Manfaat Tanaman Hias Bagi Kehidupan Manusia

36600 views

Manfaat tanaman hias bagi kehidupan manusia itu apa sih ? Memiliki tanaman hias yang tumbuh subur di pekarangan rumah anda pasti akan membuat anda merasa senang melihatnya. Apalagi ketika tanaman hias tersebut berbunga, selain warna hijau pada daun, akan ada warna lainnya yang akan menghiasi rumah anda. namun ternyata, selain mempercantik pekarangan rumah anda, ada manfaat tanaman hias bagi kehidupan manusia yang lainnya yang mungkin selama ini tidak anda sadari.

Manfaat Tanaman Hias Bagi Kehidupan Manusia


Manfaat Tanaman Hias Bagi Kehidupan Manusia


Manfaat tanaman hias bagi kehidupan manusia yang selama ini kurang anda sadari adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi Kantuk

Ternyata duduk di dekat tanaman hias dapat mengurangi rasa kantuk. Hal tersebut dikarenakan kadar oksigen untuk fotosintesis dapat mengurangi kadar karbondioksida yang banyak pada ruangan, kadar karbondioksida ini dapat membuat anda mengantuk. Proses fotosintesis dapat menyerap karbondioksida, jadi secara tidak langsung akan mengurangi rasa kantuk anda.

  1. Mengurangi Debu

Manfaat tanaman hias bagi kehidupan manusia berikutnya adalah mengurangi debu pada ruangan, jika anda letakkan dalam ruangan rumah anda. Hal tersebut dikarenakan tanaman hias dapat menciptakan kelembaban dan kelembaban tersebut, yang akan mengurangi dan menyerap debu pada ruangan anda. Cukup berguna bukan? Apalagi bagi anda yang memiliki alergi debu.

  1. Menghilangkan Stres

Karena setiap tanaman memiliki corak dan bentuk serta warna yang beraneka ragam, hal tersebut mampu membuat mata siapa saja yang memandangnya menjadi lebih segar, dan menimbulkan rasa senang. Kadar oksigen pada tanaman juga dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih segar dan tenang. Jadi tanaman hias bermanfaat untuk membuat anda lebih bahagia dan terhindar dari stres.

Baca juga = tanaman hias gantung tahan panas

  1. Mengobati Batuk

Jenis tanaman hias yang berkhasiat mengobati batuk adalah jenis eucalyptus. Hal tersebut dikarenakan, tanaman ini dapat membuat sistem pernafasan menjadi lebih lega dan membantu membuang dahak di tenggorokan anda.

  1. Mengatasi Sakit Kepala Sebelah

Salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya sakit kepala sebelah adanya tingginya kadar karbondioksida pada suatu lingkungan. Tanaman hias berguna untuk menyerap karbondioksida melalui proses fotosintesisnya. Jadi secara tidak langsung tanaman hias berkhasiat untuk mengobati sakit kepala sebelah.

  1. Bermanfaat Sebagai Aroma Terapi

Manfaat tanaman hias bagi kehidupan manusia yang selanjutnya adalah berperan sebagai aroma terapi alami. Setiap tanaman hias terutama yang memiliki bunga memiliki aroma khas, aroma ini lah yang dapat berguna sebagai aroma terapi pada rumah anda.

Baca juga = macam macam tanaman hias dan gambarnya

  1. Menyehatkan Mata

Jenis mawar pada tanaman hias ternyata berkhasiat untuk menyehatkan mata anda. Bagi anda yang kelelahan dan sering tidur hingga larut malam, air rendaman dari bunga mawar merah dapat mengatasi mata panda anda. Bahkan, air mawar juga berguna untuk mengatasi mata anda yang terkena radang. Caranya dengan meneteskan air rendaman bunga mawar.

  1. Bermanfaat Untuk Menurunkan Tekanan Darah

Bagian biji bunga mawar ternyata juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, bagian biji bunga mawar juga baik untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

  1. Bermanfaat Untuk Menyejukkan Ruangan

Manfaat tanaman hias bagi kehidupan manusia yang selanjutnya adalah menyejukkan ruangan. Tanaman hias yang merambat dapat anda rambatkan pada tembok bagian luar rumah anda, dan secara alami akan menyejukkan rumah anda.

  1. Mengurangi Kebisingan

Tanaman hias yang berbentuk seperti semak atau rumput ternyata bersifat seperti karpet kedap suara, yang dapat mencegah suara bising masuk. Luar biasa bukan?

Itulah beberapa manfaat tanaman hias bagi kehidupan manusia yang mungkin selama ini kurang anda sadari. Lalu mengapa anda masih ragu untuk menanam tanaman hias?. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat. Baca juga teknik budidaya tanaman jagung.