Pengertian Budidaya Tanaman Pangan

42522 views

Budidaya tanaman pangan dapat diartikan sebagai kegiatan menanam tanaman, yang dapat menjadi sumber karbohidrat utama dan protein pada lahan, untuk kemudian dapat dikonsumsi sendiri atau dijual kembali sebagai sumber penghasilan bagi petani (penanamnya). Dari pengertian budidaya tanaman pangan tadi, sebenarnya Indonesia adalah negara penghasil tanaman pangan yang besar dulunya. Namun kini negara Indonesia justru perlu mengimpor bahan makanan dari negara lain.

Sebenarnya, bila warga Indonesia khususnya petani lebih diperhatikan dan didukung dalam membudidayakan tanaman pangan, lahan luas yang ada di Indonesia tentunya dapat menghasilkan swasembada pangan yang mampu mencukupi nusantara, hingga diekspor ke mancanegara.

Pengertian Budidaya Tanaman Pangan

Selain pengertian budidaya tanaman pangan tadi, berikut ini ada beberapa informasi mengenai jenis tanaman apa saja yang dapat dikategorikan sebagai tanaman pangan. Diantaranya adalah :

1. Serealia

Tanaman pangan dari jenis ini menghasilkan biji sebagai bahan makanan, yaitu padi, jagung, gandum, dan sorgum.

  • Padi

Tumbuhan bernama Latin Oriza Sativa ini hingga kini masih menjadi makanan pokok terbesar bagi orang Indonesia. Mayoritas orang Indonesia berasumsi bahwa mereka belum makan bila belum makan nasi. Tanaman berakar serabut  ini mempunyai bagian batang yang berbuku dan berongga, biji padi tumbuh dari buku yang paling ujung dari batang. Budidaya tanaman padi dibedakan menjadi padi sawah, padi rawa, dan padi gogo.

Budidaya Tanaman Pangan

Budidaya Tanaman Pangan

  • Jagung

Jagung memiliki nama Latin Zea Mays L. mengandung karbohidrat untuk pemenuhan kebutuhan pangan manusia. Batangnya beruas dan berbuku, pada setiap bukunya ditumbuhi daun. Bunganya ada dua jenis yaitu bunga jantan yang ada di ujung batang dan bunga betina yang ada di tengah batang. Biasanya jagung ditanam pada lahan yang kering atau seusai lahan tersebut digunakan untuk menanam padi.

  • Gandum

Gandum (Triticum, Spp)  telah banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuat roti, mie, dan sereal karena karbohidrat yang ada di dalamnya. Meskipun para petani Indonesia masih jarang menanam gandum, tanaman sumber karbohidrat ini sebenarnya memiliki cara tanam yang hampir sama dengan padi tetapi lebih mudah.

  • Sorgum

Anda masih asing dengan tanaman ini? Ya, sorgum adalah tanaman sejenis jagung yang masih jarang ditemui di Indonesia, bagian yang banyak menanam sorgum biasanya daerah kering seperti di Nusa Tenggara Timur. Sorgum dibiakkan dengan bijinya.

Baca Juga : Pengertian Budidaya Tanaman Hias

2. Biji-bijian

Tumbuhan biji umunya punya kandungan protein yang tinggi. Juga mampu mendatangkan rasa kenyang.

  • Kacang Tanah

Dikembangbiakkan dengan biji, dan ditanam pada lahan kering atau bisa juga lahan yang usai ditanami padi dan dapat dipanen setelah 3 bulan ditanam. Batang dan daunnya tumbuh ke atas tanah sedangkan kacangnya tumbuh di dalam tanah.

  • Kacang Kedelai

Ditanam pada lahan yang kering, dan merupakan tanaman semusim. Biji kedelai yang telah matang ditandai dengan polongnya yang berubah warna kecoklatan.

  • Kacang Hijau

Tanaman ini juga merupakan tanaman semusim yang dapat dipanen setelah 55-65 hari. Kacang hijau dibiakkan dengan biji, kacang tumbuh di dalam polong yang berbulu halus.

Baca Juga : Pengertian Tanaman Hidroponik

3. Umbi-umbian

Menurut pengertian budidaya tanaman pangan di atas, umbi juga termasuk karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan mengenyangkan.

  • Singkong

Singkong dibiakkan dengan batangnya. Umbi singkong tumbuh di dalam tanah, berwarna putih dan memiliki rasa tawar sedikit manis.

  • Ubi jalar

Seperti namanya, batang ubi jalar tumbuh merambat di atas tanah. Umbinya memiliki rasa manis dan bisa berwarna ungu, putih, atau oranye. Dibiakkan dengan stek batang atau dengan ubinya.

4. Tanaman lainnya

Selain ketiga jenis tanaman pangan di atas, ada juga tanaman lain seperti sagu yang dimanfaatkan batangnya untuk sumber makanan, dan sukun yang bisa dijadikan alternatif. Semoga pengertian budidaya tanaman pangan dan macamnya tadi dapat dijadikan referensi.