Macam Macam Jamur Dan Fungsinya

50698 views

Macam Macam Jamur Dan Fungsinya - Mungkin anda terbiasa mengkonsumsi jamur crispy yang biasa dijual ditempat-tempat jajan ataupun di sekolah-sekolah. Namun tentu saja tidak hanya terdapat satu jenis jamur di dunia ini, banyak jenis jamur yang memiliki fungsi yang baik bagi tubuh, bahkan ada juga yang berbahaya dan beracun untuk dikonsumsi. Jadi ada baiknya anda mengetahui jenis-jenis jamur yang sering dikonsumsi, ini agar anda dapat lebih berhati-hati ketika akan mengkonsumsinya. Macam-macam jamur dan fungsinya ini sebenarnya sangat banyak, dan semakin lama semakin banyak saja jenis jamur yang dijumpai.

Namun sebelum membahas macam macam jamur dan fungsinya, ada baiknya anda berkenalan dahulu dengan jamur itu sendiri. Jamur merupakan salah satu jenis tumbuhan tingkat rendah yang sama sekali tidak memiliki kandungan klorofil, maka dari itu kebanyakan jamur berwarna putih atau hitam. Tumbuhan jamur biasanya tumbuh dengan cara menjadi parasit, yang biasanya merugikan makhluk yang ditumpangi, atau menumpang pada tumbuhan lain atau sebagai saprofit yaitu hidup pada makhluk lain yang sudah mati.

Baca juga >> tanaman pengusir nyamuk terbaik


Macam Macam Jamur Dan Fungsinya


Kembali pada pembahasan jenis-jenis jamur, berikut adalah beberapa macam macam jamur dan fungsinya yang perlu anda ketahui :

  1. Jamur Kuping atau Auricularia Sp

Macam Macam Jamur Dan Fungsinya

Jenis jamur yang pertama adalah jamur kuping. Jamur kuping ini mudah dijumpai, selain itu jamur kuping juga mengandung vitamin, mineral dan protein yang cukup tinggi. Serta yang tidak kalah penting adalah tidak mengandung kolesterol sama sekali. Jamur yang biasanya dimasak untuk menjadi campuran sayur tertentu ini juga ternyata memiliki manfaat lain yang luar biasa, yaitu bisa menjadi obat sakit jantung, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, anti pendarahan dan juga anti pengentalan darah.

  1. Jamur Tiram atau Pleurotus Sp

macam macam jamur dan fungsinya kesehatan

Jamur tiram juga merupakan salah satu jamur yang cukup populer di Indonesia, dan biasa dijadikan campuran masakan tertentu. Jamur yang memiliki bentuk tubuh yang khas, yaitu seperti menyerupai cangkang kerang. Jamur ini juga bisa dibilang mudah untuk dibudidayakan. Karena rasanya yang lezat, jamur ini biasanya dimanfaatkan untuk dijadikan berbagai olahan makanan dan dijadikan ladang bisnis yang cukup menjanjikan.

  1. Jamur Lingzhi atau Ganoderma Sp

macam macam jamur dan kegunaannya

 

Jamur ini memiliki bentuk yang menyerupai kipas, dan dikenal sebagai jamur yang memiliki manfaat untuk pengobatan yang luar biasa. Jamur ini sudah biasa digunakan sebagai campuran pada beberapa obat kapsul. Manfaat jamur ini diantaranya untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan kebugaran orang yang mengkonsumsinya. Jamur Lingzhi ini juga berfungsi untuk mencegah sel kanker di dalam tubuh.

  1. Jamur Merang

jenis jamur dan fungsinya

Jamur merang juga memiliki manfaat yang tidak kalah banyaknya. Kandungan karbohidrat, mineral, protein dan zat antibiotik pada jamur ini juga tergolong tinggi dan sangat baik untuk tubuh anda. Jamur ini dapat menurunkan resiko seseorang untuk terserang penyakit kanker, dan dapat menurunkan tekanan darah tinggi di dalam tubuh anda. Selain itu jamur ini juga berfungsi untuk melindungi jantung anda dari penyakit yang berbahaya.

  1. Jamur Maitake atau Grifola Sp

Macam Macam Jamur Dan Fungsi

Jamur ini memiliki bentuk seperti jengger ayam, sehingga sering disebut dengan sebutan ayam betina dari kayu. Penelitian yang dilakukan para ahli menyebutkan bahwa jamur maitake ini memiliki kandungan senyawa yang dapat mencegah penyakit HIV Aids, dan juga mencegah penyakit kanker.

Itulah beberapa macam-macam jamur dan fungsinya yang sebaiknya anda ketahui. Semoga dengan mengetahui hal tersebut anda menjadi lebih bijaksana dalam mengkonsumsi makanan, agar dapat merasakan manfaatnya pada tubuh anda. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat. Baca juga macam-macam jamur dan gambarnya.