Tanaman Obat Keluarga Dan Manfaatnya

13679 views

Apakah tanaman obat keluarga itu? Tanaman ini merupakan jenis tanaman obat-obatan yang bisa dibudidayakan di pekarangan, halaman rumah ataupun kebun untuk nantinya dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk para anggota keluarga. Selain lebih ekonomis, tanaman obat keluarga (TOGA) lebih aman untuk dikonsumsi karena alami dan tidak merusak ginjal layaknya obat kimia. Setelah anda mengetahui berbagai tanaman obat keluarga dan manfaatnya, berikut anda bisa memutuskan untuk mulai menanamnya di rumah dan katakan selamat tinggal pada obat kimia. Berikut adalah beberapa tanaman obat keluarga dan manfaatnya :

1. Temulawak

Anda bisa mengambil banyak manfaat dari rimpang temulawak, diantaranya menambah nafsu makan, mengatasi sembelit, memperbanyak produksi ASI,  asam urat, kolesterol tinggi, menurunkan gula darah, maag, diare, sakit pinggang, sakit ginjal, cangkrang, sariawan, cacar air dan jerawat.

2. Kunyit

Tumbuhan ini berwarna khas orange yang menjadikannya mudah dibedakan dari rimpang lainnya. Kunyit biasanya digunakan untuk melancarkan haid, mengurangi mulas saat haid, obat keputihan ,obat mencret, keluhan masuk angin,  tifus, melancarkan ASI, diabetes mellitus, disentri, berak lendir dan cangkrang.

Tanaman Obat Keluarga Serta Manfaatnya

3. Jahe

Tanaman obat keluarga dan manfaatnya yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi. Rimpang bernama Latin zingiberofficinale Rosc ini dikenal sebagai penghangat tubuh, penyembuh masuk angin, nyeri otot dan sakit pinggang, mual, muntah, perut kembung, asma, membangkitkan selera makan, obat batuk, melancarkan produksi ASI, dan gatal-gatal sebagai obat obat luar.

Baca Juga = Tanaman Obat Tradisional Dan Kegunaannya

4. Brotowali

Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan dari tanaman brotowali yaitu batangnya. Tanaman ini merambat pada pagar atau tanaman di sekitarnya. Tanam saja di kebun atau halaman belakang rumah, mudahnya brotowali tidak memerlukan perawatan yang khusus.  Khasiatnya adalah sebagai obat, rematik, pegal-pegal meningkatkan nafsu makan, demam, diabetes mellitus,  sakit kuning, kudis dan cacingan.

5. Kelor

Daun kelor atau moringa oleivera merupakan tanaman perdu dan dimanfaatkan sebagai tumbuhan obat. Biasanya pohon ini dijadikan tanaman pagar. Khasiatnya adalah mengobati demam, panas dalam, rematik, pegal linu, sakit liver, sakit mata, rabun senja, sebagai peluruh kencing, biduran, cacingan, dan luka yang bernanah

6. Pegagan

Tanaman obat keluarga dan manfaatnya selanjutnya yang perlu anda ketahui yaitu pegagan. Tanaman ini bisa berguna untuk penyembuhan hepatitis, demam, campak, amandel, sakit tenggorokan, radang paru, infeksi saluran kencing, wasir, muntah darah, batuk darah, hingga cacingan dan lepra.

Tanaman Obat Keluarga Dan Manfaatnya

Tanaman Obat Keluarga Dan Manfaatnya

7. Kemuning

Tanaman obat keluarga dan manfaatnya selanjutnya adalah kemuning. Bagian tumbuhan yang bisa dimanfaatkan ialah ranting, daun akar dan kulit batangnya. Kemuning bisa dijadikan obat banyak penyakitdiantaranya bronchitis, radang buah zakar, kencing nanah, infeksi saluran kencing, haid tidak teratur, keputihan, sakit gigi, nyeri pada tukak, memar, keseleo, rematik, bisul, eksema, koreng, bahkan bisa melangsingkan tubuh yang dipenuhi lemak.

Baca Juga = Macam Macam Toga Tanaman Obat Keluarga

8. Belimbing Wuluh

Buahnya bercitarasa asam ini berkhasiat untuk keluhan batuk, melegakan nafas, dan mencairkan dahak, masalah pada mulut seperti sariawan gusi berdarah dan sakit gigi, gondongan, jerawat, panu, hipertensi, dan memperbaiki system pencernaan.

9. Pala

Biji rempah yang satu ini berguna melegakan perut kembung, menyenyakkan tidur bagi yang kesulitan tidur, bahan obat bius, maag, disentri, muntah dan mual, rematik dan suara parau.

10. Jambu Biji

Buah jambu selain bagus untuk kecantikan kulit dan antioksidan bagi tubuh juga mengobati maag, diare, kencing manis, beser, sariawan dan luka baru.

Demikianlah beberapa tanaman obat keluarga dan manfaatnya yang bisa anda dapatkan. Semoga bermanfaat dan semoga bisa membantu.