Tanaman Hias Tahan Panas Matahari

33521 views

Tanaman hias tahan panas matahari itu contohnya apa sih ? Menanam tanaman hias merupakan hobi yang menyenangkan bagi sebagian orang. Bahkan bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Membudidayakan tanaman hias di sekitar rumah, menjadikan rumah terlihat lebih indah dan memberi nuansa kesejukan. Jenis dari tanaman hias ini juga banyak macamnya, yaitu berupa terna, perdu, semak, merambat maupun pohon. Namun terkadang, akibat aktifitas setiap hari membuat perawatan tanaman hias menjadi tidak maksimal, terlebih pada daerah yang panas.

Hal ini menyebabkan tanaman hias akan layu bahkan kering dan mati. Untuk itu sebagai solusinya, anda bisa memilih tanaman hias tahan panas matahari, sehingga tanaman akan tetap hidup meski anda tidak selalu mempunyai waktu untuk menyiramnya. Di Indonesia sendiri banyak jenis tanaman yang tahan panas dan menariknya terkenal sampai ke negara-negara tetangga. Berikut adalah beberapa nama tanaman hias tahan panas matahari :

Tanaman Hias Tahan Panas Matahari

Tanaman Hias Tahan Panas Matahari

1. Kaktus

Tentu sudah banyak yang tahu akan habitat asli dari kaktus, yaitu di gurun pasir. Sehingga membuatnya memiliki ketahanan yang baik terhadap panas. Kaktus merupakan tanaman yang dapat hidup bertahan lama, karena pada batangnya menyimpan cadangan air. Saat ini terdapat banyak budidaya kaktus sebagai tanaman hias dengan menyajikannya menjadi kaktus mini. Kaktus mini bisa menjadi alternatif terbaik bagi anda yang ingin mempunyai tanaman hias tahan panas matahari, namun tidak punya waktu banyak untuk merawatnya ataupun malas untuk menyiramnya.

2. Bunga Kamboja

Bunga Kamboja merupakan jenis tanaman hias tahan panas matahari. Tanaman yang memiliki warna bunga yang cantik ini termasuk jenis tanaman yang mudah dalam pemeliharaannya, karena anda tidak perlu terlalu sering dalam menyiramnya. Bunga kamboja akan tetap tumbuh dengan subur meski jarang disiram, justru apabila kondisi akar terlalu lembab bisa menyebabkannya mati.

3. Pohon Beringi

Pohon yang satu ini juga termasuk dalam daftar tanaman hias tahan panas matahari, bahkan tahan di segala cuaca. Keindahan pada batang pohon beringin menjadikannya sangat diminati banyak orang untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Biasanya, pohon beringin ditanam di halaman untuk menambah kecantikan rumah. Namun hal ini bisa memberi kesan mistis pada rumah anda ketika pohon beringin tumbuh besar. Saat ini sudah banyak tersedia budidaya pohon beringin yang ditanam dalam pot dalam bentuk bonsai. Jadi, anda menanamnya di dalam rumah untuk mempercantik tampilan di dalam rumah.

Baca Juga = Pengertian Budidaya Tanaman Hias

4. Lili Paris

Tanaman hias ini disebut Chlorophytum dalam bahasa ilmiah, dan memiliki daun tipis yang menjuntai. Bunga lili paris sangat cocok untuk ditanam di pot kemudian menggantungnya. Tanaman hias tahan panas matahari yang satu ini masih dapat tetap bertahan hidup meski pada cuaca yang dingin.

5. Bunga Euphorbia

Tanaman hias tahan panas matahari berikutnya adalah bunga Euphorbia. Perawatan juga pemeliharaan  pada bunga ini terbilang sangat sederhana. Anda hanya cukup menyiraminya pada waktu sesekali saja. Pada pertumbuhan bunga Euphorbia, peran sinar matahari sangatlah penting. Karena pertumbuhan tanaman ini justru akan terhambat apabila tidak terkena sinar matahari secara langsung, dan menyebabkan bunganya menjadi kusam. Bunga euphorbia memang tidak memerlukan perawatan secara khusus.

6. Siklok

Siklok merupakan tanaman hias tahan panas matahari. Tanaman ini memiliki daun yang runcing serta berwarna hijau keputihan. Jika biasanya tanaman yang runcing memiliki duri namun pada tanaman siklok justru tidak berduri.

7. Bunga kertas (Bougenville)

Bunga kertas tidak membutuhkan air yang terlalu banyak, sehingga masuk ke dalam daftar tanaman hias tahan panas matahari. Tanaman cantik yang memiliki bunga dengan banyak jenis warna ini sangat mudah tumbuh dimana pun. Bunga ini dapat memberi pemandangan yang menarik pada halaman rumah anda. Semoga bermanfaat Sobat.