Peralatan Hidroponik Sederhana

43833 views

Peralatan hidroponik sederhana sangat dibutuhkan untuk menanam tanaman hidroponik terutama bagi kalangan berkantong tipis. Harga peralatan hidroponik sederhana ini juga cukup murah. Seperti kita ketahui bahwa menanam secara hidoponik merupakan pembudidayaan tanaman dengan memanfaatkan air yang kaya nutrisi tanpa menggunakan tanah. Peralatan hidroponik sederhana yang dibutuhkan juga sangat mudah di dapatkan. Dengan menggunakan cara hidroponik, kebutuhan air pada tanaman akan lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan menggunakan tanah. Sehingga teknik hidroponik ini sangat cocok untuk diterapkan di area yang mempunyai sumber air yang terbatas. Arti hidroponik berasal dari kata Yunani yaitu “hydro” yang artinya “air” dan “ponos” yang artinya “daya”.

Tumbuhan dapat tumbuh dimana saja dengan baik jika nutrisi atau unsur hara yang dibutuhkan selalu tercukupi dan terpenuhi. Tanaman yang ditanam pada tanah sebenarnya tanah berfungsi sebagai penyangga tanaman dan air di dalam tanah terdapat pelarut nutrisi yang akan diserap oleh tanaman. Kondisi ini pada akhirnya melahirkan teknik bertanam dengan cara hidroponik dimana yang ditekankan dalam bercocok tanam adalah, pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman tersebut. (Baca juga >> cara menanam sayuran hidroponik sederhana)

Alat Hidroponik Sederhana

Alat Hidroponik Sederhana

Teknik hidroponik dapat dilakukan dengan berbagai macam diantaranya :

  1. Static solution culture yaitu budidaya hidroponik dengan air statis yang mana airnya diam dan tidak mengalir, teknik hidroponik ini akarnya secara terus-menerus akan tercelup air yang diletakkan pada wadah berisi larutan nutrient.
  2. Aeroponik yaitu system yang akarnya secara berkala dibasahi dengan butiran-butiran larutan nutrien yang halus.
  3. Passive sub-irrigation
  4. Ebb and flow
  5. Run to waste

Keuntungan dari menanam dengan cara teknik hidroponik sederhana yaitu :

  1. Teknik ini tidak membutuhkan tanah
  2. Air akan terus bersirkulasi di dalam system dan dapat digunakan sebagai keperluan lain
  3. Relative tidak menghasilkan polusi ke lingkungan
  4. Dalam pengendalian nutrisi mudah sehingga pemberian nutrisi bisa lebih efisien
  5. Memberikan hasil yang lebih banyak dan mudah dalam dalam pemanenannya
  6. Bersih dan juga steril
  7. Terbebas dari tumbuhan pengganggu
  8. Media tanam dapat dilakukan selama bertahun-tahun
  9. Tanaman dapat tumbuh lebih cepat
  10. Sebagai tanaman hias akan lebih leluasa dan relative lebih bersih

Peralatan Hidroponik Sederhana


Peralatan Hidroponik Sederhana

Peralatan Hidroponik Sederhana Metode NFT

Untuk menanam tanaman dengan teknik hidroponik dibutuhkan peralatan, peralatan hidroponik sederhana yang dibutuhkan terbilang murah dan mudah didapat, karena anda dapat memanfaatkan bahan dengan barang-barang bekas. Dan berikut ini peralatan hidroponik sederhana yang anda butuhkan :

  • Benih yang dibutuhkan untuk menanam hidroponik biasanya berbentuk biji yang dikemas persachet atau dijual per sed. Pilihlah benih yang unggul dengan kualitas yang baik agar hasil yang didapat juga baik dan tanaman yang tumbuh tidak mudah rusak atau layu. Harga benih hidroponik sangat murah. Dengan 10ribu rupiah saja anda sudah bisa memiliki ratusan benih.
  • Rockwool adalah peralatan hidroponik sederhana berupa media tanam yang sering digunakan sebagai tempat untuk menyemai benih. Selain rockwool juga dapat dengan menggunakan media tanam lainnya seperti sekam bakar, cocopeat, dan bahan media tanam lainnya.
  • Netpot adalah peralatan hidroponik sederhana yang digunakan sebagai wadah untuk memasukkan rockwool. Penggunaan netpot dapat diganti dengan menggunakan gelas plastik bekas dari air minum mineral yang telah dilubangi.
  • Kain panel adalah peralatan hidroponik sederhana yang memiliki fungsi sebagai sumbu, yang akan dipasang di bawah netpot atau gelas plastik yang telah dilubangi. Selain menggunakan kain flannel juga dapat menggunakan sumbu kompor.
  • Bak juga merupakan peralatan hidroponik sederhana yang berfungsi sebagai wadah untuk nutrisi hidroponik. Wadah yang digunakan bisa dengan menggunakan ember atau palaron bekas, namun disarankan untuk membersihkan terlebih dahulu wadah tersebut akan terhindar dari tumbuhnya bakteri yang menempel sehingga akan mengganggu air nutrisi atau tanaman.
  • Steropoam digunakan untuk memasukkan netpot.
  • Nutrisi hidroponik. Nutrisi ini merupakan bahan atau peralatan hidroponik sederhana yang sangat penting. Untuk penggunaan nutrisi pekat maka cairkan dengan menggunakan air bersih sesuai takaran yang tertera pada kemasan.

Semoga bermanfaat. Baca juga >> cara tanam hidroponik sayuran.