Menanam Sayuran Di Halaman Rumah

150789 views

Bagi setiap orang yang memiliki halaman rumah yang cukup luas, bercocok tanam adalah salah satu cara yang digunakan untuk dapat memanfaatkan halaman rumah yang kosong. Selain itu, dengan menanam sayuran di halaman rumah akan membah kecantikan halaman, dan juga memiliki banyak manfaat lainnya. Sayuran merupakan bahan utama yang digunakan untuk memasak, kandungan nutrisi yang tinggi pada sayuran menjadikan tanaman ini cocok sebagai tanaman yang dapat ditanam dihalaman rumah. Bercocok tanam dengan memanfaatkan halaman rumah menjadi kesibukan yang mengasikkan, dan juga menyehatkan bersama keluarga.

Berbudidaya tanaman organik dalam bentuk sayuran, dapat menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga dan juga tanpa mengeluarkan biaya. Sayuran organik memiliki kelebihan yang tidak perlu diragukan. Banyak jenis sayuran yang bisa anda tanam di halaman rumah anda, berikut diantaranya :

1. Sawi atau caisim

Sayuran ini sering sekali menjadi bahan dasar masakan yang mudah dicerna oleh anak-anak. Sawi memiliki kandungan vitamin yang sangat baik untuk tubuh diantaranya memiliki vitamin A, E, dan C.

Menanam Sayuran Di Halaman Rumah

Menanam Sayuran Di Halaman Rumah

2. Bayam

Kandungan zat-zat yang ada di dalam bayam berfungsi sebagai zat pencegah kanker seperti zat flavonoid, vitamin A, dan zat folat. Sayur bayam sering menjadi bahan utama untuk makanan bayi, karena sayur bayam mudah dicerna dan lunak.

3. Kangkung

Menanam sayuran di halaman rumah yang juga perlu anda coba yaitu menanam kangkung. Sayuran kangkung memberikan energy untuk tubuh karena kangkung mengandung vitamin A, B kompleks, dan vitamin C.

4. Cabai

Mayoritas rumah tangga di Indonesia sering mengonsumsi cabai. Karena harga cabai mengalami fluktuasi dan juga tidak dapat diprediksi, oleh karena itu tanaman cabai sering ditanam sendiri di halaman rumah.

Cara menanam sayuran di halaman rumah yang bisa anda coba :

  • Cara menanam sayuran di halaman rumah yang pertama yaitu, meletakkan tanaman dalam konteiner. Banyak jenis sayuran yang dapat ditanam di dalam kontainer. Isilah kontainer dengan tanah yang baik, kemudian letakkan pada lokasi halaman rumah yang mendapat sinar matahari yang cukup. Berilah tanah dengan pupuk dan siramlah tanaman secara teratur. Hal ini akan membuat tanaman tumbuh dan kebun sayuran yang dibuat akan tampak asri.

  • Cara menanam sayuran di halaman rumah yang kedua yaitu menciptakan kebun sayuran secara vertical. Menanam sayuran tidak harus dengan halaman rumah yang luas, berkebun dapat dengan cara menciptakan kebun vertical di rumah. Cara menanam sayuran di halaman rumah secara vertical dapat dilakukan dengan menggunakan pot,kemudian digantung. Dengan cara ini maka dapat memanfaatkan halaman rumah yang sempit, pilihlah tanaman yang merambat sehingga bisa dikembangkan secara vertical.

  • Cara menanam sayuran di halaman rumah yang berikutnya yaitu pilihlah tanaman sayuran yang mudah dan cepat tumbuh. Memilih tanaman yang mudah cepat tumbuh akan lebih mudah menanamnya sendiri di halaman rumah. Tanaman yang mudah tumbuh cepat contohnya selada.

Baca Juga = Cara Menanam Cabe Rawit Yang Baik

  • Cara menanam sayuran di halaman rumah selanjutnya yaitu memvariasikan tanaman sayuran yang ditanam. Memanfaatkan halaman rumah dengan bercocok tanam tanaman sayuran menjadikan banyak sekali kegunaan dalam kehidupan. Halaman rumah yang tampak kosong dengan adanya kebun sayuran akan tampak lebih segar dan indah, selain itu sayuran dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Menanam tanaman sayuran dengan bervariasi akan menambahkan banyak manfaat.

Cara menanam sayuran di halaman rumah yang terakhir yaitu memilih tanaman kedil. Lahan halaman rumah yang terkadang sempit tidak dapat menanam pohon yang dapat berkembang besar dan menyebabkan lahan perkebunan akan menjadi lebih sempit. Oleh karena itu,pilihlah tanaman yang kerdil agar halaman rumah tetap semakin menarik dan tidak sempit. Selamat mencoba.