Pengertian Budidaya Tanaman Hias

69936 views

Pengertian Budidaya Tanaman Hias

Pengertian Budidaya Tanaman Hias - Tanaman hias merupakan berbagai jenis tanaman baik merambat, semak, perdu, maupun pohon yang berfungsi sebagai penghias. Hal tersebut tentunya untuk memperindah, juga mempercantik seperti pada ruangan, halaman rumah, kebun, taman, ruangan, acara upacara, riasan wajah maupun busana. Tanaman potong juga masih termasuk dalam tanaman hias, biasanya digunakan untuk karangan bunga. Selain memperindah, tanaman hias juga dapat mengurangi terjadinya polusi udara juga menyerap racun.

Pengertian budidaya tanaman hias adalah suatu kegiatan dalam mengembangkan tanaman hias mulai dari proses menanam, merawat hingga panen. Dalam budidaya tanaman hias, terdapat banyak proses yang harus dilakukan meliputi, proses produksi, perawatan, pasca panen.

Proses produksi sendiri merupakan proses pengolahan dengan menggunakan berbagai metode untuk meningkatkan kualitas dari tanaman. Untuk menghasilkan tanaman hias yang cantik, indah dan bisa tumbuh sesuai harapan, maka diperlukan adanya teknik, bahan juga alat yang tepat. Ketiga hal tersebut menjadi faktor penting karena berpengaruh besar dalam pertumbuhan tanaman hias. Ada dua teknik memperbanyak koleksi maupun menambah variasi baru yakni :

  1. Metode generatif

Metode generatif merupakan cara mengembangbiakkan tanaman dengan melakukan perkawinan antar sel reproduksi. Pada jenis tanaman yang memiliki bunga melalui tahap penyerbukan yang kemudian menghasilkan biji. Dan proses penyerbukan biasanya menggunakan perantara serangga. Salah satunya yakni lebah agar penyerbukan dapat berhasil dengan sempurna.

Namun tahapan ini membutuhkan waktu yang lama dan rentan gagal. Cara tersebut bisa dilakukan secara manual lewat bantuan tangan manusia agar prosesnya lebih cepat. Tahapannya yaitu menempelkan benangsari yang terdapat pada bunga ke putik adenium berjenis lain, yang berbeda genetik dengan menggunakan cutten bud.

Sebaiknya, jika ingin menempuh cara ini pilihlah bunga yang berumur 2-5 sebagai betina dan yang jantan berumur 3-7 hari. Meski metode ini rentan gagal lama juga rumit, namun bisa menghasilkan anakan dalam jumlah banyak dan cocok untuk mendapatkan adenium hibrida.

Baca JugaNama Bunga Dalam Bahasa Inggris

  1. Metode Vegetatif

Metode vegetatif merupakan cara mengembangbiakkan tanaman melalui pertumbuhan jaringan seperti mata tunas, akar, daun dan batang. Metode ini biasanya dilakukan dengan cara mencangkok, stek dan menyambung tanaman. Mawar, asoka juga melati adalah jenis tanaman yang biasanya dikembangkan melalui stek. Sedangkan untuk teknik menyambung diterapkan pada puring, adenium, bougenvil serta ficus.

  1. Media tanaman

Media tanaman merupakan hal yang sangat penting sebagai tempat tumbuhnya tanaman. Media yang digunakan untuk tanaman hias terdapat dua macam, yakni bahan organik dan anorganik. Kedua media ini disesuaikan dengan jenis tanaman yang hendak ditanam. Media tanam dengan bahan organik kebanyakan menggunakan arang, batang pakis, pupuk kandang, moss, sabut kelapa dan humus. Dan untuk media tanam anorganik yakni dengan batu, gel, pecahan batuan, kerikil, spons dan pasir.

Contoh Gambar Tanaman Hias

Contoh Gambar Tanaman Hias

  1. Perawatan

Sebagai tahapan perawatan tanaman hias ini terbilang mudah, point pentingnya adalah meminimalisir agar tanaman tidak terlalu sering terekspos oleh sinar matahari. Artinya tempatkan tanaman pada ruang yang cukup teduh, atau bisa dengan membuat penyaring. Sebagai langkah perawatan, tentunya diperlukan adanya menyiram tamanan. Cukup dilakukan saat pagi dan sore hari, ini agar tidak terlalu banyak air karena bisa menyebabkan akar membusuk.

Selain itu dilakukan juga pemupukan dengan kompos atau tambahan pupuk buatan dari pabrik, dan memberikan semprotan insektisida yang tepat. Untuk jenis tanaman yang mengandalkan keindahan daun, berikan semprotan dari cairan pengkilap daun.

Dalam budidaya tanaman hias, perlu menyiapkan lahan kosong yang sudah disiangi dari rumput. Pilihlah bibit yang baik, taruhlah bibit ke dalam wadah yang ditambahkan air apabila kualitas bibit baik, jumlah bibit yang mengapung sedikit. Untuk budidaya tanaman hias yang diutamakan adalah kualitas. Semoga informasi pengertian budidaya tanaman hias di atas bisa bermanfaat. Baca juga nama tanaman hias dan gambarnya.