Macam Macam Tumbuhan Paku Dan Nama Latinnya

109346 views

Macam macam tumbuhan paku dan nama Latinnya sangatlah banyak. Tumbuhan paku sering sekali dijumpai disekitar kita, terutama di kebun maupun di hutan. Tumbuhan paku memiliki akar, daun sejati, batang, dan bereproduksi aseksual dengan spora, yang menjadikan tumbuhan paku disebut dengan kormofitaberspora. Karena memiliki pembuluh pengangkut, tumbuhan ini juga disebut sebagai tumbuhan Tracheophyta.

Tumbuhan paku itu sendiri sering digunakan sebagai tanaman hias, karena bentuknya yang unik dan mempunyai kurang lebih 9000 jenis. Biasanya tumbuhan paku-pakuanakan tumbuh bersamaan dengan tumbuhan lumut, namun tumbuhan paku-pakuan setapak lebih tinggi dibandingkan dengan tumbuhan lumut.

Macam Macam Tumbuhan Paku Dan Nama Latinnya

Macam Macam Tumbuhan Paku Dan Nama Latinnya

Tumbuhan paku memiliki ciri sebagai berikut :

  • Memiliki ukuran tubuh dari makroskopis hingga ada yang memiliki tinggi sampai 20 meter.
  • Habitatnya berada dimana-mana (kosmopolit) dengan cara hidup secara epifit, saprofit, dan jug adapt hidup di darat maupun air.
  • Pada ujung daun yang masih muda akan menggulung, daun pada tumbuhan paku dapat dibedakan menjadi besar dan kecil, serta dibedakan sesuai fungsinya yaitu fotosintesis dan penghasil spora. Sedangkan spora yang dihasilkan berkumpul dalam satu wadah kotak spora yang berada di sepanjang tepi daun sporofil yang disebut sorum yang dilindungi insidium.
  • Tumbuhan paku-pakuanakan mudah tumbuh di daerah yang memiliki kelembaban tinggi dan juga ada beberapa jenis tumbuhan paku yang dapat hidup di dalam air.
  • Tumbuhan paku memiliki akar yang serabut.

Tumbuhan paku dapat tumbuh secara menjalar ke segala arah, dan pada tumbuhan paku yang masih muda kan tumbuh dari membentuk koloni-koloni tumbuhan paku.Tumbuhan paku memiliki manfaat bagi kehidupan manusia, selain sebagai bahan makanan atau sayuran, tumbuhan paku juga dapat dijadikan obat sebagai penyembuh luka, serta sering dijadikan sebagai tanaman hias untuk menambah kecantikan ruangan.

Baca Sob = Contoh Tumbuhan Dikotil Beserta Nama Latin

Adapun berikut ini macam macam tumbuhan paku dan nama Latinnya:

1. Paku Telanjang Dengan Nama Latin Psilophytinae

Tanaman paku ini disebut dengan paku telanjang karena tanaman ini tidak memiliki daun, ataupun jika memiliki daun bentuknya kecil, tidak memiliki akar dan juga tidak memiliki batang sejati.Paku telanjang saat ini sudah banyak yang punah dan dapat ditemukan dalam bentuk fosil.Bentuk dari paku telanjang berupa tangkai-tangkai bercabang-cabang menggarpu dengan sporangium pada ujung cabang-cabangnya.Karena tidak memiliki klorofil, maka untuk memperoleh hara gemetofit paku ini tergantung pada simbiosis dengan cendawan mikoriza.

2. Paku Ekor Kuda Dengan Nama Latin Equisetinae

Tumbuhan paku ini berupa rerumputan dengan batang beruas dengan daun yang kecil, tersusun melingkar, dan tunggal.Tumbuhan paku ekor kuda dapat tumbuh subur di dataran tinggi. Pada batangnya mirip dengan daun cemara yang tumbuh tegak, berbuku-buku, dan berongga.

3. Paku Kawat Dengan Nama Latin Lycopodiinae

Tanaman paku ini sering tumbuh bersama rerumputan, sehingga hampir sama seperti rerumputan yang pangkal batangnya tidak memiliki pendukung akar. Memiliki daun yang kecil dan tersusun spiral.Sporafilnya berbentuk ginjal dengan ujung yang meruncing panjang dan tepinya bergerigi. Jenis tanaman paku kawat ini sering sekali dijadikan sebagai tanaman hias dan ditanam di pot atau taman.

4. Paku Sejati Dengan Nama Latin Filicinae

Tumbuhan paku yang sering sekali kita lihat disekitar kita terutama tanaman pakis adalah tanaman paku dengan jenis paku sejati.Tanaman paku ini memiliki daun yang besar dengan daun muda yang menggulung dan memiliki tulang daun.

Baca Juga Sob =  Nama Latin Tumbuhan Dan Hewan

Tumbuhan paku dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias (tanduk rusa / platycerium, suplir / Adiantumcuneatum, paku sarang / aspleniumnidus), sebagai bahan obat (Dryopterisfilixmas), sayuran (semanggi), dan juga sebagai tanaman perlindung. Semoga informasi tentang macam macam tumbuhan paku dan nama Latinnya bisa bermanfaat.