Tanaman Pengusir Nyamuk Dalam Rumah

32436 views

Di musim penghujan, banyak nyamuk yang berkembangbiak. Mereka masuk ke dalam rumah dan terkadang menularkan penyakit tertentu, seperti malaria, kaki gajah dan demam berdarah. Hal seperti ini tentunya perlu diwaspadai. Dewasa ini semakin banyak produk-produk pengusir nyamuk, mulai dari lotion anti nyamuk sampai obat nyamuk. Namun bahan kimianya bila digunakan dalam jangka panjang bisa juga beresiko untuk kesehatan manusia. Apalagi bila sampai tertelan atau terhirup dalam jumlah banyak. Tanaman pengusir nyamuk dalam rumah sejak dulu sudah banyak digunakan. Baik itu dengan ditanam, ataupun dipetik daunnya untuk kemudian digosokkan pada kulit tubuh.

Dengan menggunakan tanaman pengusir nyamuk dalam rumah, tentunya akan lebih aman. Karena tidak menyimpan bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa tanaman yang bisa anda gunakan untuk mengusir nyamuk di dalam rumah :

1. Geranium

Tanaman bunga yang lebih dikenal dengan nama tapak dara ini mengandung geraniol dan sitronelol. Kandungan tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk karena baunya yang harum saat tertiup angin. Anda bisa menanamnya dalam pot kemudian menaruhnya di dalam ruangan untuk mengusir nyamuk yang masuk ke dalam rumah.

Tanaman Pengusir Nyamuk Dalam Rumah

Tanaman Pengusir Nyamuk Dalam Rumah

2. Zodia

Daun tanaman ini biasa digunakan oleh orang papua untuk digosokkan ke kulit sebelum mereka pergi ke hutan. Zat rutaecarpin dan evodiamine dalam tanaman zodiac tidak disukai oleh nyamuk dan serangga lainnya. Bila diletakkan dalam rumah, maka akan menghindarkan ruangan rumah untuk didatangi nyamuk.

3. Lavender

Anda tentu sudah banyak mengetahui bahwa lavender merupakan tanaman pengusir nyamuk dalam rumah. Ini karena lavender sudah banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuat lotion atau obat anti nyamuk. Wangi bunga lavender tidak disukai nyamuk. Bila anda menanamnya dalam pot, kemudian ditempatkan pada ruangan, bisa membuat ruangan semakin cantik sekaligus mengusir nyamuk pergi.

4. Rosemary

Bunga rosemary memiliki aroma seperti minyak telon atau minyak kayu putih, yang biasa digunakan pada bayi agar tidak digigit nyamuk. Aroma tanaman pengusir nyamuk dalam rumah inilah yang efektif mencegah nyamuk.

5. Serai

Meskipun serai ini kurang cocok bila ditanam di dalam pot, anda bisa menanamnya di bawah jendela sekitar rumah, ini agar nyamuk tidak masuk ke dalam rumah. Atau anda juga bisa menanamnya di dalam potm kemudian ditaruh di pojok ruangan yang tidak terlihat. Kandungan Sitronelal dan geraniolnya dalam serai sangat tidak disukai nyamuk.

6. Bunga kenikir

Bunga ini berwarna kuning dan mudah sekali ditemukan di Indonesia. Baunya tidak sedap, sehingga nyamuk tidak mau mendekat. Anda bisa menanamnya di dalam pot dan menaruhnya di pojok ruangan untuk mempercantik ruangan rumah, dan tentu saja mengusir nyamuk pergi.

7. Citroso Mosquito

Tanaman pengusir nyamuk dalam rumah ini mengeluarkan wangi lemon yang kuat, sehingga yamuk tidak menyukai aroma ini. Anda hanya perlu menanamnya di pot, kemudian letakkan dalam rumah. Yang penting terkena sinar matahari, maka tanaman ini akan tetap hidup.

8. Kecombrang

Tanaman pengusir nyamuk dalam rumah selanjutnya adalah kecombrang. Selama ii kecombrang terkenal sebagai bahan tambahan pada masakan. Namun ternyata bunga ini juga bisa menangkal datangnya para nyamuk. Tanamlah di sekitar rumah atau di dalam pot.

9. Selasih

Tanaman selasih memiliki bau khas yang tidak disukai nyamuk dan serangga. Ini karena mengandung linalool, eugenol, san geraniol. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di pekarangan rumah. Anda bisa mengambilnya sedikit untuk ditanam dalam pot dan diletakkan di dalam rumah.

Itulah tadi 9 tanaman pengusir nyamuk dalam rumah yang bisa anda tanam. Semoga bermanfaat. Baca juga tanaman pengusir nyamuk paling ampuh.