Macam Macam Tanaman Obat Dan Gambarnya

86018 views

Macam macam tanaman obat dan gambarnya itu seperti apa sih ? Macam macam tanaman obat memang perlu anda ketahui dan kenali khasiatnya, karena akan sangat berguna bagian tubuh anda jika terserang suatu penyakit. Anda memang sebaiknya tidak lagi bergantung pada obat-obatan kimia jika anda sakit apalagi jika penyakit anda masih dalam tingkatan yang belum parah. Hal tersebut dikarenakan obat-obatan kimia tidak baik jika terlalu sering dikonsumsi bahkan bisa dapat merusak ginjal anda, terlebih lagi bagi obat-obatan yang dijual bebas di warung-warung sekitar rumah anda.

Selain karena bahannya yang alami dan sehat, menggunakan tanaman sebagai obat-obatan juga biasanya tidak terlalu sulit untuk membuatnya. Macam macam tanaman obat juga biasanya bukan tanaman yang sulit ditemukan malah tanaman tersebut ada di sekitar anda dan anda sepelekan manfaatnya.

Baca juga = manfaat tanaman obat keluarga


Macam Macam Tanaman Obat Dan Gambarnya


  1. Belimbing Wuluh

Macam Macam Tanaman Obat Dan Gambarnya

Macam macam tanaman obat yang pertama akan dibahas manfaatnya adalah belimbing wuluh, karena dapat mengobati penyakit yang sering anda temui di sekitar anda. Belimbing wuluh ini dapat mengobati panu, mengobati sakit gondok, menyembuhkan sakit gigi sekaligus dapat menyembuhkan gusi yang berdarah, mengobati sakit rematik, mengobati sariawan dan mengobati pegal linu pada tulang dan persendian.

  1. Daun Dewa
Gambar Tanaman Daun Dewa

Gambar Tanaman Daun Dewa

Sepertinya sebutan daun dewa cocok diberikan pada tanaman ini karena memiliki khasiat yang beragam. Daun dewa ini bermanfaat untuk mengobati rasa nyeri, melancarkan peredaran pada darah, mengobati luka yang memar, menurunkan panas, dapat membantu menurunkan darah tinggi, memiliki sifat anti peradangan, membantu mengobati penyakit diabetes, membantu menghentikan pendarahan dan juga berkhasiat untuk mengeluarkan racun dari tubuh atau detoksifikasi.

  1. Daun Jarak

gambar macam-macam tanaman obat (daun jarak)

Macam macam tanaman obat yang selanjutnya perlu anda kenali adalah daun jarak. Bagi anda yang sering merasa gatal-gatal dan memiliki koreng, daun jarak sangat dapat membantu anda. Daun jarak juga dapat menyembuhkan rasa kembung pada anak-anak.

  1. Tanaman Sambiloto

obat asam urat dan rematik alami daun sambiloto

Tanaman yang satu ini berkhasiat untuk mencegah radang. Selain itu, sambiloto juga bermanfaat untuk mengobati sakit perut, menurunkan darah tinggi, menurunkan kadar gula dalam darah dan juga menurunkan panas ketika demam.

  1. Lidah Buaya

macam macam tanaman herbal dan gambarnya (lidah buaya)

Lidah buaya bermanfaat untuk mengobati sakit kepala yang menyiksa, dapat mencegah serangan jantung, mengobati diabetes atau gula, dapat mengobati ambeien, menurunkan gula dalam darah, melancarkan ketika datang bulang, mengobati batuk, dapat membantu penyembuhan radang pada tenggorokan, mencegah serangan jantung dan juga bisa digunakan sebagai vitamin rambut lho.

Baca juga = tanaman obat asam urat dan kolesterol

  1. Temulawak

tanaman obat dan khasiatnya beserta gambarnya temulawak

Tanaman obat yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga anda. Temulawak berkhasiat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat, dapat mencegah penyakit hati, mengobati rasa nyeri pada tulang dan sendi dan juga dapat bersifat sebagai anti radang.

  1. Daun Ciplukan

macam-macam tanaman obat tradisional dan gambarnya (buah ciplukan)

Jika anda suka bermain di kebun pada waktu kecil, anda pasti sangat akrab dengan tanaman ciplukan. Daun ciplukan dapat mengobati batuk, mengobati sakit di tenggorokan dan juga dapat mengobati sakit bisul.

  1. Lengkuas

gambar tanaman obat dan fungsinya (tanaman lengkuas)

Macam macam tanaman obat yang selanjutnya adalah lengkuas. Lengkuas dapat mengobati penyakit yang sering terjadi pada kehidupan sehari-hari diantaranya masuk angin, sakit tenggorokan, sakit pinggang dan lain sebagainya.

  1. Kencur

tumbuhan obat-obatan beserta fungsinya (kencur)

Tanaman kencur dapat menambah nafsu makan terlebih bagi anak-anak, mengobati sakit batuk, mengobati sakit kepala dan lain sebagainya. Bahkan saat ini kencur dipakai sebagai bahan dasar pembuatan jamu beras kencur.

Baca = manfaat beras kencur untuk kulit

  1. Seledri

gambar tanaman obat dan namanya (seledri)

Macam macam tanaman obat yang terakhir adalah seledri. Ternyata seledri dapat mengobati asam urat. Penyakit yang sangat seiring anda temui dapat diobati karena seledri mengandung kalium, fosfor dan masih banyak senyawa baik lainnya.

Semoga informasi tentang macam-macam tanaman obat dan gambarnya di atas bisa bermanfaat. Baca juga cara menanam cengkeh agar cepat berbuah.