Macam – Macam Tanaman Obat Keluarga

17911 views

Tanaman obat keluarga atau disingkat dengan TOGA adalah jenis tanaman yang mempunyai khasiat dalam dunia pengobatan. Berbagai jenis tanaman ini banyak dijumpai di sekitar anda, bahkan biasa digunakan dalam keseharian. Ada banyak sekali Macam - Macam Tanaman Obat Keluarga. Dan kali ini, kita akan membahas 12 jenis tanaman obat untuk Sobat semua.

Tanaman obat keluarga sudah dipercaya dari sejak dulu mampu menyembuhkan dan mencegah berbagai penyakit menyerang tubuh. Di jaman yang semakin modern ini, mungkin banyak yang lebih fokus pada pengobatan medis ketimbang menggunakan tanaman obat.

Meski begitu, masih banyak juga yang lebih memilih memanfaatkan bahan-bahan alami, karena diyakini aman tanpa efek samping. Tentunya semuanya harus imbang, bukan berarti dengan hanya mengandalkan tanaman obat sebagai pengobatan. Penanganan secara medis pun harus tetap ditempuh. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui Macam - Macam Tanaman Obat Keluarga. Untuk lebih jelas, simaklah Macam - Macam Tanaman Obat Keluarga berikut ini :

Macam Macam Tanaman Obat Keluarga

Macam Macam Tanaman Obat Keluarga

1. Daun dewa

Daun dewa memiliki khasiat mengobati muntah darah, pembengkakan pada payudara. Selain itu juga mampu mengatasi darah tinggi dan mencegah terjadinya stroke.

2. Daun Kelor

Kelor juga termasuk dalam Macam - Macam Tanaman Obat Keluarga yang memiliki manfaat untuk  mengatasi panas dalam dan demam.

3. Daun Seledri

Daun seledri tidak hanya untuk menambah aroma masakan, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi hipertensi.

4. Daun Pacar Cina

Daun pacar Cina berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kelamin, seperti penyakit gonorrhoe, Landep dan bisa untuk mengatasi rematik.

5. Daun Salam

Bagi anda yang memiliki masalah gula darah yang berlebihan, rebusan dari daun salam mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

6. Daun Pepaya

Khususnya di daerah pedesaan, tanaman yang satu ini sangat mudah dijumpai bahkan di halaman maupun pekarangan rumah. Selain buahnya memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan, daunnya juga memiliki manfaat untuk mengatasi disentri serta demam.

Penting !Tanaman Obat Untuk Kencing Manis

7. Temulawak

Salah satu tanaman obat keluarga yang asli dari Indonesia ini memiliki banyak manfaat, antara lain untuk meredakan perut kembung, sakit kuning, maag. Bukan hanya itu, kandungan zat pada temulawak juga mampu menstabilkan tekanan pada darah, serta dapat menjadikan sistem kekebalan tubuh atau imunitas meningkat.

8. Jahe

Mengkonsumsi jahe dapat menghangatkan tubuh. Dan kandungan antioksidannya dapat menghambat adanya oksidasi kolesterol, dan memperlambat penunaan. Jahe juga memiliki banyak sekali khasiat seperti mengatasi mabuk kendaraan, masuk angin dan sakit kepala.

9. Cengkeh

Tanaman obat keluarga yang satu kaya akan manfaat, yakni mampu untuk mengatasi sakit kepala, mual, muntah, sakit gigi, masuk angin, gangguan pada sistem pencernaan, perut kembung, asma juga kolera. Bahkan cengkeh dapat membantu dalam  melancarkan sirkulasi darah serta mengatur suhu tubuh.

10. Batang Kayu manis

Tumbuhan yang memiliki nama Cinnamomum burmanii dalam bahasa Latin ini bukan hanya sebagai bumbu masakan. Tapi juga terdapat banyak manfaat di dalamnya. Batang tanaman obat keluarga ini bermanfaat dalam meredakan batuk, nyeri lambung, sesak napas, rematik, diare, perut kembung juga memberi efek hangat pada lambung.

11. Batang Brotawali

Tanaman obat keluarga yang satu ini memang sudah lama malang melintang sebagai salah satu obat herbal. Tentunya karena mempunyai berbagai manfaat seperti, mengobati demam, cacingan, sakit kuning, kudis hingga diabetes.

12. Daun Sirih

Daun sirih atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Chavica betle L berguna dalam mengobati batuk. Selain itu juga sebagai obat kumur dan antiseptik yang berperan dalam membunuh mikroorganisme yang berbahaya bagi tubuh.

Baca JugaTanaman Herbal Untuk Kolesterol

Pada dasarnya masih ada banyak lagi Macam - Macam Tanaman Obat Keluarga lain. Semoga bermanfaat.