Macam Macam Tanaman Toga Dan Manfaatnya

73274 views

Toga atau tanaman obat keluarga memiliki arti tanaman yang bisa ditanam di halaman atau pekarangan dan kebun pada rumah, untuk kemudian dimanfaatkan sebagai obat-obatan bagi anggota keluarga itu sendiri. Tujuan terlaksananya penanaman toga atau apotek hidup ini agar setiap keluarga menanam dan memanfaatkan sendiri tanaman toga tersebut, sehingga kemandirian pengobatan keluarga dapat terwujud. Ada baiknya anda mengetahui macam macam tanaman toga dan manfaatnya, sehingga nantinya anda dapat memutuskan mulai menanam toga. Selain lebih alami juga tidak melulu mengeluarkan biaya untuk membeli obat pabrik. Berikut beberapa macam macam tanaman toga dan manfaatnya :

1.  Brotowali

Batang brotowali yang bisa dimanfaatkan tumbuh merambat pada pagar atau tanaman di sekitarnya. Tanamlah di kebun atau halaman belakang rumah, brotowali tidak memerlukan perawatan yang khusus. Khasiatnya adalah sebagai obat pegal-pegal, rematik, meningkatkan selera makan , penurun demam, kencing manis, sakit kuning (lever) cacingan dan kudis.

2. Jamblang

Selain buahnya, berikut pemanfaatan bagian tumbuhan jamblang :

Daging buah : batuk kronis, asma, kencing manis, batuk rejan, diare, nyeri lambung

Biji buah : disentri, diare, diabetes mellitus, nyeri lambung, kembung, penawar racun yang tidak spesifik, dan pembengkakan limpa

Kulit kayu : kencing manis dan diare.

Macam Macam Tanaman Toga Dan Manfaatnya

Macam Macam Tanaman Toga Dan Manfaatnya

3. Daun Dadap

Daun yang juga dikenal dengan dadap ayam atau dadap srep ini berkhasiat mengobati demam, batuk, melancarkan haid, sulit tidur , disentri, melancarkan ASI, dan pada radang dan sakit kulit penggunaanya sebagai obat luar. Sedangkan kulit kayunya berkhasiat mengobati demam, liver, sakit asma dan untuk patah tulang dan rematik sebagai obat luar.

Baca Juga = Macam Macam Tanaman Obat Tradisional

4. Bunga Kenop

Bunga ini biasanya dijadikan tanaman hias, karena bunganya berwarna ungu dan bulat yang cantik. Namun ternyata tanaman bunga kenop ini bisa menangani keluhan batuk, asma, sakit kepala, radang pada mata, penurun panas, dan obat disentri.

5. Kunyit

Macam macam tanaman toga dan manfaatnya yang perlu anda ketahui selanjutnya yaitu kunyit. Tumbuhan ini berwarna khas oranye yang menjadi pembeda dari jenis rimpang lainnya. Pemanfaatan kunyit adalah untuk mengurangi mulas saat haid, melancarkan haid, keputihan, obat diare, masuk angin, obat tifus, melancarkan produksi ASI, kencing manis, disentri, berak lendir dan penyakit cangkrang.

Artikel Terkait = Tanaman Obat Keluarga Dan Manfaatnya

6. Pala

Pala termasuk  macam macam tanaman toga dan manfaatnya untuk menyenyakkan tidur bagi yang kesulitan tidur, maag, disentri,  melegakan perut kembung, bahan obat bius, muntah dan mual, rematik, dan suara parau.

7. Bangle

Rimpang bernama Latin zingiberpurpureum roxb. Ini berkhasiat sebagai obat sakit kepala, nyeri perut, melancarkan buang air besar, sakit kuning, melegakan perut kembung, cacingan, batuk,  bahkan pelangsing tubuh yang kegemukan.

8. Daun Dewa

Daun dewa atau gynura segetum ini bisa anda olah menjadi  obat bagi payudara bengkak, pendarahan setelah persalinan, batuk darah, muntah darah, luka lebam, melancarkan pembekuan darah,  melancarkan haid yang tidak teratur, infeksi pada kerongkongan, dan digigit hewan berbisa.

9. Kumis Kucing

Tumbuhan berbunga unik mirip kumis kucing ini seluruh bagian tanamannya  bisa mengatasi keluhan sakit ginjal, infeksi pada kandung kemih, peluruh air seni,  kencing batu, mengobati encok serta penurun panas tubuh.

10. Belimbing Wuluh

Buah belimbing wuluh memiliki rasa asam, biasanya pada masakan digunakan sebagai pengganti jeruk nipis. Belimbing wuluh ternyata berkhasiat mengobati batuk, mencairkan dahak, melegakan nafas, masalah pada mulut seperti sariawan gusi berdarah dan sakit gigi, gondongan, jerawat, panu, hipertensi, dan memperbaiki sistem pencernaan. Semoga macam macam tanaman toga dan manfaatnya tadi bisa bermanfaat.