Macam Macam Tanaman Obat Tradisional Disekitar Kita

25425 views

Tanaman obat bisa tumbuh dengan baik di negara kita ini. Namun apabila tidak tahu manfaatnya, maka itu akan menjadi sia-sia saja. Padahal bila tahu Macam Macam tanaman obat tradisional dan kegunaannya, anda bisa mengolahnya menjadi obat herbal yang ekonomis, dan tidak riskan terhadap kesehatan organ tubuh lain bila dibandingkan dengan obat kimia pabrik, karena pada dasarnya obat kimia mengadopsi fungsi dari zat yang terdapat pada tumbuhan obat. Bagian dari tanaman obat mulai dari batang, kulit batang, rimpang atau umbinya, akar, hingga biji buah, buah dan daunnya. Berikut adalah Macam Macam tanaman obat tradisional untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh :

1. Bawang Putih

Bawang putih yang merupakan bumbu dapur utama bagi masyarakat Indonesia yang juga termasuk dalam Macam Macam tanaman obat tradisional. Beberapa keluhan yang dapat diatasi dengan bawang putih ialah mengobati mengobati tekanan darah tinggi, masuk angin, sesak nafas,  batuk-batuk,  asma, sakit lever, sembelit dan wasir, obat belekan, gangguan sulit tidur, dan masih banyak lagi.

Macam Macam Tanaman Obat Tradisional Disekitar Kita

Macam Macam Tanaman Obat Tradisional Disekitar Kita

2. Urang-aring

Seluruh bagian tanaman urang-aring ini bisa mengobati mimisan, muntah darah, berak darah, kencing darah, pendarahan rahim, diare, hepatitis, keputihan, kurang gizi, dan bagi anda yang ubanan sebelum waktunya.

3. Daun Sambiloto

Penyakit yang dapat diobati dengan daun ini diantaranya disentri, diare, malaria, bronchitis, pneumonia(radang paru), radang ginjal, amandel,  hepatitis, radang telinga tengah, sakit gigi, asma, batuk rejan, hipertensi, hamil anggur, kusta,  tumor paru demam, dan banyak lagi.

4. Temu Ireng (Temu Hitam)

Rimpang yang terasa pahit dan tajam ini bisa melancarkan keluarnya darah kotor setelah persalinan, meningkatkan selera makan, perut mulas, sariawan, kudisan, borok, dan ruam kulit, batuk, sesak nafas, serta cacingan

5. Legundi

Macam Macam tanaman obat tradisional yang selanjutnya yaitu legundi. Manfaatnya yaitu :

Daun   : mengurangi nyeri, pusing, mengatasi kejang, masuk angin, penurun panas, amandel, batuk, TBC, peluruh air seni, tifus, melancarkan haid, menyembuhkan luka, membunuh serangga dan kudis.

Batang : bengkak, eksema

Akar    : mencegah kehamilan, penyembuhan setelah melahirkan

Biji      : penyegar badan, dan pereda batuk

Artikel Terkait = Macam Macam Tanaman Toga Dan Manfaatnya

6. Sereh

Anda bisa mengolah sereh untuk mengatasi berbagai keluhan berikut :

Daun : meluruhkan angina perut, penambah selera makan, penurun panas, pereda kejang, pengobatan setelah melahirkan

Akar : peluruh air seni, peluruh keringat, sebagai obat kumur, obat batuk berdahak, penghangat tubuh

7. Kelapa

Pohon kelapa terkenal dengan berbagai kegunaannya, mulai akar hingga daunnya semuanya bermanfaat. Untuk air kelapa hijau dan jenis kelapa biasa dapat digunakan untuk obat  panas dalam, keracunan, demam berdarah, sakit panas, influenza, morbili, cacingan (cacing kremi) , kencing batu, sakit gigi, hingga ketombe dan ubanan.

8. Ceremai

Tumbuhan berbuah pahit dan sedikit asam ini dapat digunakan biji buah, kulit akar, dan daunnya untuk kesehatan.

Biji buah          : mual karena pencernaan yang kotor, sembelit

Kulit akar        : sakit kulit dan asma

Daun               : melangsingkan badan, batuk berdahak, sariawan, dan memerangi sel kanker

9. Putri malu

Macam Macam tanaman obat tradisional selanjutnya adalah tanaman putri malu. Dau putri malu bisa digunakan untuk pengobatan radang saluran pernafasan, insomnia (sulit tidur), herpes, panas tinggi pada anak, cacingan dan rematik.

10. Petai Cina

Tumbuhan yang di beberapa daerah dikenal sebagai mlanding atau lamtoro ini bisa mengatasi cacingan, kencing manis, meningkatkan gairah seks, bengkak, dan luka baru

Semoga artikel Macam Macam tanaman obat tradisional tadi bermanfaat, dan menginspirasi kesehatan alami anda.