Klasifikasi Tanaman Lidah Mertua

20178 views

Klasifikasi tanaman lidah mertua ada banyak. Lidah mertua atau dalam bahasa ilmiah disebut sebagai Sanseviera, merupakan salah satu tanaman hias yang ada di Indonesia. Tanaman ini dijadikan penghias ruangan, teras rumah maupun taman karena tampilannya yang menarik. Tanaman yang disebut lidah jin bagi orang Melayu ini juga merupakan tanaman penyerap racun di udara. Banyak orang yang menanamnya, bukan hanya sebagai penghias tetapi juga karena manfaatnya tersebut.

Nikotin, karbonmonoksida, trichloroethylene, benzene, dioksin dan formaldehyde adalah jenis racun yang dapat diserap oleh tanaman lidah mertua. Bahkan bukan hanya itu, masih terdapat manfaat lainnya seperti sebagai penutup luka, obat wasir, antiseptik, cacingan, cacar, penyakit mata juga telinga. Lidah mertua juga dijadikan bahan untuk membuat minuman penyegar  tubuh bagi sebagian orang. Dari beberapa jenis lidah mertua juga bermanfaat sebagai anti malaria, antikolesterol, anticendawan hingga antikanker.

Berikut beberapa klasifikasi tanaman lidah mertua, yakni :

  1. Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
  2. Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  3. Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga).
  4. Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji).
  5. Kelas : Liliopsida (berkeping satu)
  6. Sub kelas : Lilidae
  7. Spesies : Sanseviera Trifasciata Prain
  8. Ordo : Liliales
  9. Genus : Sanseviera
  10. Family : Agavaceae
Klasifikasi Tanaman Lidah Mertua

Klasifikasi Tanaman Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua memiliki dua jenis yaitu berdaun pendek dan berdaun panjang. Jenis lidah mertua berdaun pendek, memiliki panjang daun hingga mencapai sekitar 9 cm. Ada yang hanya berwarna hijau muda, hijau tua, hijau abu-abu,  perak, terdapat juga berwarna hijau tua dengan pinggir daun berwarna kuning atau kombinasi antara putih dan kuning.

Tanaman lidah mertua juga memiliki banyak sekali jenis, bahkan mencapai 70 jenis. Beberapa jenis atau klasifikasi tanaman lidah mertua diantaranya yaitu Sansevieria angustiflora, Sansevieria cylindrica, Sansevieria dawei, Sansevieria ehrenbergii,  Sansevieria grandis, Sansevieria hyacinthoides,  Sansevieria kirkii, Sansevieria metallica, Sansevieria trifasciata  dan lain sebagainya.

Lidah mertua memiliki akar yang berbentuk serabut. Merupakan tanaman rimpang/Rhizoma atau tanaman menjalar di bawah tanah maupun  di atas tanah. Daun pada lidah mertua mengandung banyak air, maka tak heran jika daunnya tebal serta keras. Ujung daunnya runcing serta berduri.

Tanaman lidah mertua juga dapat berbunga, letak bunganya pada pangkal batang dengan posisi berdiri tegak. Perawatan pada tanaman yang dalam bahasa Inggris disebut Snake plant atau mother-in-law's tongue ini tidak terlalu ribet. Karena merupakan jenis tanaman yang tahan akan cahaya matahari yang terik sekalipun. Ini terbukti pada daunnya yang tebal dengan fungsi untuk menyimpan cadangan air. Jadi, tidak perlu setiap hari dalam menyiramnya tanaman lidah mertua akan tetap tumbuh dengan baik.

Baca Juga = Macam Macam Tanaman Obat Tradisional Disekitar Kita

Namun jika ingin meletakkannya di dalam ruang, lidah mertua perlu dikeluarkan hingga mendapatkan cahaya matahari. Itu pun hanya cukup dilakukan sekali dalam seminggu. Selain itu, tak perlu melakukan perawatan khusus yang lainnya. Hal tersebut sangat membantu anda yang disibukkan oleh aktifitas, atau pun malas untuk merawatnya. Jadi tambahkan tanaman lidah mertua ke dalam koleksi tanaman hias yang anda miliki.

Tanaman lidah mertua sangat baik ditanam oleh anda yang tinggal di daerah perkotaan. Karena tentunya polusi udara akibat kendaraan atau lainnya yang terjadi di perkotaan lebih tinggi, sehingga tanaman ini bisa meminimalisir sesuatu yang bisa terjadi akibat dari hal tersebut. Mengingat salah satu manfaat tanaman lidah mertua untuk menyerap racun. Tanaman lidah mertua juga bisa dijadikan peluang usaha bagi anda karena banyak orang yang memiliki minat pada tanaman ini.

Demikian informasi tentang klasifikasi tanaman lidah mertua. Semoga menambah wawasan serta pengetahuan anda, dan tentunya informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi anda.