Macam-Macam Tanaman Hortikultura

145771 views

Kata hortikultura berasal dari bahasa Latin yaitu hortus yang artinya kebun, dan juga culture yang berarti cocok tanam. Hortikultura bisa diartikan sebagai cara menanam yang dapat dilakukan di pekarangan rumah atau kebun. Prinsipnya, tanaman hortikultura bisa memberikan manfaat langsung bagi si penanam atau pemiliknya, baik untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dijual. Sebagai pengetahuan awal, macam-macam tanaman hortikultura umumnya memiliki ciri-ciri umum seperti berikut ini :

  • Lebih cepat mengalami pembusukan dan tidak tahan lama
  • Memerlukan tempat yang luas untuk media tanam
  • Wilayah tanamnya spesifik didaerah tertentu, biasanya menonjol menghasilkan buah tertentu
  • Masa panennya musiman, tidak sepanjang tahun
  • Naik turun harganya tidak stabil tergantung langka atau tidaknya hasil panen
Macam-Macam Tanaman Hortikultura

Macam-Macam Tanaman Hortikultura

Macam-macam tanaman hortikultura dibagi menjadi 4, yaitu sayuran, buah-buahan, tanaman hias, dan tanaman obat. Untuk lebih lengkapnya berikut penjelasannya :

1. Tanaman sayur (olerikultura)

Pada kelompok sayuran, macam-macam tanaman hortikultura ini dibagi menjadi dua, yaitu sayuran musiman dan sayuran tahunan.

  • Sayuran musiman adalah yang tumbuh pada musimnya saja, dan tidak tumbuh sepanjang tahun. Contoh sayuran musiman adalah bayam, kubis, kangkung, wortel, bawang putih, bawang merah, kentang, bawang daun, kembang kol, sawi, lobak, cabe besar, cabe merah, cabe rawit, kacang merah, kacang panjang, tomat, jamur, paprika, buncis, terong, tomat, labu siam dan ketimun.
  • Sayuran tahunan adalah sayuran yang dapat tumbuh sepanjang tahun tanpa henti. Beberapa diantaranya adalah petai, jengkol, dan melinjo.

2. Tanaman buah (frutikultur)

Macam-macam tanaman hortikultura berikutnya adalah tanaman buah. Berikut beberapa diantaranya :

  • Buah musiman

Beberapa buah musiman adalah semangka, melon, blewah, dan stroberi.

  • Buah tahunan

Buah tahunan contohnya yaitu pisang, nanas, salak, jambu air, durian, apel, alpukat, jeruk, anggur, markisa, nangka, sirsak, belimbing, sawo, jambu biji, papaya, suku, sukun, langsat, kokosan, manggis, rambutan dan mangga.

3. Tanaman Hias (florikultura)

Tanaman hias memerlukan perawatan seperti penyiraman air yang cukup dan pemberian pupuk. Tanaman hias yang dapat menjadi komoditi yaitu anggrek bulan, bunga tulip, bunga melati, anturium atau kuping gajah, anyelir, anturium daun, sansivera, pakis, cordyline, euphorbia, adenium, aglaonema, bunga sedap malam, mawar, krisan, helicona, garbera, gladiol, mostera, philodendron, dan ixora. Selain dijadikan komoditi, tanaman hias ini juga dapat menghiasi pekarangan rumah anda.

Baca JugaPengertian Budidaya Tanaman Hias

4. Tanaman obat (biofarmaka)

Tanaman obat atau biofarmaka ini dikelompokkan menjadi dua, yaitu biofarmaka non rimpang dan biofarmaka rimpang.

  • Biofarmaka non rimpang ialah tanaman obat yang digunakan sebagai bahan obat, kesehatan dan bahan kosmetik. Pemanfaatannya bisa dari bunga, buah, daun, akar maupun batang. Contoh macam-macam tanaman hortikultura biofarmaka non rimpang adalah kumis kucing, lidah buaya, sambiloto, mahkota dewa, mengkudu, kejibeling, kulit manggis, mahoni, kayu manis, jeruk nipis, seledri, brotowali, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Biofarmaka rimpang adalah yang memanfaatkan bagian umi (rimpang) sebagai bahan obat, untuk kesehatan dan kosmetik. Yang tergolong macam-macam tanaman hortikultura biofarmaka rimpang adalah jahe, kencur, kunyit, lengkuas, temu ireng, dlingo, temulawak, lempuyang, dan temu kunci .

Baca JugaTanaman Obat Dan Khasiatnya Beserta Gambarnya

Dari macam-macam tanaman hortikultura tadi, ada baiknya anda mulai berfikir untuk menanam hortikultura. Ini karena menanam tanaman dengan cara hortikultura banyak sekali manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan :

  • Meningkatkan gizi masyarakat
  • Memperluas kesempatan kerja
  • Mempercantik lingkungan sekitar
  • Meningkatkan pendapatan atau devisa Negara
  • Serta meningkatkan pendapatan petani

Demikianlah beberapa macam-macam tanaman hortikultura dan juga manfaatnya. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan anda dan bermanfaat. Baca juga nama tanaman hias dan gambarnya.