Tanaman Obat Diabetes Tradisional

24735 views

Tanaman Obat Diabetes Tradisional - Penyakit diabetes merupakan penyakit yang cukup dikenal oleh kalangan masyarakat Indonesia. Diabetes menjadi salah satu penyakit yang umum diderita oleh masyarakat luas, yang menjadikan penyakit ini sebagai beban kesehatan karena penyakit ini dapat membawa penderita menuju kematian. Kejadian diabetes diawali dengan kekurangan insulin sebagai penyebab utamanya. Dan disisi lain,timbulnya diabetes berasal dari kurangnya insulin yang bersifat relative yang disebabkan oleh adanya resistensi insulin. Kondisi ini ditandai dengan adanya ketidakmampuan organ menggunakan insulin, sehingga insulin tidak dapat berfungsi optimal dalam mengatur metabolisme glukosa. Dengan kondisi seperti itu maka mengakibatkan kadar glukosa darah meningkat.

Upaya untuk mengatasi diabetes dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah dengan penanggulangan, pencegahan, dan juga pengobatan. Banyak cara yang dilakukan untuk melakukan ketiga upaya tersebut dan yang paling sering difokuskan adalah pada pengobatan. Pengobatan penyakit diabetes tidak hanya padat dilakukan dengan mengandalkan pengobatan medis karena pengobatan medis tidak terlepas dari efek samping.Sedangkan pengobatan diabetes dengan menggunakan tumbuhan herbal lebih alami untuk digunakan sebagai obat, dan juga tidak memiliki efek samping yang lebih buruk karena tidak mengandung bahan kimia. Cara yang alami ini menjadikan salah satu cara yang dilakukan karena dengan menggunakan tanaman herbal lebih dipercaya cepat dalam mengatasi gula darah yang tinggi.

Tanaman Obat Diabetes Tradisional

Berikut ini tanaman obat diabetes tradisional yang bisa anda gunakan :

1. Tanaman pegagan

Tanaman pegagan termasuk tanaman endemik Indonesia yang memiliki banyak manfaat.Tanaman obat diabetes tradisional ini memiliki kandungan zat anti racun, penurun panas, dan juga anti infeksi yang baik untuk dijadikan sebagai obat herbal. Manfaat dalam kandungan zat pada tanaman ini juga dapat menurunkan kadar gula yang ada dalam darah sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bagian yang dapat dikonsumsi pada tumbuhan pegagan adalah daunnya.

Tanaman Obat Diabetes

Tanaman Obat Diabetes

2. Tanaman sambiloto

Tanaman sambiloto bagian daunnya merupakan salah satu bahan dari jamu tradisional yang cukup terkenal.Tanaman obat diabetes tradisional ini dapat dijadikan sebagai obat herbal diabetes basah maupun kering. Kandungan dalam daun ini sangat baik untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam darah. Kandungan flavonoid terbukti dapat mengurangi produksi glukosa dai hati, sehingga kadar glukosa darah tidak lagi mengalami lonjakan yang cukup drastis. Daun sambiloto dapat juga mengaktifkan sertameningkatkan aktifitas dari kelenjar pada tubuh, khususnya sel beta pada pankreas, yang dapat menghasilkan insulin dengan kadar yang cukup.

Artikel Terkait : Tanaman Obat Diabetes Melitus

 3. Tanaman kumis kucing

Selain dikenal sebagai tanaman hias, ternyata tumbuhan kumis kucing juga memiliki khasiat yang dapat menurunkan gula darah.Tanaman kumis kucing memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang meliputi minyak atsiri, garam kalium, orthosihonglikosida, dan juga saponin. Kandungan saponi memiliki fungsi sebagai penurun gula darah bagi penderita diabetes dengan merangsang sel beta pancreas untuk menghasilkan insulin dengan kadar yang cukup.

4. Tanaman salam

Daun dari tanaman obat diabetes tradisional ini sering digunakan sebagai bumbu masakan, selain itu juga memiliki manfaat untuk memperbaiki sirkulasi tubuh. Sirkulasi tubuh yang baik tentunyaakan membuat fungsi tubuh kembali optimal khusunya pada metabolisme glukosa. Kondisi ini akan membuat glukosa kembali ke dalam sel dan tidak di dalam aliran darah untuk diproses menjadi energy.

Baca Juga : Macam-Macam Tanaman Obat Keluarga

5. Tanaman fenugreek

Tanaman fenugreek merupakan salah satu jenis tanaman biji-bijian yang banyak tumbuh di daerah Asia, dan sering digunakan sebagai bumbu masakan oleh masyarakat India. Tanaman fenugreek memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar glukosa darah dan banyak digunakan untuk mengendalikan penyakit diabetes. Semoga info tentang tanaman obat diabetes tradisional di atas bisa bermanfaat.