Macam Macam Tanaman Obat Dan Manfaatnya

15995 views

Banyak sekali Macam Macam Tanaman Obat dan Manfaatnya yang tumbuh subur di lingkungan tempat tinggal anda. Dengan mengolah tanaman sebagai obat alami, anda meminimalisir tubuh dari efek samping obat kimia yang biasa anda konsumsi. Tanaman-tanaman tadi dapat tumbuh di tanah Indonesia yang subur, tanaman-tanaman tadi bisa anda manfaatkan mulai bagian rimpang atau umbinya, batang, kulit batang, akar, hingga daun dan buahnya.

Lantas apa sajakah Macam Macam Tanaman Obat dan Manfaatnya itu? Berikut beberapa diantaranya yang familiar dan mudah untuk anda jumpai :

1. Temulawak

Mungkin anda mengenal rimpang ini sebagai penambah nafsu makan, namun tidak hanya itu saja. Temulawak memiliki fungsi lain yaitu mengobati nyeri pinggang, sakit pada limpa, sakit kepala, ginjal, masuk angin, asma, sakit perut, maag, merangsang produksi ASI, sembelit, sariawan, cacar air dan jerawat.

Macam Macam Tanaman Obat Dan Manfaatnya

2. Tapak Dara

Macam Macam Tanaman Obat dan Manfaatnya selanjutnya yang perlu anda ketahui yaitu tapak dara. Tanaman ini memiliki kandungan alkaloid yang berkhasiat (Macam Macam Tanaman Obat Keluarga) untuk mengobati penyakit tertentu seperti diabetes, leukemia, tekanan darah tinggi (hipertensi) bronchitis, asma, radang perut, demam, kurang darah, gondongan, disentri, juga masalah pada kulit seperti borok, bisulan, bengkak, luka bakar dan luka gores.

3. Sirih

Daun  sirih sejak dulu terkenal untuk diracik menjadi ramuan obat tradisional. Beberapa keluhan yang dapat disembuhkan yaitu mengurangi produksi ASI yang berlebih, sakit mata, bintitan, eksim, kulit gatal, masalah bau mulut dan bau badan, pendarahan gusi, bronchitis, batuk, sariawan, mimisan, mengobati luka, sakit jantung, keputihan pada wanita, sifilis, diare, sakit gigi hingga biduran.

4. Seledri

Daun seledri yang anda kenal sebagai pelengkap sayuran ini ternyata punya manfaat lain, yaitu untuk kesuburan rambut, sakit mata, menurunkan tekanan darah tinggi, dan  keluhan reumatik. Selain mudah didapat anda juga bisa mencoba menanamnya sendiri, karena seledri mudah tumbuh di dataran tinggi maupun rendah.

Tanaman Obat Dan Manfaatnya

Tanaman Obat Dan Manfaatnya

5. Sereh

Tanaman pengusir nyamuk ini bisa dimanfaatkan bagian daun dan akarnya untuk kesehatan. Penyakit yang dapat diobati antara akar dan daunnya berbeda. Pada bagian daun dapat digunakan untuk penambah nafsu makan, meluruhkan angin di perut untuk yang susah kentut, penurun panas, pengobatan pasca persalinan, dan pereda kejang. Sedangkan akarnya sebagai peluruh keringat dan air seni, obat batuk berdahak, dibuat obat umur, juga penghangat tubuh.

6. Biji Pala

Macam Macam Tanaman Obat dan Manfaatnya selanjutnya yaitu biji pala. Khasiat biji pala dengan jumlah penggunaan yang tepat dan tidak berlebihan dapat mengobati disentri, mencret, muntah-muntah, maag, perut mulas dan mual, perut kembung, rematik, dan menyenyakkan tidur anak.

7. Daun Pegagan

Daun yang tumbuh merayap pada tanah ini dapat anda manfaatkan sebagai obat hepatitis, demam, campak, sakit tenggorokan, amandel, radang paru, infeksi saluran kencing, ambeien, keracunan, batuk darah, cacingan, mimisan, lepra, dan mata merah.

8. Jengger Ayam

Siapa sangka tanaman hias yang memiliki bunga cantik seperti jengger ayam ini bisa dimanfaatkan bunganya untuk menghentikan pendarahan, contohnya mimisan, muntah darah, batuk berdarah, dan wasir. Juga diare, disentri, mata merah, penglihatan yang kabur, infeksi saluran kencing, dan keputihan pada wanita.

9. Mahoni

Macam Macam Tanaman Obat ( Tanaman Herbal Untuk Kolesterol ) dan Manfaatnya yang terakhir adalah mahoni. Biji mahoni dapat diolah menjadi obat untuk diabetes mellitus, hipertensi, rematik, meningkatkan nafsu makan, masuk angin, demam, dan eksim.

Semoga informasi Macam Macam Tanaman Obat dan Manfaatnya bisa menginspirasi kesehatan alami anda.