Jenis Tanaman Obat Dan Manfaatnya

26738 views

Tanaman obat merupakan berbagai tanaman yang biasa digunakan sebagai pengobatan. Ada banyak jenis tumbuhan yang bisa dijadikan obat, baik daun, akar, buah maupun umbinya. Di Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki berbagai macam tanaman obat. Tanaman obat ini sangat baik untuk tubuh, karena merupakan cara pengobatan secara alami. Setiap tumbuhan memiliki manfaat masing-masing sesuai kandungan yang terdapat di dalam tumbuhan tersebut. Di bawah ini beberapa jenis tanaman obat dan manfaatnya :

Jenis Tanaman Obat Dan Manfaatnya

1. Bakung

Tanaman obat ini memiliki nama lain dausa, semur, fete-fete dan pete. Dan dalam bahasa Latin disebut sebagai Crinum asiaticum. Bakung memiliki kandungan titamin dan dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka dan peluruh keringat.

2. Keji beling

Tanaman ini memiliki nama lain di berbagai daerah, yaitu sambang geteh, remek daging, reundeu beureum, lire. Keji beling memiliki kadar mineral yang tinggi seperti kalium, natrium, kalsium. Selain itu juga terdapat kandungan tannis, asam silikat dan glikosida. Tanaman ini bermanfaat untuk disentri, diare, mengobati batu ginjal dan bisa menurunkan kadar kolesterol.

3. Tempuyung

Jenis tanaman obat dan manfaatnya yang perlu juga anda ketahui yaitu tempuyang. Tempuyung masuk dalam kategori tanaman obat dan memiliki nama latin Sonchus arvensis L. Kandungan pada daun tempuyung mampu menghancurkan batu ginjal.

4. Daun Ciplukan

Daun ciplukan ini memiliki nama Latin Physalis angulata. Tanaman yang memiliki warna daun hijau ini bermanfaat untuk mengobati batuk rejan, sakit tenggorok, bisul dan gondongan. Pada daun ciplukan terdapat kandungan asam klorogenat, sedangkan kulit buahnya memiliki kandungan C27H44O-H2O1 dan terdapat elaidic acid pada bijinya.

5. Blimbing Wuluh

Terdapat banyak manfaat pada blimbing wuluh, diantaranya menyembuhkan gusi yang  berdarah, gondongan, Rematik, sariawan, sakit gigi serta mengobati panu.

6. Bunga Kenop

Jenis tanaman obat dan manfaatnya yang berikutnya yaitu bunga kenop. Tanaman yang satu ini biasanya digunakan sebagai penghias halaman rumah maupun taman. Namun bunga kenop juga memiliki manfaat dalam pengobatan, diantaranya untuk mengobati batuk, sesak napas dan radang mata. Kandungan minyak asiri dan saponin berkhasiat sebagai peluruh dahak. Selain itu dapat mengatasi sakit kepala, panas serta kejang yang terjadi pada  anak akibat gangguan hati, disentri dan melancarkan buang air kecil.

tanaman obat jati belanda

tanaman obat jati belanda

7. Jati Belanda

Jati Belanda atau disebut juga jati londo, jati sabrang ini merupakan tanaman obat yang juga digunakan untuk mengatasi suatu penyakit. Tanaman yang dalam bahasa Latin G. tomentosa Kunth Sun dapat dijadikan alternatif dalam meredakan diare, kolera,  sakit perut, sembelit dan mampu menurunkan berat badan. Jati Belanda juga bisa mengobati batuk, sesak lambung dan perut kembung.

8. Kemuning

Jenis tanaman obat dan manfaatnya yang selanjutnya yaitu kemuning. Tanaman yang tergolong tanaman obat ini hampir semua bagiannya memiliki manfaat. Pada akarnya dapat dimanfaatkan untuk mengobati rematik, bisul, memar juga keseleo. Kulit batang dari kemuning ini dapat menghasilkan minyak dengan cara dibaka,r dapat mengobati gigi berlubang. Caranya dengan meneteskan minyak tersebut pada gigi yang berlubang.

9. Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing terdapat dua jenis, yakni kumis kucing berdaun kering dan basah. Kumis kucing kering memiliki manfaat digunakan sebagai bahan obat untuk memperlancar keluarnya air kemih (diuretik) dan mengobati rematik. Kumis kucing juga digunakan sebagian masyarakat untuk meredakan encok, batuk, sembelit serta masuk angin secara alami. Bahkan bukan hanya itu, daun dari tanaman kumis kucing dapat dimanfaatkan untuk mengobati radang ginjal, kencing manis, batu ginjal, penyakit syphilis.

Demikianlah beberapa jenis tanaman obat dan manfaatnya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat. Baca juga tanaman obat diabetes melitus.