Tanaman Obat Diabetes Melitus

15838 views

Banyak sekali tanaman obat diabetes melitus yang bisa digunakan untuk pengobatan.Penyakit diabetes melitus (DM) merupakan suatu penyakit dimana tubuh dari penderita yang tidak dapat secara otomatis mengendalikan tingkat glukosa dalam darahnya. Sedangkan pada tubuh yang sehat pancreas melepas hormone insulin yang bertugas mengangkut gula melalui darah ke otot-otot dan jaringan lain untuk memasok energy. Pada penderita diabetes mereka tidak dapat memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup dan tidak mampu menggunakan insulin secara efektif, sehingga terjadi kelebihan gula atau glukosa dalam darah. Kondisi ini akan menjadi racun bagi tubuh.

Gejala yang sering terjadi pada penderita diabetes melitus adalah penderita akan mengalami kehilangan berat badan, sering merasa haus, sering buang air kecil, dan sering merasakan lapar. Biasanya gejala dari penyakit diabetes melitus akan semakin berkembang dengan cepat hanya dalam beberapa bulan, bahkan beberapa minggu saja pada penyakit diabetes tipe 1. Pada penyakit diabetes tipe 2 pada umumnya akan berkembang menjadi jauh lebih lambat serta kemungkinan tanpa disertai dengan gejala yang sama bahkan tidak jelas.

Tanaman Obat Diabetes Melitus

Cara untuk mengobati penyakit diabetes melitus dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah pengobatan secara medis dan pengobatan secara alami. Namun sering kali orang melakukan pengobatan dengan carayang alami, hal ini dikarenakan pengobatan melalui car alami bebas akan efek samping. Berikut ini tanaman obat diabetes melitus yang sering digunakan untuk pengobatan :

1. Tanaman sambiloto

Daun dari tanaman sambiloto dikenal sebagai bahan jamu tradisional yang memiliki rasa pahit, namun memiliki khasiat yang cukup baik dalam hal menurunkan gula darah.Khasiat dari daun sambiloto untuk penurun gula darah, karena daun ini memiliki kandungan flavonoid yang cukup tinggi yang mampu mengurangi produksi glukosa darah.Manfaat dari tanaman obat diabetes melitus lainnya juga dapat mengaktifkan dan meningkatkan aktifitas kelenjar tubuh, khususnya pada pankreas sebagai penghasil insulin yang cukup banyak.

Penting Dibaca ! Macam-Macam Tanaman Obat Keluarga )

2. Tanaman kumis kucing

Tanaman kumis kucing dikenal sebagai tanaman hias dibandingkan sebagai tanaman obat diabetes melitus. Ini karena tanaman kumis kucing memiliki bentuk bunga yang cukup unik. Akan tetapi tanaman kumis kucing memiliki khasiat dalam menurunkan gula darah. Kandungan nutrisi dan minelar di dalam kumis kucing dapat membantu menurunkan gula darah dengan merangsang sel beta pancreas untuk menghasilkan insulin. Selain itu khasiat dari tanaman kumis kucing juga dapat menjadi anti peradangan sehingga dapat mencegah amputasi akibat ulkus diabetes.

Tanaman Diabetes Melitus

Tanaman Diabetes Melitus

3. Tanaman salam

Tanaman salam sering dimanfaatkan duannya untuk bumbu masakan, selain itu daun salam menjadi salah satu tanaman obat diabetes melitus yang dapat membantu memperbaiki sirkulasi tubuh. Kondisi ini akan membuat fungsi tubuh akan kembali optimal, khusunya dalam metabolisme glukosa. Hal ini membuat glukosa tidak akan tetap berada di dalam aliran darah tetapi dapat masuk kembali ke dalam sel untuk diproses menjadi energy.

4. Tanaman tapak dara

Tumbuhan tapak dara mungkin masih asing di kalangan luas, namun tanaman ini memiliki manfaat sebagai tanaman obat diabetes melitus. Kandungan nutrisi pada tumbuhan ini terdapat alkaloid yang dapat menurunkan gula darah.

5. Tanaman pegagan

Daun dari tanaman pegagan pada umumnya dimanfaatkan untuk obat.khusunya dapat menurunkan gula darah. Selain itu, tanaman ini berfungsi sebagai antiinfeksi, antioksidan, dan juga penurun panas.

Baca Juga : Macam Macam Tanaman Obat Dan Manfaatnya

6. Tanaman gingseng

Tanaman herbal ini menjadi salah satu obat yang dapat mengobati penyakit diabetes melitus. Gingseng mempunyai kandungan yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Dengan mengonsumsi air rebusan gingseng setiap hari, maka akan membantu menurunnya kadar gula dalam darah dan kadar insulin akan semakin meningkat.

Semoga info tentang tanaman obat diabetes melitus di atas bisa membantu.