Macam Macam Tanaman Hias dan Penjelasannya

120848 views

Macam Macam Tanaman Hias dan Penjelasannya - Bagi beberapa orang yang sangat menyukai tanaman, tanaman hias sudah dianggap sebagai properti wajib yang harus ada di rumah. Tidak lengkap rasanya pekarangan rumah anda tanpa tanaman hias. Sebenarnya, menanam tanaman hias di rumah merupakan aktifitas yang positif, karena secara psikologis menanam dan merawat tanaman di rumah dapat menurunkan tingkat stres seseorang. Jadi tidak mengherankan banyak orang yang lari dari rasa stresnya dengan merawat tanaman hias di pekarangan rumahnya.

Baca juga = manfaat tanaman hias bagi kehidupan manusia

Macam-macam tanaman hias menurut tempatnya dibagi menjadi dua, yaitu tanaman hias gantung dan biasa. Sedangkan macam macam tanaman hias menurut jenisnya juga dibagi dua, yaitu tanaman hias yang berbunga dan tidak berbunga.


Macam Macam Tanaman Hias dan Penjelasannya


Macam-macam tanaman hias menurut tempatnya adalah sebagai berikut :

  1. Tanaman Hias Gantung

Seperti namanya, tanaman hias gantung merupakan tanaman hias yang diletakkan dengan cara di gantung. Tanaman hias jenis ini biasanya tanaman yang bagian tubuhnya menjalar panjang sehingga sangat bagus jika digantung. Contoh dari tanaman hias gantung adalah sebagai berikut :

  • Tanaman lantana
Macam Macam Tanaman Hias dan Penjelasannya - bunga lantana

Bunga Lantana

Lantana merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan berkembang bahkan hanya dengan sedikit air. Bunganya warna-warni dan menjadi magnet bagi burung dan kupu-kupu, sangat cantik untuk anda taruh di teras atau pekarangan di depan rumah anda.

  • Petunia Ungu
macam macam tanaman hias bunga dan penjelasannya

Bunga Petunia Ungu

Seperti namanya, tanaman ini memiliki bunga cantik yang berwarna ungu. Tanaman gantung ini juga tidak sulit untuk dipelihara.

Baca juga = tanaman gantung yang tahan panas

  1. Tanaman Hias Biasa

Tanaman ini biasa ditanam di pot atau di tanah di pekarangan rumah anda. Macam-macam tanaman hias jenis ini adalah sebagai berikut :

  • Bonsai
macam macam tanaman hias batang dan penjelasannya

Tanaman hias batang bonsai

Bonsai merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat populer dan digemari. Tanaman ini bisa anda dapatkan dengan membelinya atau membuat kreasi sendiri. Bentuk kreasi tanaman bonsai juga beraneka ragam.

  • Palem
macam macam tanaman hias batang palem hias

tanaman palem hias

Tanaman hias ini merupakan tanaman dengan ukuran yang lumayan besar dan biasanya langsung ditanam di tanah. Tanaman hias ini dapat membuat halaman rumah anda menjadi lebih sejuk.

Sedangkan menurut jenisnya, macam-macam tanaman hias dibagi menjadi tanaman hias yang berbunga dan tidak berbunga. Berikut penjelasannya :

  1. Tanaman Hias yang Berbunga

Tanaman hias ini sangat disukai karena bunganya yang memiliki beraneka ragam bentuk dan warna. Contoh tanaman hias yang berbunga adalah sebagai berikut :

  • Bunga Mawar
macam macam tanaman hias bunga dan daun mawar

Bunga Mawar

Siapa yang tidak mengenal bunga mawar? Bunga ini salah satu jenis tanaman hias yang sangat legendaris. Warnanya yang beraneka ragam membuat bunga ini sangat digemari. Bunga mawar juga sering dijadikan sebagai lambang perasaan kepada orang terkasih.

  • Bunga Kertas
jenis tanaman hias bunga kertas

Bunga Kertas

Bunga kertas sangat mudah ditanam dan juga memiliki banyak warna. Bunga ini digemari karena tidak sulit untuk merawatnya dan proses pertumbuhannya yang cepat. Orang-orang sering melakukan penyetekan pada bunga ini, ada juga yang mencoba melakukan penyilangan untuk mendapatkan warna bunga dan unik.

  1. Tanaman Hias yang Tidak Berbunga

Tanaman ini biasanya disikai karena warnanya yang hijau dan menyejukkan mata. Contoh tanaman hias jenis ini adalah :

  • Suplir atau Adiantum
macam macam jenis tanaman hias daun suplir

tanaman suplir adiantum

Tanaman ini merupakan tanaman paku-pakuan yang memiliki bentuk daun yang indah. Tanaman suplir juga memiliki banyak jenis.

  • Aglaonema atau Sri Rejeki
macam-macam tanaman sri rejeki

Tanaman Sri Rejeki

Tanaman ini memiliki daun yang berwarna hijau dan putih. Tanaman hias ini juga sering anda jumpai di rumah-rumah san disukai karena perawatannya yang mudah.

Itulah macam macam tanaman hias dan penjelasannya untuk anda. Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk menanam tanaman hias atau memperbanyak koleksi tanaman hias anda? Yang pasti, anda akan merasa senang jika melihat tanaman hias anda tumbuh subur dan berbunga. Baca juga jenis tanaman hias outdoor tahan panas.