Macam – Macam Tanaman Obat Dan Khasiatnya

22813 views

Sudah tahukah anda bahwa bermacam jenis tanaman di lingkungan sekitar adalah tanaman yang memiliki khasiat untuk mengobati penyakit tertentu. Ada banyak sekali macam - macam tanaman obat dan khasiatnya yang bisa anda dapatkan.  Anda pun bisa membuat ramuan dari tanaman obat ini di rumah, sehingga tidak perlu selalu mengandalkan obat-obatan kimia yang diresepkan dokter maupun apotek. Berikut ini adalah Macam - Macam tanaman obat dan khasiatnya :

1. Bandotan

Tumbuhan ini memiliki bunga kecil-kecil, biasanya berwarna putih atau keunguan. Tanaman ini tumbuh liar di ladang atau kebun. Bandotan berguna untuk menghentikan pendarahan, peluruh kencing, demam, radang telinga, radang paru-paru, sebagai peluruh haid dan mengobati pegal linu.

2. Brotowali

Macam - Macam tanaman obat dan khasiatnya yang berikutnya yaitu brotowali. Bagian tanaman brotowali yang digunakan adalah bagian batangnya yang tumbuh menjulur, dan rasanya sangat pahit. Keluhan seperti demam, rematik, kencing manis, pegal-pegal, kudis atau luka koreng dan juga masalah nafsu makan yang menurun, bisa di atasi dengan tanaman brotowali ini.

Baca JugaTanaman Herbal Dan Khasiatnya

3. Bawang Putih

Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Beberapa diantaranya untuk mengboati asma, sesak nafas, batuk, tekanan darah tinggi, masuk angin, wasir, digigit serangga, luka memar atau tergores, dan bintitan.

Macam Macam Tanaman Obat Dan Khasiatnya

Macam Macam Tanaman Obat Dan Khasiatnya

4. Jeruk Nipis

Macam - Macam tanaman obat dan khasiatnya yang selanjutnya adalah jeruk nipis. Selain berkhasiat untuk kecantikan kulit dan rambut, jeruk nipis juga memiliki banyak kegunaan diantaranya malaria, amandel, batuk rejan, ambeien, terlambat haid, perut mual, sakit maag, kelelahan dan bau badan yang tidak sedap.

5. Kayu Manis

Bagian yang digunakan biasanya adalah kulit kayu dan daunnya. Rasa kulit kayu manis sedikit pedas, menghangatkan bila dikonsumsi, dan sedikit manis. Kayu manis bisa meningkatkan nafsu makan yang melemah, mengobati mencret, rematik, sakit perut dan nyeri pinggang.

6. Daun Kelor

Bila di film-film horror daun ini digunakan sebagai pengusir hantu, dalam dunia kesehatan daun kelor sendiri memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh. Diantaranya yaitu untuk mengobati sakit kuning, rabun senja, pegal linu, sakit pada mata, melancarkan kencing, mengobati luka bernanah, biduran dan eksim.

7. Kunyit

Siapa yang tidak kenal tanaman satu ini. Biasanya kebanyakan orang menggunakannya sebagai bumbu masakan atau jamu kunyit asam. Kunyit memiliki banyak sekali khasiat seperti untuk tifus, disentri, usus buntu, diabetes, melancarkan haid, mengobati keputihan, memperlancar haid, melancarkan ASI, dan amandel.

Baca JugaTanaman Herbal Untuk Diabetes

8. Lidah Buaya

Manfaatnya tumbuhan yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi. Lidah buaya bisa bermanfaat sebagai obat diabetes mellitus, sakit kepala, kejang pada anak, sembelit, wasir, peluruh haid, muntah darah dan batuk rejan. Lidah buaya juga sebagai obat luka bakar, luka bernanah, amandel, jerawat, dan bisul.

9. Mengkudu

Meskipun buah ini memiliki aroma yang tidak sedap, namun berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah, demam, sakit liver, batuk, influenza, dan sakit perut.

10. Pare

Tanaman yang masuk golongan sayuran ini bermanfaat untuk radang tenggorokan, batuk, malaria, demam, kencing manis, menambah nafsu makan, malaria, sakit kuning, cacingan hingga sembelit.

11. Sambiloto

Tanaman ini punya segudang manfaat untuk kesehatan. Penyakit yang dapat diobati dengan daun sambiloto adalah diare, disentri, hepatitis, malaria, amndel, pneumonia (radang paru), bronchitis, radang ginjal, radang telinga bagian tengah, sakit gigi, asma, batuk rejan, demam, hipertensi, kusta, hamil anggur, tumor paru, dan masih banyak lagi.

Itulah Macam - Macam tanaman obat dan khasiatnya yang bisa anda manfaatkan dengan maksimal. Semoga informasi di atas bisa anda jadikan sebagai referensi yang bermafaat.