Tanaman Herbal Untuk Kolesterol

16889 views

Tanaman herbal untuk kolesterol itu contohnya apa sih ? Meskipun sebenarnya kolesterol dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hormon dan membangun dinding-dinding sel, namun jika jumlahnya dalam darah berlebihan, maka kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah dan menghambat darah untuk mengalir. Bila dibiarkan terus menerus, kolesterol akan memicu timbulnya penyakit lain yang lebih serius. Mulai penyakit jantung hingga stroke. Oleh sebab itu, mulai sekarang anda harus menjaga agar kolesterol tidak menumpuk dalam darah. Cara paling efektif yang bisa anda lakukan yaitu dengan menghindari makanan sampah (junk food), dan juga membiasakan hidup sehat dengan olahraga dan makanan bergizi.

Baca juga = tanaman obat asam urat dan kolesterol

Namun untuk anda yang sudah terlanjur terkena kolesterol jangan khawatir, karena pengobatan tradisional bisa dilakukan dengan mengolah tanaman herbal untuk kolesterol. Apa sajakah tanaman herbal untuk kolesterol tersebut? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

Tanaman Herbal Untuk Kolesterol

Tanaman Herbal Untuk Kolesterol

1. Kubis

Sayuran yang disebut juga dengan kol ini mengandung banyak protein, air, serat, karbohidrat, fosfor, kalsium, betakaroten dan tinamide. Selain itu kandungan sulforafan, senyawa sianohidroksibutena dan iberin di dalamnya membantu merangsang pembentukan glutation untuk mengencerkan kolesterol. Caranya cuci bersih kubis kemudian potong-potong. Blender kubis ini dan ambil air sarinya untuk diminum rutin setiap hari.

2. Alpukat

Tanaman herbal untuk kolesterol ini kaya akan serat juga lemak tak jenuh, jadi sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan trigliserida. Buah ini nikmat dan untuk menurunkan kolesterol, jadi sebaiknya dimakan langsung saja dengan tidak dicampur bahan lain seperti susu kental manis.

3. Belimbing

Buah ini kaya akan serat yang mampu menurunkan penyerapan lemak oleh tubuh, sehingga kadar kolesterol terkontrol. Vitamin C dalam buah belimbing juga baik sebagai antioksidan. Konsumsilah buah belimbing manis minimal satu buah sehari.

4. Daun ceremai

Tanaman herbal untuk kolesterol selanjutnya adalah daun ceremai. Daun buah ceremai dicampur dengan daun jambu biji yang belum tuam masing-masing 30 gram. Rebuslah kedua daun ini ke dalam air 600 ml hingga mendidih, dan tersisa kira-kira setengahnya. Dinginkan kemudian saring. Minumlah 2 kali sehari secara rutin.

5. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, konsumsilah 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan. Langsung ditelan agar bau yang ditimbulkan tidak terlalu berasa. Sebaiknya konsumsi bawang putih secara teratur, yaitu 2 kali sehari.

6. Sambiloto

Daun sambiloto dikenal sebagai tanaman herbal untuk kolesterol. Cara pengolahannya yaitu :

  • Siapkan 20 gram daun sambiloto kering
  • Rebuslah dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas
  • Dinginkan kemudian saring
  • Minumlah 1 kali sehari dengan teratur

7. Akar Manis

Akar manis memiliki kandungan yang bekerja melarutkan kolesterol darah, namun tidak untuk pemakaian jangka panjang. Karena ada penelitian yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi akar manis dalam jangka panjang dapat menimbulkan hipertensi edema, kelemahan otot, dan kekurangan kalium. Cara mengolah tanaman herbal untuk kolesterol  ini yaitu, rebuslah 10 gram akar manis dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Satu gelas ini untuk diminum 2 kali sehari pagi dan malam.

8. Bawang Merah

Tanaman ini memiliki zat flavonoid untuk menurunkan kolesterol. Konsumsilah 20 gram bawang merah segar setiap hari. Bisa dibuat jus, dimakan mentah atau bersama nasi.

9. Kunyit

Tumbuhan bernama latin curcumae domesticae ini bisa dijadikan obat herbal untuk kolesterol. Bersihkan lalu iris tipis 10 gram rimpang kunyit, kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Diminum 3 kali sehari selama 3 bulan.

Semoga informasi tentang tanaman herbal untuk kolesterol di atas bisa bermanfaat. Baca juga tanaman obat untuk kencing manis.