Tanaman Herbal Dan Khasiatnya

28586 views

Tanaman Herbal Dan Khasiatnya

Tanaman herbal merupakan jenis tumbuhan yang memiliki nilai lebih atau berbagai kegunaan sebagai pengobatan. Itu artinya, setiap dari jenis tanaman herbal memiliki  zat aktif yang bisa digunakan untuk bahan dalam mengobati suatu penyakit maupun. Pengobatan melalui bahan-bahan dari tanaman herbal ini tergolong dalam pengobatan alternatif. Berikut ini ada beberapa tanaman herbal beserta khasiatnya yang bisa anda manfaatkan. Antara lain yaitu :

  1. Temulawak

Temulawak mempunyai naman Latin Curcumamaxanthorrhiza. Taaman herbal yag satu ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Diantaranya yaitu untuk menambah nafsu makan, mengobati penyakit Hepatitis B, anemia dan juga memerangi jerawat. Selain itu, temulawak juga berfungsi sebagai  antioksidan dan pencegah kanker hati.

  1. Sambiloto

Sambiloto atau Andrographis paniculata merupakan jenis tanaman yang kaya akan kandungan senyawa Andrographolide. Senyawa kimia ini memiliki rasa pahit. Sambiloto bermanfaat untuk melindungi hati dari efek negatif parasetamol dan galaktosamin. Selain itu, sambiloto juga bisa membantu dalam menekan tumbuhnya sel kanker.

  1. Blustru

Tanaman herbal dan khasiatnya yang perlu juga anda ketahui yaitu blustru. Tanaman herbal yang satu ini disebut juga Ketela Manis. Tanaman ini memiliki nama Latin Luffa Aegyptica Mill.  Blustru memiliki khasiat untuk mengobati asma.

Baca JugaTanaman Obat Dan Khasiatnya Beserta Gambarnya

  1. Cengkeh

Cengkeh tidak hanya digunakan sebagai bumbu memasak, tapi juga sebagai obat. Cengkeh memiliki banyak sekali khasiat, diantaranya untuk merangsang aromatik pada pernapasan. Sehingga cengkeh sangat baik digunakan untuk mengatasi perut kembung, muntah-muntah, mual, badan lemas serta gangguan pencernaan. Sebagai pengobatan, cengkeh akan diambil minyaknya. Minyak cengkeh tersebut sangat ampuh dalam membasmi kuman, menyembuhkan luka dan melegakan tenggorokan. Cengkeh juga mampu mengatur suhu tubuh, merangsang peredaran darah, mengatasi kolera dan dapat meningkatkan sel darah putih.

  1. Kunyit

Kunyit adalah jenis tanaman berupa semak yang terdapat di seluruh daerah beriklim tropis. Kandungan senyawa yang ada pada kunyit memiliki berbagai khasiat yang penting bagi tubuh. Biasanya kunyit diracik menjadi minuman yang biasa disebut dengan jamu. Tanaman kunyit memiliki fungsi sebagai anti oksidan, anti inflamasi, anti mikroba. Selain sebagai bahan kosmetik, kunyit mampu mencegah kanker, tumor, menurunkan kadar kolesterol juga lemak darah dan untuk pembersih darah.

  1. Jahe

Tanaman herbal dan khasiatnya yang selanjutnya yaitu jahe. Di dalam jahe terdapat  senyawa oleoresin atau disebut juga gingerol yang berfungsi sebagai antioksidan. Khasiat dari jahe adalah melindungi lemak terhadap oksidasi, mencegah adanya oksidasi kolesterol serta sangat baik untuk kekebalan tubuh. Selain itu juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masuk angin, sakit kepala, terkilir dan mencegah mabuk kendaraan.

  1. Bawang Putih

Bawang putih atau disebut juga Allium sativum merupakan tanaman herbal yang dapat mengatasi flu serta batuk. Bawang putih memiliki kandungan sulfur yang dapat melegakan pernapasan yang mampet, dan mampu mengencerkan serta mengeluarkan lendir. Bukan hanya itu, terdapat juga kandungan phytochemical pada bawang putih yang mentah, dan fungsinya untuk membunuh virus maupun bakteri penyebab adanya penyakit.

  1. Beluntas

Tanaman herbal dan khasiatnya yang juga tidak boleh anda lewatkan yaitu belutas. Tanaman herbal satu ini tergolong dalam tanaman perdu berkayu, tegak. Memiliki banyak cabang serta tingginya hingga mencapai 2 meter. Daunnya bulat berbentuk telur, berbulu halus dengan ujung yang runcing dan merupakan daun tunggal. Beluntas banyak tumbuh di daerah yang memiliki kelembaban tanah yang tinggi dan tumbuh secara liar. Tanaman ini berkhasiat untuk menurunkan panas, mengobati diare serta batuk, juga mampu mengatasi kolera dan dapat meningkatkan sel darah putih. Khasiat lain dari daun beluntas yakni untuk mengobati penyakit kulit.

Semoga informasi tanaman herbal dan khasiatnya di atas bisa bermanfaat. Baca juga manfaat tanaman obat keluarga.