Tanaman Obat Tradisional Dan Kegunaannya

14291 views

Walaupun sekarang adalah zaman modern, namun sekarang sudah banyak orang yang mulai menggunakan obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Karena dengan obat tradisional andaakan mendapatkan hasil yang memuaskan tanpa mendapatkan efek negatif saat mengobati suatu penyakit. Berikut adalah beberapa tanaman obat tradisional dan kegunaannya :

1. Temulawak

Temulawak adalah tanaman obat tradisional dan kegunaannya yang banyak digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Temulawak memiliki kegunaan untuk meningkatkan nafsu makan, mengatasi penyakit kuning, perut kembung, dan maag. Temulawak juga memiliki kegunaan untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

Tanaman Obat Tradisional Dan Kegunaannya

2. Daun Bayam Duri

Tanaman obat tradisional yang satu ini selain dijadikan sayuran juga sekaligus dapat dijadikan sebagai obat tradisional. Tanaman obat daun bayam duri berguna untuk mengatasi anemia. Jadi bagi Anda yang memiliki anemia sebaiknya konsumsilah Daun Bayam Duri.

Penting ! = Macam Macam Toga Tanaman Obat Keluarga

3. Daun Dewa

Tanaman obat tradisional ini berguna untuk untuk mengatasi pembengkakan pada payudara. Selain itu daun dewa juga dapat digunakan untuk mengatasi muntah darah. Karena kegunaannya tersebut daun dewa digunakan sebagai tanaman obat tradisional.

4. Bawang Putih

Bawang Putih adalah tanaman obat tradisional yang juga digunakan sebagai bumbu masakan. Dari dahulu bawang putih sudah dijadikan sebagai tanaman obat tradisional, bawang putih memiliki banyak, khasiat seperti dapat menurunkan kolesterol, mengobati batuk dan flu, serta dapat membunuh bakteri atau virus jahat yang ada di dalam tubuh. Karena kegunaannya tersebut bawang putih banyak di tanam sebagai tanaman obat tradisional.

Macam Tanaman Obat Tradisional Dan Kegunaannya

Macam Tanaman Obat Tradisional Dan Kegunaannya

5. Seledri

Tanaman obat tradisional dan kegunaannya yang juga tidak kalah penting yaitu seledri. Tanaman seledri selain digunakan sebagai bumbu masak juga berguna untuk mengatasi  tekanandarah tinggi. Dengan tanaman obat tradisional yang satu ini anda dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh, karena itu seledri banyak digemari masyarakat sebagai tanaman obat tradisional.

6. Pacar Cina

Pacar Cina adalah tanaman obat tradisional yang berguna untuk mengatasi penyakit kelamin. Pacar Cina memang sudah dikenal sebagai tanaman obat tradisional yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit.

7. Kangkung

Walaupun kangkung adalah sayuran, namun kangkung juga termasuk tanaman obat tradisional, karena berguna untuk mengatasi sulit tidur insomnia. Untuk Anda yang susah tidur sebaiknya konsumsi lah kangkung, karena dengan begitu susah tidur Anda akan segera hilang.

Penting ! = Jenis Tanaman Obat Dan Khasiatnya

8. Jahe

Jahe merupakan tanaman obat tradisional dan kegunaannya banyak sekali. Ini karena tanaman obat tradisional yang satu ini memiliki banyak sekali kegunaan untuk tubuh manusia. Jahe berguna untuk menghilangkan mabuk kendaraan, menghangatkan badan, masuk angin, sakit perut, pusing dan masih banyak lagi. Jahe juga digunakan sebagai bumbu masakan  selain dapat digunakan sebagai obat tradisional.

9. Kunyit

Selain jahe, kunyit juga banyak digunakan sebagai tanaman obat tradisional. Kunyit berguna untuk melancarkan datang bulan, menghilangkan sakit perut, dan masih banyak lagi. Kunyit selain digunakan sebagai bumbu masakan, dari dahulu juga sudah digunakan sebagai tanaman obat tradisional.

10. Sere

Tanaman obat tradisional dan kegunaannya yang juga perlu anda ketahui yaitu sereh. Salah satunya yaitu mengobati panu. Panu dapat dihilangkan secara alami menggunakan sere. Anda cukup memotong sere menjadi dua bagian lalu digosok gosokkan ke panu. Lakukan carasebelum tidur agar tidak mengganggu aktivitas.

11. Daun jambu biji

Daun jambu biji adalah tanaman obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi diare. Apabila Anda mengalami diare sebaiknya segera ambil beberapa lembar daun jambu biji yang masih muda. Setelah itu cuci bersih dan rebus hingga mendidih. Biarkan hingga dingin dan minum lah obat ini. Daun jambu biji memang dari dahulu sudah dipercaya dapat mengatasi diare secara efektif.

Semoga informasi tanaman obat tradisional dan kegunaannya di atas bisa bermanfaat.