Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Dalam Buku

18883 views

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Betapa amburadulnya kehidupan jika tidak adanya pendidikan pada setiap diri manusia. Jadi tidak heran jika jutaan orang rela untuk berhijrah ke negara tetangga, hingga mengeluarkan biaya dan tenaga yang tak sedikit, demi memperoleh pendidikan yang diinginkan. Berikut adalah pengertian pendidikan menurut para ahli dalam buku :

1. Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Dalam Buku Karya John Stuart Mill

Salah satu filosof yang berasal dari Inggris, yaitu John Stuart Mill mendefinisikan bahwa, pendidikan meliputi berbagai hal yang dikerjakan, baik oleh seseorang bagi dirinya sendiri maupun yang dikerjakan orang lain bagi dirinya. Dan memiliki tujuan untuk  mendekatkan dirinya pada tingkat kesempurnaan.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

2. Pengertian Pendidikan Dalam Buku Karya M.J. Langeveld

Menurut penjelasan dari M.J Langevend, pengertian dari pendidikan adalah suatu upaya yang dilakukan dari manusia dewasa untuk membimbing manusia, yang dikatakan belum dewasa menuju kedewasaan. Ia juga menyebutkan bahwa pendidikan merupakan usaha untuk menolong anak dalam melaksanakan berbagai tugas di hidupnya agar dapat mandiri, bertanggung jawab dan akil baligh secara susila. Kemudian dijelaskan lagi bahwa pendidikan ialah usaha dalam pencapaian dari penentuan diri, susila serta tanggung jawab.

Baca Juga = Pengertian Tanaman Hidroponik

3. Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Dalam Buku Karya John Dewey

John Dewey menyebutkan tentang pengertian dari pendidikan ialah, suatu proses dalam pembaharuan makna dari pengalaman. Hal tersebut mungkin bisa terjadi pada pergaulan yang biasa maupun pada pergaulan orang-orang dewasa dengan yang lebih muda. Dan bisa juga terjadi dengan sengaja, serta dilembagakan demi terdapatnya kesinambungan sosial. Perkembangan serta pengawasan dari setiap orang yang terbilang belum dewasa maupun kelompok di tempat mereka hidup perlu dilibatkan. John Dewey juga menjelaskan, pendidikan itu sendiri tidak mempunyai tujuan akhir pada dirinya.

4. Pengertian Pendidikan Dalam Buku Karya H.H Horne

H.H Horne mendefinisikan pendidikan secara luas adalah, perangkat dengan kelompok sosial untuk melanjutkan keberadaannya dalam pembaharuan terhadap diri sendiri serta untuk mempertahankan ideal-ideal di dalamnya.

5. Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Dalam Buku Karya Edgar Dalle

Menurut penjelasannya pendidikan ialah suatu usaha secara sadar yang dilakukan suatu keluarga, masyarakat maupun pemerintah dengan melalui suatu kegiatan pengajaran, bimbingan, serta latihan, dan berlangsung baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah seumur hidup untuk mempersiapkan adanya peserta didik. Dengan tujuan agar mampu mempermainkan peranan di berbagai lingkungan secara tetap untuk masa mendatang.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Dalam Buku

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Dalam Buku

6. Pengertian Pendidikan Dalam Buku Karya Thedore Brameld

Menurut definisi dari Thedore Brameld, istilah akan pendidikan  mempunyai fungsi yang meluas dari perbaikan juga pemeliharaan terhadap kehidupan, dari suatu masyarakat. Dan yang lebih utama adalah untuk mengenalkan masyarakat tentang tanggung jawab bersama dalam masyarakat itu sendiri. Jadi pendidikan merupakan proses lebih luas ketimbang proses yang hanya berlangsung di sekolah saja. Kemudian ditambahkan lagi bahwa pendidikan ialah, sebuah aktivitas sosial yang berpotensi agar  masyarakat dapat berkembang dan tetap ada. Di suatu lingkungan masyarakat yang kompleks, fungsi dari pendidikan terjadi adanya spesialisasi serta melembaga yakni, melalui pendidikan formal dimana selalu berhubungan dengan pendidikan informal yang ada di luar sekolah.

Baca Juga = Pengertian Budidaya Tanaman Pangan

7. Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Dalam Buku Karya Prof. Richey

Di dalam buku Prof. Richey yang berjudul Planning for teaching, an Introduction to Education. Prof Richey menyebutkan bahwa pendidikan ialah yang berkenaan akan fungsi secara luas dari perbaikan, serta pemeliharaan kehidupan suatu masyarakat dan mampu membawa generasi masyarakat yang baru untuk penuaian tanggung jawab juga kewajiban di masyarakat. Semoga bermanfaat.