Macam Macam Jamur Dan Manfaatnya

37689 views

Jika anda menyukai makanan camilan yang gurih dan biasanya digoreng, anda pasti tidak asing dengan camilan jamur. Biasanya jamur diolah menjadi jamur goreng atau bahasa kerennya jamur crispy, dan ada juga yang mengolahnya menjadi sate jamur. Jamur yang biasanya digunakan untuk menjadi jamur crispy adalah jamur yang berwarna. Namun, selain jamur yang sering anda konsumsi sebagai camilan, masih ada jenis jamur lainnya yang juga bermanfaat bagi tubuh anda. Jadi sebaiknya anda mengetahui macam macam jamur dan manfaatnya, yang mungkin suatu saat nanti akan anda butuhkan untuk diri anda maupun untuk orang yang ada disekitar anda.

Bagi anda yang masih penasaran mengapa daun jamur tidak berwarna hijau seperti tumbuhan pada umumnya, hal tersebut dikarenakan jamur tidak memiliki kandungan klorofil atau zat hijau daun. Hal itu juga yang menyebabkan jamur disebut sebagai tumbuhan tingkat rendah. Jamur biasanya bisa anda temui pada lingkungan yang lembab, karena sebagian jamur hidup dengan menumpang atau sebagai parasit pada tumbuhan lain, ataupun hidup pada makhluk hidup lain yang telah mati sehingga disebut dengan saprofit.

Macam Macam Jamur Dan Manfaatnya

Nah, untuk menambah wawasan anda tentang macam macam jamur dan manfaatnya, berikut adalah macam macam jamur dan manfaatnya yang sering anda temui :

1. Jamur Tiram

Macam macam jamur dan manfaatnya yang pertama kali saya bahas adalah, jamur tiram. Ini karena jamur ini yang paling sering anda temui pada kehidupan anda sehari-hari. Jamur tiram memiliki nama ilmiah Pleurotus Sp. Jamur tiram mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh anda, diantaranya protein, kalsium, karbohidrat, vitamin B1 dan B2 serta vitamin C.

Jamur tiram ini bisa dimanfaatkan sebagai anti tumor dan anti bakteri. Selain itu, manfaat jamur tiram yang lainnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda. Jamur tiram juga dapat dijadikan sebagai obat anemia dan penyakit lever.

Baca Juga = Cara Menanam Kangkung Di Polybag

2. Jamur Kuping

Selain jamur tiram, jamur yang juga cukup populer dan mudah untuk didapatkan di Indonesia adalah jamur kuping. Jamur kuping memiliki nama ilmiah Aricularia Sp. Seperti jamur tiram, jamur kuping juga memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh anda, mulai dari berbagai vitamin, protein dan mineral. Jamur kuping dikenal sebagai jenis jamur yang tidak memiliki kolesterol, jadi aman untuk dikonsumsi semua orang terlebih lagi yang menderita sakit kolesterol.

Malahan jamur kuping ini dapat dijadikan obat untuk menurunkan kadar kolesterol yang meningkat. Manfaat dari jamur kuping yang selanjutnya adalah bersifat sebagai anti pengentalan darah, dan juga dapat mencegah pendarahan yang berlebihan ketika seseorang terluka.

Macam Macam Jenis Jamur Dan Manfaatnya

Macam Macam Jenis Jamur Dan Manfaatnya

3. Jamur Merang

Macam macam jamur dan manfaatnya yang ketiga adalah jenis jamur merang.Seperti kedua jenis jamur yang sebelumnya, jamur jenis merang ini juga mengandung berbagai macam mineral, protein, karbohidrat dan juga menjadi antibiotik alami pada tubuh manusia.

Manfaat jamur merang yang utama adalah untuk menurunkan resiko terserang penyakit darah tinggi,dan terserang kanker yang sangat berbahaya juga melindungi jantung anda dari berbagai penyakit yang dapat menyerangnya.

Baca Juga = Teknik Budidaya Tanaman Sayuran

4. Jamur Lingzhi

Macam macam jamur dan manfaatnya yang berikutnya adalah jenis jamur lingzhi.Jamur lingzhi memiliki nama ilmiah Ganoderma Sp. Dari jaman dahulu, jenis jamur lingzhi ini sudah dijadikan sebagai campuran berbagai macam obat. Manfaat utama jamur ini adalah untuk mencegah sel kanker, yang dapat menyerang tubuh manusia dan juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh anda secara alami. Sehingga anda tidak akan mudah terserang penyakit.

Semoga macam macam jamur dan manfaatnya di atas bisa menginspirasi.