50 hingga 80 hari setelah tanam. Proses yang paling banyak membutuhkan air adalah proses pembungaan.

  1. Pemanenan

teknik budidaya tanaman jagung manis

Panen tanaman jagung biasanya dilakukan ketika jagung berusia 7 minggu setelah jagung berbunga. Ciri-ciri jagung siap dipanen ketika kulit jagung sudah berwarna kuning. Jika panen dilakukan terlalu lama akan menyebabkan banyak biji jagung menjadi rusak, sedang jika panennnya terlalu cepat biji jagung akan banyak yang keriput dan masih kecil.

hama tanaman jagung manis

Hama yang paling banyak menyerang jagung adalah ulat tanah, hama lundi, ulat daun, lalat bibit, ulat tentara dan lainnya. Sedangkan penyakit yang biasanya menyerang adalah bercak ungu, cendawan dan karat. Setelah anda mengetahui teknik budidaya tanaman jagung, apakah anda merasa tertarik untuk melakukan budidaya? Jika iya, selamat mencoba dan semoga sukses. Baca juga cara menanam jagung manis dengan baik dan benar.