Klasifikasi Tumbuhan Putri Malu

68354 views

Apa sih klasifikasi tumbuhan putri malu (mimosa pudica) ? Pada saat anda kecil dulu, anda pasti sering memainkan putri malu dengan cara menyentuhnya. Tumbuhan ini disebut putri malu karena ketika anda menentuhnya, tubuh tumbuhan ini akan menunduk dan menciut, atau mengatup seperti putri yang malu-malu apabila diganggu orang lain. Namun keadaan tersebut tidak bertahan lama, beberapa menit kemudian, daun dari tumbuhan putri malu akan kembali terbuka seperti sedia kala. Karena banyak yang penasaran dengan tumbuhan putri malu ini, maka banyak orang yang mencari klasifikasi tumbuhan putri malu dan penyebab putri malu mengatupkan daunnya.

Klasifikasi Tumbuhan Putri Malu

Bagi anda yang masih penasaran mengapa putri malu akan reflek menutup daunnya ketik tersentuh, hal tersebut disebabkan oleh perubahan tekanan turgor yang terjadi pada tulang daun tumbuhan putri malu. Rangsangan sentuhan juga dapat dirasakan oleh bagian tubuh lainnya, yang bahkan tidak tersentuh. Gerakan reflek putri malu tersebut disebut dengan seismonasti, gerakan ini tidak dipengaruhi dari sebelah mana rangsangan tersebut datang, tumbuhan putri malu akan tetap mengatupkan daunnya ke arah bawah.

Sebenarnya pada dasarnya tumbuhan putri malu mengatupkan daunnya untuk menghindari hewan yang terbiasa memakan tumbuhan. Yang mungkin belum anda ketahui adalah, tumbuhan putri malu akan menguncup setiap kali matahari terbenam, dan akan otomatis merekah kembali ketika matahari terbit di pagi hari.


Klasifikasi Tumbuhan Putri Malu


Nama latin tumbuhan putri malu / nama ilmiah dari tanaman putri malu adalah Mimosa Pudica. Tumbuhan putri malu ini terdapat diberbagai negara, dan memiliki nama yang berbeda pada setiap negaranya. Di negara Filipina disebut dengan makahiya yang memiliki arti malu, di Hindia Barat disebut dengan Mori vivi. Berikut tabel klasifikasi putri malu (mimosa pudica).

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Fabales
FAMILI : Fabaceae
GENUS : Mimosa L.
SPESIES : Mimosa pudica L.

Ciri-Ciri Morfologi Tumbuhan Putri Malu


Morfologi Daun Putri Malu

Tumbuhan putri malu ini memiliki ciri yang khas berupa daunnya yang bergerigi kecil-kecil yang biasa disebut daun majemuk, dan terdapat duri pada bagian batangnya. Sehingga anda harus hati-hati jika anda ingin menyentuh tumbuhan putri malu.

klasifikasi dan morfologi putri malu

Tumbuhan putri malu ini termasuk dalam polong-polongan. Daunnya yang tersusun kecil-kecil ini biasanya memiliki susunan anak daun sebanyak kurang lebih 5 hingga 26 pasang untuk setiap satu buah sirip daun.

Setiap helai daun dari tumbuhan putri malu memiliki bentuk yang memanjang dengan ujung yang runcing dan pangkalnya yang membundar. Daun dari tumbuhan putri malu memiliki ukuran yang lumayan kecil, hanya sekitar 6 hingga 16 mm untuk panjangnya dan 1 hingga 3 mm untuk panjangnya.

Morfologi Bunga Putri Malu

Tumbuhan putri malu termasuk jenis tanaman perdu yang pendek. Bunga tumbuhan putri malu bisa dibilang cukup indah untuk tumbuhan liar, bunganya berwarna pink keunguan yang berbentuk bongol.


Manfaat Tanaman Putri Malu Bagi Kesehatan


Tumbuhan putri malu ini bisa dijadikan penenang, karena memiliki sifat transquilizer. Tumbuhan putri malu juga berkhasiat untuk mengeluarkan dahak, meluruhkan air seni, bisa sebagai anti batuk, menjadi anti radang dan juga berkhasiat untuk menurunkan panas.

Selain itu, tanaman putri malu yang kecil ini dapat mencegah erosi. Ini karena memiliki jenis akar yang sangat sangat kuat, yaitu jenis akar pena. Sehingga mampu menahan tanah dari kikisan air hujan, meskipun hujannya cukup deras. Jadi anda tidak perlu buru-buru membuang tumbuhan putri malu jika tumbuh di sekitar rumah anda. Anda hanya perlu berhati-hati dengan duri-durinya yang lumayan tajam.

Itulah klasifikasi tumbuhan putri malu yang sebaiknya anda ketahui. Semoga artikel klasifikasi dan morfologi putri malu ini bisa bermafaat. Baca juga cara menanam sawi di polybag.