Manfaat Jus Tomat Campur Wortel

85619 views

Wortel dan tomat merupakan jenis sayuran yang memiliki berbagai macam vitamin juga mineral yang penting bagi tubuh. Wortel juga tomat merupakan sumber dari  vitamin A. Selain itu, tomat juga terdapat vitamin B1, B2, B3, B5 serta B6, vitamin K juga magnesium, fosfor dan besi. Pada dasarnya, keduanya terdapat banyak kandungan yang membuatnya memiliki berbagai manfaat. Baik wortel maupun tomat, tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh tapi juga sangat baik untuk kecantikan.

Kedua jenis sayuran ini dalam pemanfaatannya biasanya diolah menjadi jus segar. Mengingat berbagai kandungan yang ada di dalamnya, manfaat jus tomat campur wortel sudah tidak diragukan lagi. Sebelum membahas berbagai manfaatnya, akan diulas dulu bagaimana cara membuat jus tomat yang dicampur wortel ini. Caranya yaitu : pertama, cuci tomat serta wortel pada air yang mengalir lalu seduh dengan air mendidih dan tunggu hingga beberapa saat. Kupas kulitnya, lalu potong menjadi bagian-bagian yang kecil. Masukkan keduanya ke dalam wadah blender dan haluskan. Agar jus terasa lebih segar, anda bisa menambahkan perasan air jeruk nipis, aduk dan dapat anda nikmati.

Manfaat Jus Tomat Campur Wortel

Manfaat Jus Tomat Campur Wortel

Selain menyegarkan, anda juga akan mendapatkan manfaat yang besar dan banyak jika mengkonsumsinya. Berikut ini beberapa manfaat jus tomat campur wortel yang bisa anda dapatkan :

1.  Mencegah dari kanker prostat

Kandungan karotenoid (antioksidan) serta likopen yang terdapat di dalam tomat dapat mencegah tubuh dari bahaya berbagai penyakit kanker. Oleh karena itu, anfaat jus tomat campur wortel ini mampu mengurangi potensi terkena kanker seperti kanker prostat, kanker usus besar kanker payudara pasca menopause, kandung kemih, kanker leher rahim serta paru-paru. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan Zat xanthophylls, likopen, gamma-karoten, lutein juga alpha-karoten.

2. Meningkatkan Penglihatan dengan baik

Kandungan lutein serta beta karoten-nya merupakan zat yang amat baik dalam mendukung kinerja mata. Organ hati pada tubuh manusia bisa diandalkan untuk mengubah beta karoten ini menjadi Vitamin A. Selain itu, senyawa tersebut akan menjadi rhodopsin yang mampu menjaga kesehatan dari retina mata.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan dan menambah nafsu makan

Jika menginginkan untuk meningkatkan nafsu, maka biasakan untuk mengonsumsi jus ini sebelum makan. Ini karena manfaat jus tomat campur wortel yaitu dapat membantu dalam proses produksi sekresi (cairan pencernaan yang ada di tubuh). Kandungan serat yang terkandung di dalam jus wortel juga tomat ini sangat baik untuk sistem pencernaan. Sehingga dapat mencegah terjadinya gangguan pada pencernaan seperti sembelit juga perut kembung.

4. Mencegah kekeringan pada kulit

Vitamin A yang terdapat pada keduanya sangat penting bagi kulit, karena mampu menjaga agar kulit tetap lembab, sehingga kulit tidak akan kering. Selain itu, dengan mengkonsumsi jus wortel dan tomat dapat menghaluskan kulit dan kulit akan terlihat lebih sehat dan segar. Jus ini juga dapat mencegah kulit dari munculnya jerawat dan juga mampu menyempitkan pori-pori pada wajah

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dan A yang tinggi mampu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Maka tubuh anda akan lebih kuat serta bisa terhindar dari berbagai penyakit. Kondisi kekebalan yang baik mampu melawan berbagai serangan dari radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, kedua vitamin ini dapat membantu menjaga kesehatan gigi maupun tulang.

6. Mampu menurunkan berat badan

Bagi anda ingin sekali menurunkan berat anda atau mungkin tengah menjalani program diet, jangan lupa menyajikan jus tomat campur wortel di atas meja makan anda. Ini karena manfaat jus tomat campur wortel juga dapat membantu anda untuk mempercepat penurunan pada berat badan.

Semoga bermanfaat. Baca juga manfaat beras kencur untuk kulit.