Macam Macam Tanaman Toga Beserta Manfaatnya

21921 views

TOGA merupakan singkatan dari tanaman obat keluarga. Toga memiliki arti kebun, pekarangan, atau halaman rumah yang dapat ditanami tumbuh-tumbuhan obat, yang nantinya dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan obat anggota keluarga itu sendiri. Penanaman toga sendiri ditujukan agar kemandirian pengobatan keluarga dapat terwujud, karena setiap keluarga menanam dan memanfaatkan sendiri tanaman toga tersebut. Toga juga merupakan alternatif obat yang lebih aman karena tidak terkandung bahan kimia buatan di dalamnya.  Ada banyak sekali Macam Macam Tanaman Toga Beserta Manfaatnya yang dapat tumbuh di lingkungan kita. Di bawah ini akan adalah beberapa jenis diantaranya, untuk nantinya bisa dijadikan referensi bagi anda.

Berikut Macam Macam Tanaman Toga Beserta Manfaatnya  :

1. Pacar Cina

Tumbuhan pacar Cina dapat dimanfaatkan bagian daun, bunga, batang dan rantingnya untuk pengobatan gonorrhea (penyakit kelamin), pusing, perut kembung, darah haid yang banyak, diare, batuk, memar, bau badan, bisul dan sukar menelan (pancingan).

Macam Macam Tanaman Toga Beserta Manfaatnya

Macam Macam Tanaman Toga Beserta Manfaatnya

2. Pepaya

Macam Macam Tanaman Toga Beserta Manfaatnya yang berikutnya yaitu buah pepaya. Buah pepaya atau carica papaya, linn dan bagian lainnya seperti daunnya ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat demam, diare,  disentri, batu ginjal, malaria, hipertensi, produksi ASI yang kurang, keputihan, rematik, infeksi saluran kencing, nyeri haid, dan jerawat.

3. Kemuning

Tumbuhan ini biasanya tumbuh liar pada semak belukar hingga ketinggian 400 mdpl. Anda bisa juga menanamnya di pekarangan karena mudah, tidak memerlukan khusus. Berbagai manfaat yang bisa didapat dari tumbuhan kemuning ialah radang paru, radang buah zakar, kencing nanah, keputihan, melancarkan haid, sakit gigi, nyeri pada ulkus, memar, keseleo dan rematik, melarutkan lemak pada tubuh, eksim, koreng, bisul, dan luka terbuka pada kulit.

4. Sukun

Buah sukun bisa dijadikan sumber makanan pokok pengganti nasi, selain itu dalam dunia kesehatan beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dari tumbuhan ini, ialah sakit jantung, sakit kuning (liver) gangguan ginjal, masalah pencernaan, sakit gigi, menurunkan kadar gula darah dan asam urat

5. Kayu Manis

Macam Macam Tanaman Toga Beserta Manfaatnya berikutnya adalah kayu manis. Rempah bercitarasa pedas sedikit manis ini ternyata ampuh juga mengobati sesak nafas, batuk, maag/ nyeri lambung, kembung, rematik, diare, nyeri tubuh, diare, penghangat perut, dan meningkatkan nafsu makan.

6. Dadap ayam

Daun dadap pemanfaatannya untuk obat demam, batuk, disentri, melancarkan haid, sulit tidur, melancarkan ASI, untuk obat luar radang dan sakit kulit. Sedangkan kulit kayunya berkhasiat mengobati demam, sakit asma, liver, dan untuk patah tulang dan rematik sebagai obat luar.

7. Mengkudu

Mengkudu sudah banyak dikenal sebagai Macam Macam Tanaman Toga Beserta Manfaatnya  sejak lama. Anda yang sudah mengenal buah ini tentu mengetahui bahwa buah mengkudu yang matang memiliki bau yang tidak sedap. Namun dibalik itu, mengkudu kaya akan manfaat untuk obat radang usus, sulit buang air kecil, amandel, batuk, lever, hipertensi, sariawan, dan sembelit.

8. Kapulaga

Buah kapulaga (amomum compactum soland ex maton) biasa digunakan untuk aroma pada jamu tradisional. Kapulaga mampu melegakan perut kembung, mengatasi keluhan bau mulut, suara yang parau, dan radang tenggorokan.

Baca Juga = Macam Macam Tanaman Toga Dan Manfaatnya

9. Jahe

Jahe telah dikenal sebagai penghangat badan dan obat masuk angina. Selain itu jahe dapat mengobati sakit pinggang, nyeri otot, asma, perut kembung, mual dan muntah, menambah nafsu makan, melancarkan produksi ASI, obat batuk, dan gatal sebagai obat obat luar.

10. Lengkuas

Rimpang ini memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri. Lengkuas mampu menyembuhkan panu, rematik, radang paru (bronchitis),  morbili, sakit limpa, dan meningkatkan gairah seks.

Semoga artikel tentang Macam Macam Tanaman Toga Beserta Manfaatnya di atas bisa menginspirasi kesehatan alami anda.