Macam Macam Tanah Dan Ciri Cirinya

58083 views

Di bumi ini begitu banyak terdapat jenis tanah yang berbeda-beda. Dan tanah tersebut memiliki fungsi serta manfaat yang berbeda-berbeda pula untuk kehidupan manusia.Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah macam macam tanah dan ciri cirinya yang perlu anda ketahui :

1. Tanah Humus

Tanah humus merupakan jenis tanah yang biasanya dijumpai di daerah anda masing-masing, karena tanah ini biasanya memang terdapat di negara dengan iklim tropis salah satunya adalah Indonesia. Tanah humus memang sering sekali dijumpai, bahkan mungkin setiap hari dapat anda jumpai di lingkungan sekitaranda.Tanah humus memiliki warna gelap dengan teksturnya gembur. Bagi Anda yang mungkin belum tahu jenis tanah yang ada di sekitar Anda, mungkin tanah tersebut adalah tanah humus seperti ciri ciri yang tadi anda sebutkan.

Macam Macam Tanah Dan Ciri Cirinya

Ciri lainnya dari tanah humus yaitu tanah ini terbentuk dari lapukkan daun, karena itu tanah ini sangat subur, sehingga banyak ditumbuhi berbagai tanaman. Tanah ini juga berada di lapisan paling atas dari bumi, sehingga tanah inilah yang anda pijak setiap harinya.

Baca Juga = Pengertian Budidaya Tanaman Pangan

2. Tanah Endapan

Macam macam tanah dan ciri cirinya yang berikutnya yaitu tanaman endapan. Tanah endapan atau yang juga disebut sebagai tanah alluvial ini terbentuk oleh lumpur sungai,yang kemudian mengendap di dataran rendah.Tanah endapan atau tanah alluvial memiliki warna yang gelap. Karena terbentuk dari lumpur inilah yang membuat tanah endapan memiliki tekstur seperti lumpur.

3. Tanah Gambut

Tanah yang terbentuk di daerah rawa ini memiliki tekstur yang basah dan lunak. Pantas saja tanah gambut memiliki tekstur yang seperti itu karena terbentuknya dari daerah rawa, tahu sendiri daerah rawa adalah daerah tempatnya terdapat air.Tanah ini bersifat asam dan memiliki warna yang gelap. Namun tanah ini tidak cocok untuk ditanami tumbuhan, karena tanah gambut merupakan jenis tanah yang kurang subur. Karena itu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal apabila anda bercocok tanam di tanah gambut. Tanah ini dapat anda jumpai di daerah Sumatera, Kalimantan, dan Papua.

Macam Macam Jenis Tanah Dan Ciri Cirinya

Macam Macam Jenis Tanah Dan Ciri Cirinya

4. Tanah Pasir

Sesuai dengan namanya, tanah ini mengandung batu kerikil. Karena mengandung kerikil maka tanah ini sangat mudah untuk dilalui air. Namun tanah ini sedikit mengandung humus sehingga tidak cocok untuk bercocok tanam. Karena mengandung kerikil atau batu tanah ini sangat cocok dijadikan sebagai bahan bangunan. Sehingga hal ini membuat tanah pasir paling banyak dicari sebagai bahan bangunan.

5. Tanah Vulkanik

Sesuai dengan namanya tanah vulkanik memang terbentuk dari materi letusan gunung berapi. Tanah vulkanik atau yang juga disebut sebagai tanah gunung berapi mengandung unsur hara yang tinggi. Karena unsur hara nya yang tinggi tersebut tanah vulkanik sangat cocok dijadikan sebagai lahan pertanian. Tanah vulkanik memang tanah yang sangat subur, sehingga tanaman yang di tanam di atasnya maka akan tumbuh dengan subur. Sesuai dengan namanya pula tanah ini dapat anda jumpai di lereng gunung berapi.

Baca Juga = Pengertian Tanaman Hias Bunga

6. Tanah Liat

Macam macam tanah dan ciri cirinya yang selanjutnya yaitu tanah liat. Tanah liat atau yang juga disebut sebagai tanah lempung ini sangat sulit dilalui air karena memang teksturnya yang liat. Tanah liat merupakan jenis tanah yang tidak subur sehingga tidak cocok untuk lahan pertanian. Namun tanah liat atau tanah lempung ini biasanya digunakan untuk membuat gerabah. Walaupun tidak subur tetapi tanaman ini memiliki manfaat yang besar untuk manusia yaitu dapat dijadikan gerabah yang digunakan untuk kebutuhan manusia sehari hari ataupun hanya sebagai hiasan.

Semoga informasi macam macam tanah dan ciri cirinya di atas bisa bermanfaat.