Pengertian Pemanasan Global Menurut Para Ahli

14086 views

Pengertian Pemanasan Global Menurut Para Ahli - Pemanasan global merupakan peristiwa dimana bumi menjadi semakin tidak nyaman untuk dihuni. Bagaimana tidak, bumi terasa semakin panas karena suhu bumi yang semakin hari semakin meningkat. Dan pemanasan global yang terjadi pada saat ini ditandai dengan berbagai bencana yang terjadi di bumi. Hujan lebat hingga menyebabkan banjir jadi semakin sering terjadi. Hal tersebut sangat merisaukan bagi manusia di seluruh penjuru bumi.

Pemanasan global ini menimbulkan berbagai dampak, diantaranya iklim menjadi tidak stabil, terus terjadinya peningkatan pada suhu global serta permukaan laut. Bukan hanya itu, pemanasan global juga menyebabkan gangguan pada ekologis juga berdampak pada sosial serta politik.

Dari berbagai dampak mengerikan yang terjadi tersebut, tentunya ada hal yang menjadi penyebabnya. Salah satunya adalah efek rumah kaca seperti CO2, uap air, polusi udara juga sulfur dioksida. Mengingat banyak peristiwa yang terjadi akibat pemanasan global, kita sebagai penghuni dari bumi ini perlu melakukan berbagai hal, setidaknya mengurangi hal-hal yang bisa menimbulkan pemanasan global itu sendiri.

Pemanasan global menjadi masalah yang serius di dunia. Banyak para ahli yang menuturkan berbagai pendapatnya dalam mengartikan pemanasan global. Berikut ini adalah beberapa pengertian pemanasan global menurut para ahli :

1. Pengertian Pemanasan Global Menurut Para Ahli Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat

Badan perlindungan lingkungan di Amerika Serikat menyebutkan jika pemanasan global ialah meningkatnya suhu rata-rata pada permukaan bumi, baik yang sudah lalu maupun yang tengah terjadi saat ini. Dan dipengaruhi dengan adanya efek rumah kaca pada atmosfer yang  menyebabkan terjadi perubahan iklim.

Pengertian Pemanasan Global Menurut Para Ahli

Pengertian Pemanasan Global Menurut Para Ahli

2. Pengertian Pemanasan Global Menurut Para Ahli Asosiasi Energi New Mexico, Amerika Serikat

Menurutnya, pemanasan global merupakan meningkatnya suhu atau temperatur rata-rata pada permukaan bumi yang diakibatkan oleh efek rumah kaca. Dan efek rumah kaca itu sendiri merupakan perangkap panas pada acara bumi sebab obstruksi gas emisi, yakni karbon dioksida pada atmosfer yang disebabkan oleh emisi kendaraan, polusi udara dari industri maupun pabrik, kebakaran hutan.

 3. Pengertian Pemanasan Global Menurut Para Ahli Natural Resources Defense Council

Menerangkan jika pemanasan global ialah krisis lingkungan serta kemanusiaan terbesar yang tengah terjadi pada saat ini. Atmosfer pada bumi menjadi sangat panas dikarenakan terperangkap akan adanya gas karbon dioksida. Gas karbon dioksida tersebut dapat mengancam terjadinya perubahan iklim serta bencana di bumi. NRDC juga memberikan himbauan pada semua orang, agar melakukan tindakan untuk melawan pemanasan global, sehingga efek buruk yang bisa saja terjadi  dapat sedikit berkurang oleh kehidupan manusia.

 4. Pengertian Pemanasan Global Menurut Para Ahli National Wildlife Federation

National Wildlife Federation menyebutkan, pemanasan global ialah suatu peristiwa dimana semakin hari bumi menjadi semakin panas, terjadinya hujan lebat hingga banjir semakin sering. Selain itu, adanya badai dan kekeringan yang lebih intens.

 Baca Juga = Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Dalam Buku

5. Pengertian Pemanasan Global Menurut Para Ahli Situs Ensiklopedia Online Terbesar Wikipedia

Situs online tersebut menyebutkan bahwa pemanasan global atau global warming ialah suhu rata-rata bumi yang terus saja terjadi peningkatan. Mulai dari abad 20, suhu bumi  meningkat hingga 0,8 derajat Celcius dimana 2/3 dari meningkatnya suhu tersebut terjadi seusai tahun 1980-an. Hal ini menandakan bahwa suhu bumi semakin lama meningkat semakin cepat.

Semoga informasi pengertian pemanasan global menurut para ahli bisa sedikit menyentuh kesadaran bagi kita untuk menjaga bumi ini, agar pemanasan global tidak semakin parah. Dari berbagai bencana yang terjadi di bumi, selayaknya memang membuat kita introspeksi diri. Sudahkah kita ramah terhadap lingkungan kita sendiri atau malah justru sebaliknya?