Tanaman Obat Untuk Kencing Manis

20937 views

Diabetes atau kencing manis merupakan kondisi dimana tubuh memiliki kadar gula darah yang berlebihan. Banyak faktor yang menjadi penyebab penyakit ini, seperti gaya hidup yang tidak sehat, obesitas juga terlalu banyak dalam mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan glukosa. Ada beberapa alternatif pengobatan kencing manis dengan menggunakan tanaman obat. Terdapat berbagai jenis tanaman yang ada di sekitar anda, bahkan tumbuh secara liar yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati kencing manis. Tanaman obat untuk kencing manis tersebut antaralain yaitu :

1. Daun Sambiloto

Tumbuhan yang memiliki rasa amat pahit ini tidak hanya sebagai bahan jamu tradisional, tapi juga mampu menurunkan gula darah dalam tubuh. Daun sambiloto tinggi akan kandungan flavonoid yang berperan dalam mengurangi produksi glukosa pada hati. Selain itu, juga dapat membuat aktifitas dari kelenjar tubuh meningkat, terlebih pada sel beta pankreas dalam menghasilkan insulin yang banyak.

Tanaman Obat Untuk Kencing Manis

Tanaman Obat Untuk Kencing Manis

2. Daun Salam

Di dalam daun salam terdapat kandungan yang sangat baik dalam mengobati luka luar akibat diabetes. Caranya mengolah tanaman obat untuk kencing manis ini yaitu dengan membalurkan daun salam yang sudah dihaluskan pada luka tersebut. Selain itu, air dari rebusan daun salam juga mampu mengatasi diabetes dengan meminumnya pada saat sore dan malam hari.

Baca JugaJenis Tanaman Obat Dan Manfaatnya

3. Daun Tapak Dara

Tanaman obat untuk kencing manis ini memiliki kandungan alkaloid yang memiliki khasiat dalam mengatasi kencing manis. Alkaloid ini di dalam tubuh berperan untuk membantu dalam memproduksi insulin, sehingga gula darah yang tinggi bisa turun. Kandungan alkaloid pada daun tapak dara mencapai 70 jenis.

4. Pegagan

Tanaman ini juga bermanfaat dalam mengatasi penyakit kencing manis. Karena di dalam tanaman obat untuk kencing manis ini terdapat zat anti infeksi juga anti racun yang efektif untuk mengobati kencing manis. Kandungan yang ada pada pegagan mampu menurunkan kadar gula darah. Pegaga juga bisa dimanfaatkan sebagai penurun panas.

5. Kumis Kucing

Selain memiliki tampilan yang menarik, tanaman kumis kucing juga mampu menurunkan gula dalam darah.  Kumis kucing sangat baik dalam mengatasi diabetes, karena ada kandungan orthosihon glikosida, saponin, minyak atsiri, myoinositol dan garam kalium. Dan saponin inilah yang mampu membantu dalam menghasilkan insulin dengan jumlah cukup, karena dapat merangsang sel beta pada pankreas. Tanaman obat untuk kencing manis  ini juga memiliki sifat zat antiperadangan yang bisa mencegah amputasi yang diakibatkan oleh kencing manis.

6. Kayu Manis

Tanaman obat untuk kencing manis ini berfungsi dalam memecahkan lemak di dalam tubuh. Selain itu juga mampu mengolah glukosa di dalam tubuh menjadi energi. Hal tersebut yang bisa mencegah terjadinya kelebihan gula darah di dalam tubuh. Anda bisa mendapat manfaat dari kayu manis sebagai obat kencing manis yaitu dengan merebus kayu manis dengan beberapa gelas air, hingga mendidih selama beberapa menit. Air dari rebusan tersebut kemudian diminum. Atau bisa juga dengan menambahkan bubuk kayu manis pada makanan.

Jangan LewatkanMacam Macam Tanaman Obat Dan Khasiatnya

7. Ginseng

Tumbuhan yang satu ini memang sudah terkenal karena memiliki khasiatnya dalam mengatasi berbagai jenis penyakit, karena kandungan di dalamnya. Dan satu diantaranya yaitu mampu mengatasi kencing manis. Caranya dengan setiap hari mengkonsumsi air dari rebusan ginseng. Dengan begitu kadar gula darah akan terus mengalami penurunan dan meningkatkan  kadar insulin di dalam tubuh.

8. Bawang

Bumbu yang biasanya digunakan dalam mengolah berbagai masakan ini juga ternyata merupakan salah satu tanaman obat untuk kencing manis. Kandungan yang ada pada bawang mampu melepaskan insulin serta dapat mencegah terjadinya kerusakan pada insulin.  Semoga bermanfaat.