Pengertian Tanaman Obat Keluarga

18804 views

Pengertian tanaman obat keluarga (toga) itu apa sih ? Memiliki keluarga yang sehat terhindar dari penyakit tentu saja impian untuk semua keluarga. Selain dengan menjaga kebersihan dan menjaga pola hidup yang baik, ada usaha lainnya yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan atau menyembuhkan keluarga anda. Yaitu dengan menanam tanaman obat keluarga. Tanaman tersebut bisa bermacam-macam jenis dan bentuknya, namun dengan satu tujuan yaitu membuat keluarga anda menjadi lebih sehat.

Pengertian tanaman obat keluarga adalah jenis tanaman yang dibudidayakan sendiri di rumah anda, dan berguna untuk mengobati suatu ataupun beberapa penyakit. Tanaman obat keluarga ini sering disingkat menjadi TOGA. Sebenarnya, Toga ini merupakan sebidang tanah bisa di halaman depan, pekarangan atau di kebun milik keluarga yang memang khusus digunakan untuk dijadikan tempat budidaya berbagai macam tanaman obat, untuk keperluan keluarga sendiri maupun masyarakat yang ada di sekitar anda.

Baca juga = macam macam tanaman obat tradisional

Memiliki tanaman obat keluarga ini tidak akan merugikan anda, selain untuk dijadikan obat bagi anda sendiri, anda juga bisa menjadikannya sebagai lahan untuk penghasilan tambahan. Lagipula penggunaan obat herbal tidak akan ada matinya karena disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut adalah :

  1. Harga obat tradisional lebih murah dibandingkan dengan obat-obatan kimia yang berasal dari pabrik. Itu sebabnya banyak orang yang akhirnya lebih memilih obat dari tanaman daripada dari pabrik.
  2. Faktor berikutnya adalah karena obat dari tanaman yang alami tidak memiliki efek samping, sehingga para penggunanya tidak perlu merasa khawatir dengan dampak buruk yang akan terjadi meskipun mengkonsumsi obat dalam jangka waktu yang lama.

Tanaman obat keluarga ini bisa berbagai macam tanaman, mulai dari jahe, kunyit, temulawak dan masih banyak yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa contoh kegunaan tanaman obat keluarga yang bisa ditanam di lingkungan rumah anda :

  1. Seledri

Pengertian Tanaman Obat Keluarga (seledri)

Selain berguna untuk memberikan rasa tambahan pada masakan, ternyata seledri juga termasuk dalam tanaman obat keluarga. Seledri ini berfungsi untuk mengobati mengobati asam urat dan menurunkan darah tinggi.

  1. Jahe

pengertian tanaman obat keluarga (toga)

Jahe juga biasa anda gunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Namun jahe juga memiliki berbagai khasiat dalam bidang kesehatan. Salah satunya, jahe bisa mengobati sakit asam urat dan rematik. Selain itu jahe juga mengandung bioaktif yang berguna untuk mencegah penuaan. Rasa hangat pada jahe juga baik untuk tenggorokan anda.

  1. Kunyit

macam macam toga tanaman obat keluarga

Selain untuk bumbu, olahan dari kunyit yang paling terkenal adalah jamu. Kunyit ini berguna untuk menghilangkan gatal-gatal pada kulit dan menyembuhkan kesemutan yang biasa terjadi di kaki atau tangan anda. Selain itu kunyit juga berfungsi sebagai anti oksidan yang bekerja melawan radikal bebas, yang berusaha masuk ke dalam tubuh anda. Khasiat penting kunyit sebagai salah satu tanaman obat keluarga adalah berguna untuk mencegah tumor dan kanker.

  1. Temulawak

pengertian tanaman obat keluarga (toga) temulawak

Tidak mengherankan memang jika temulawak juga masuk dalam daftar tanaman obat keluarga yang harus ada. Temulawak ini berfungsi untuk mengobati sakit maag, sakit diare, pegal-pegal, perut kembung dan juga mengobati sakit kuning.

  1. Lidah Buaya

macam macam tanaman toga dan khasiatnya lengkap

Lidah buaya sangat baik untuk merawat kecantikan kulit dan rambut anda. Selain itu, lidah buaya juga berkhasiat untuk menjadi obat kanker. Hal tersebut masih terus diteliti oleh ilmuwan di Jepang dan negara lainnya.

Jika anda sudah mengetahui manfaat yang akan anda terima dari tanaman obat keluarga, mengapa anda tidak melakukannya dari sekarang? Bukankah menyenangkan jika anda bisa menyembuhkan diri sendiri bahkan orang lain? Anda juga bisa mencobanya dari hal yang paling sederhana. Selamat mencoba dan semoga informasi pengertian tanaman obat keluarga (toga)  di atas bisa bermanfaat. Baca juga manfaat tanaman hias bagi kehidupan manusia.