Pengertian Tanaman Hias Bunga

37700 views

Banyak orang yang hobi menanam bahkan mengoleksi tanaman hias. Beragam macam tanaman hias dapat ditemukan di toko-toko tanaman maupun penjual di tepi jalan. Bentuk dan warna pada keragaman tanaman menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta tanaman.Pada umumnya tanaman hias sengaja ditanam untuk tujuan memberikan kesan keindahan di dalam maupun di luar ruangan. Selain memberikan unsur keindahan tanaman hias juga memberikan banyak manfaat.

Pengertian tanaman hias itu sendiri yaitu semua dari jenis tanaman yang memiliki fungsi sebagai penambah keindahan dan kecantikan, yang menjadi salah satu pengelompokan berdasarkan fungsi dari tanaman hortikultura. Tanaman hias dapat mencakup semua jenis tumbuhan baik dari tanaman yang merambat, semak-semak, bahkan pohon. Dalam dunia arsitektur lansekap, bentuk dari tanaman hias menjadi pertimbangan yang sangat penting untuk dijadikan sebagai salah satu peran penting di dalam sebuah ruangan. Tanaman hias dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu tanaman bisa bunga dan juga tanaman hias daun. Sedangkan yang sering dan banyak dicari adalah tanaman hias bunga.

Pengertian Tanaman Hias Bunga

Pengertian tanaman hias bunga adalah tanaman yang menghasilkan bunga dengan bentuk, ukuran, warna, serta aroma yang unik dan juga eksotis. Tanaman yang menghasilkan beragam bunga sangat indah saat dipandang dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai hiasan diruangan bahkan halaman rumah, sehingga akan terlihat lebih elegan dan asri. Dengan perkembangan jaman dan kemajuan keberadaban manusia tanaman hias bunga diartikan sebagai tanaman yang berbunga dari segala jenis, yang memiliki ciri khas tersendiri sehingga menimbulkan kesan keindahan atau kesan seni.

Penting Di Baca : Jenis Jenis Tanaman Hias Dan Penjelasannya

Adapun berikut ini tanaman hias bunga yang sangat popular di kalangan masyarakat luas yang dijadikan sebagai penghias rumah maupun tempat kerja :

1. Tanaman hias bunga Adenium

Tanaman bunga adenium merupakan tanaman yang berasal dari Asia Barat dan juga Afrika, yang memiliki bentuk batang bagian bawah atau akarnya menyerupai dengan umbi, daunnya bervariasi dari bentuk bulat, panjang, oval, besar, dan juga kecil.

Tanaman Hias Bunga

Tanaman Hias Bunga

2. Tanaman hias bunga Tulip

Siapa yang tidak tau dengan bunga tulip, banyak sekali yang menyukai bunga ini.Bahkan bunga tulip sering sekali menjadi symbol. Bunga tulip tumbuh di tempat dengan musim dingin dan tidak dapat tumbuh subur di musim tropis.

3. Tanaman hias bunga Teratai

Bunga teratai atau juga disebut dengan Lily water merupakan tanaman bunga yang tumbuh dan hidup diatas air yang mengalir tenang seperti di kolam atau di rawa. Tanaman teratai memiliki daun bundar yang lebar dan terpotong pada jari-jari menuju tangkai dan memiliki kelopak bunga yang beraneka ragam warnanya. Di setiap Negara memiliki banyak varian bunga terataihingga lebih dari 50 jenis (spesies) tersebar di seluruh dunia.

Artikel Terkait : Tanaman Hias Tahan Panas Matahari

4. Tanaman hias bunga Anggrek

Bunga anggrek menjadi salah satu bunga yang populer karena memiliki daya tahan yang lama. Jenis dari bunga anggrek beranekaragam dengan keeksotisannya dan juga memiliki berbagai macam warna dan bentuk.

5. Tanaman hias bunga Mawar

Bunga mawar adalah bunga yang sangat disukai oleh kaum perempuan. Bunga mawar sering dijadikan sebagai hadiah bahkan symbol-simbol kasih sayang. Dengan memiliki bentuk dan warna yang cantik serta aroma yang harum membuat bunga ini menjadi bunga yang sering dicari dan dijadikan hiasan.Warna-warni dari bunga mawar sangatlah beragam seperti merah, putih, kuning, ping, ungu, dan beberapa warna lainnya.

Semoga informasi tentang pengertian tanaman hias bunga dan beberapa jenisnya di atas bisa membantu, dan menambah pengetahuan anda.