Kelebihan Dan Kekurangan Hidroponik

30744 views

Kelebihan Dan Kekurangan Hidroponik - Jika anda sudah pernah melakukan bercocok tanam dengan menggunakan cara hidroponik, anda pasti sudah merasakan berbagai kelebihan dan kekurangan hidoponik. But, nothing perfect in this world right? Meskipun suatu cara atau sistem baru menawarkan kemudahan dan berbagai kelebihan, pasti akan ada kekurangannya juga. Begitu juga dengan cara hidroponik ini, meskipun di gadang-gadang sebagai salah satu solusi untuk mengatasi semakin terbatasnya lahan yang tersedia untuk kegiatan bercocok tanam, namun cara hidroponik juga memiliki kekurangan-kekurangannya. Jadi untuk anda yang baru akan memulai bercocok tanam dengan cara hidroponik, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan hidroponik.

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan hidroponik, ada baiknya anda berkenalan terlebih dahulu dengan hidroponik. Seperti namanya “hidro” yang berarti “air”, jadi hidroponik merupakan cara bercocok tanam dengan tidak menggunakan media tanah seperti umumnya, namun dengan menggunakan media air. Cara hidroponik ini sendiri memiliki beberapa teknik yang dapat anda pilih sesuai dengan kemampuan dan biaya yang anda miliki. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi berupa unsur hara makro maupun mikro bagi pertumbuhan tanaman yang biasa didapatkan dari tanah, anda dapat menggantinya dengan air yang sudah anda berikan nutrisi tertentu sebelumnya. (Baca juga >> membuat nutrisi hidroponik organik)

Kelebihan Dan Kekurangan Hidroponik

Kelebihan Dan Kekurangan Hidroponik

Bagi anda yang sudah mulai penasaran dengan kelebihan dan kekurangan hidroponik, berikut ulasannya untuk anda :


Kelebihan Dan Kekurangan Hidroponik


  1. Kelebihan hidroponik

Kelebihan hidroponik dibanding pertanian biasa adalah :

  • Tidak membutuhkan tanah, hal ini tentu saja karena hidroponik tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Hal tersebut juga menyebabkan lingkungan bercocok tanam anda menjadi semakin bersih, karena tidak menyentuh tanah sama sekali.
  • Pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat, hal ini karena nutrisi yang dibutuhkan lebih cepat terserap karena berbentuk cair.
  • Lebih efisien dalam menggunakan air, tentu saja karena anda tidak perlu menyiram tanaman anda seperti anda melakukan bercocok tanam di kebun.
  • Hanya membutuhkan tenaga kerja yang sedikit, dengan menggunakan cara hidroponik anda tidak perlu menggunakan banyak orang untuk mengolah lahan, melakukan penanaman dan memanen.
  • Proses memanen hasil tanaman menjadi lebih mudah.
  • Hasil panen yang dihasilkan dengan cara hidroponik lebih banyak
  • Menghemat tempat, hal ini tentu saja karena anda tidak perlu lahan hingga berhektar-hektar.
  • Steril, buah atau sayur yang anda hasilkan akan lebih terjamin kebersihannya daripada yang ditanam di lahan perkebunan.
  • Resiko terserang hama dan penyakit lebih kecil.
  • Tidak tergantung cuaca.
  • Penggunaan pupuk lebih hemat dan efisien.
  1. Kekurangan hidoponik

Sedangkan kekurangan dalam menggunakan cara hidroponik adalah sebagai berikut :

  • Membutuhkan modal yang lumayan besar. Jika anda berniat melakukan budidaya dengan skala besar, anda akan membutuhkan modal yang lebih besar untuk membeli peralatan yang dibutuhkan.
  • Perangkat dan pemeliharaan masih langka. Karena cara hidroponik belum populer bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, maka alat tertentu akan sulit untuk anda dapatkan. Di Indonesia juga masih sedikit orang yang benar-benar ahli hidroponik sehingga anda akan kesusahan jika peralatan anda membutuhkan pemeliharaan tertentu.
  • Membutuhkan ketelitian ekstra, hal ini dikarenakan anda harus benar-benar mengkontrol nutrisi yang anda berikan, hingga tingkat keasaman pH pada tanaman anda.
  • Investasi yang mahal.
  • Memerlukan keterampilan khusus, hidroponik cocok untuk anda yang cakap dan memiliki kreatifitas yang tinggi untuk membuat peralatan hidroponik anda.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan hidroponik yang sebaiknya anda pahami sebelum melakukan budidaya dengan cara hidroponik. Setelah anda mengetahui kelebihan dan kekurangan hidroponik, apakah anda masih tertarik? Jika iya, selamat mencoba dan semoga sukses. Baca juga >> cara menanam hidroponik tomat.