Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

17804 views

Kacang hijau adalah jenis bahan makanan yang termasuk dalam polong-polongan, dan memiliki peran yang penting bagi ibu hamil. Olahan dari kacang hijau dapat anda temukan pada puding maupun bubur. Selain rasanya enak dan menyenangkan, kacang hijau adalah sumber protein juga mineral. Kacang hijau juga hanya memiliki kandungan 23% lemak jenuh dan sisanya lemak tak jenuh. Jadi kacang hijau masih aman jika dikonsumsi orang yang memiliki berat badan berlebih terutama pada ibu hamil. Dan berikut adalah beberapa manfaat kacang hijau bagi ibu hamil :

Baca juga = ciri ciri tanaman kacang hijau.

1. Sumber Protein Nabati

manfaat kacang hijau bagi ibu hamil yang pertama yaitu sebagai sumber protein. Protein tinggi yang terdapat pada kacang hijau bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan sel pada janin yang ada di dalam rahim. Salah satunya yakni untuk pertumbuhan rambut janin saat dalam masa kehamilan, karena pertumbuhan rambut janin membutuhkan adanya protein. Selain itu protein juga bermanfaat dalam perkembangan organ janin di dalam rahim.

Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

2. Asam Folat

Manfaat kacang hijau bagi ibu hamil yang kedua yaitu mengandung asam folat. Asam folat merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Dimulai dari sebelum adanya masa kehamilan dan pada saat kehamilan memasuki trimester awal. Asam folat juga mempunyai peran penting dalam meningkatkan kecerdasan serta perkembangan otak janin. Selain itu juga untuk membantu tumbuh kembang sistem saraf pada janin dan mencegah terjadinya cacat otak, bibir sumbing, kelainan jantung pada janin maupun cacat sumsum tulang belakang.

3. Karbohidrat Kompleks

Dengan mengkonsumsi olahan dari kacang hijau bisa memberi efek kenyang lebih lama, karena adanya kandungan karbohidrat komplek. Manfaat kacang hijau bagi ibu hamil yang satu ini terjadi karena kandungan karbohidrat komplek tersebut membutuhkan waktu lebih lama dalam proses pencernaannya.

4. Kalsium dan Fosfor

Ketika hamil, sangat diperlukan asupan kalsium dengan cukup demi perkembangan yang baik pada tulang janin, dan membuat tulang ibu semakin padat. Apabila terjadi kekurangan kalsium bisa mengakibatkan ibu hamil terkena osteoporosis, karena janin akan mengambil asupan kalium pada tubuh ibu. Kandungan fosfor bermanfaat dalam metabolisme pada tubuh juga memberi energi.

5. Serat

Serat juga diperlukan ibu hamil. Dalam hal ini, manfaat kacang hijau bagi ibu hamil dengan adanya kandungan serat tersebut yaitu  untuk melancarkan proses pencernaan, dan saluran pencernaan dapat terjaga kesehatannya. Selain itu, membantu penyerapan nutrisi ke dalam tubuh ibu hamil dengan maksimal.

6. Rendah Lemak

Kandungan lemak yang rendah di dalam kacang hijau sangat baik bagi ibu hamil. Karena kandungan lemak jenuhnya yang rendah, manfaat kacang hijau bagi ibu hamil yaitu untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu juga tidak membahayakan bagi ibu hamil yang memiliki masalah hipertensi.

7. Vitamin B1 dan B2

Kandungan vitamin pada kacang hijau yakni vitamin B1 dan B2. Dalam hal ini, manfaat kacang hijau bagi ibu hamil yaitu memiliki peran penting dalam proses penyerapan protein. Selain sangat diperlukan dalam pertumbuhan serta perkembangan janin, juga mencegah terjadinya sembelit ketika masa kehamilan. Manfaat kacang hijau bagi ibu hamil yang lainnya yaitu membantu dalam proses pertumbuhan, sumber energi, mengoptimalkan kinerja sistem syaraf dan meningkatkan nafsu makan.

Ini karena kandungan vitamin B1 yang ada di dalamnya. Kemudian vitamin B2 akan memperlancar juga mempermudah proses penyerapan protein, sehingga protein yang terserap oleh tubuh pun akan lebih banyak. Kedua vitamin ini perlu dicukupi ketika hamil, karena jika terjadi kekurangan bisa mengakibatkan konstipasi. Bahkan bisa berakibat tubuh ibu hamil merasakan cepat merasa kelelahan.

Semoga infromasi manfaat kacang hijau bagi ibu hamil di atas bermanfaat. Baca juga cara menanam kacang tanah dengan kapas.