Jenis Tanaman Obat Dan Khasiatnya

21864 views

Indonesia menjadi Negara agraris yang terkenal akan kekayaan rempah-rempahnya, dan memiliki berbagai macam jenis tanaman. Tanaman obat adalah sebuah tanaman yang mempunyai tugas untuk membantu dalam mencegah dan mengobati dari segala penyakit.Banyak orang yang mengembangbiakkan tumbuhan jenis obat ini, dengan memanfaatkan halaman pekarangan rumah yang ada. Memanfaatkan tumbuhan obat-obatan mampu menjaga kesehatan tubuh dan juga menghindari obat-obatan yang terbuat dari bahan kimia yang memiliki banyak efek samping yang buruk untuk tubuh.

Berikut ini jenis tanaman obat dan khasiatnyayang sering ditanam oleh masyarakat Indonesia :

Jenis Tanaman Obat Dan Khasiatnya

1. Temulawak

Jenis tanaman obat dan khasiatnya yang pertama yaitu temulawak. Temulawak merupakan tanaman obat asli Indonesia yang termasuk dalam keluarga jahe. Penyebaran tanaman temulawak banyak tumbuh di pulau Jawa, Kalimantan, dan Maluku.Tanaman temulawak memiliki karakteristik yang tumbuh sebagai semak tanpa batang, dari pangkalnya sudah berupa tangkai daun yang panjang berdiri tegak.

Penting Di Baca = Tanaman Obat Diabetes Tradisional

Temulawak dapat tumbuh subur di dataran rendah dnegan ketinggian 750 m diatas permukaan laut, dan tanaman ini dapat dipanen setelah umur 8 sampai 12 bulan, dengan ciri daun berubah warna menjadi menguning seperti akan mati. Yang biasanya digunakan untuk bahan obat-obatan adalah bagian umbinya.

Biasanya umbi temulawak akan tumbuh di pangkal batang dengan warna kuning gelap atau coklat muda, dengan diameter 1,5 cm dan panjang 6 cm, dengan baunya yang harum dan rasanya yang sedikit pahit agak pedas. Khasiat dari temulawak ini adalah untuk mengobati sakit diare, kuning, maag, pegal-pegal dan juga perut kembung.

Tanaman Obat Dan Khasiatnya

Tanaman Obat Dan Khasiatnya

2. Kunyit

Tanaman kunyit merupakan jenis tanaman obat dan khasiatnya sangat banyak sekali.Kunyit yang berupa semak dan bersifat tahunan yang tersebar di seluruh daerah tropis. Di Indonesia sendiri kunyit sering dijadikan sebagai bahan ramuan jamu, karena memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Kunyit memiliki khasiat sebagai pembersih tubuh, menghilangkan rasa gatal, dan juga dapat menyembuhkan kesemutan. Selain itu juga kunyit memiliki manfaat sebagai anti inflamasi, anti mikroba, anti oksidan, pencegah kanker, menurunkan kadar lemak darah dan koresterol, serta pembersih darah.

3. Mengkudu

Tanaman mengkudu memiliki nama yang berbeda disetiapdaerahnya. Warga Aceh sering menjadikan tanaman ini sebagai bahan dari rujak, ataupun menu buka puasa khas Aceh. Khasiat dari mengkudu adalah untuk membantu dan mengobati penyakit jantung coroner.

4. Daun dewa

Tumbuhan daun dewa tergolong tumbuhan semak yang subur pada ketinggian 0 sampai 1000 meter di atas permukaan laut. Ketinggian tanaman ini dapat mencapai 50 cm dengan daunnya yang tunggal bertangkai pendek, berbentuk bundar telur berujung lancip.

Artikel Terkait = Macam-Macam Tanaman Obat Keluarga

Khasiat dari daun dewa ini adalah sebagai antikoagulan (zat yang mempermudah dan mempercepat pembekuan darah), stimulasi sirkulasi, pencairan pembekuan darah, menghentikan pendarahan, mengurangi demam, dan juga dapat membersihkan racun.

5. Delima

Jenis tanaman obat dan khasiatnya yang perlu juga anda tahu yaitu delima.Tanaman delima memiliki buah yang mengandung banyak sekali manfaat untuk tubuh. Buah delima kaya akan antioksidan, seperti tannin dan anthocyanin.

Khasiat dengan mengonsumsi delima adalah menurunnya kadar kolesterol yang jahat, tubuh mendapatkan asupan vitamin C tang tinggi, dan aliran darah ke jantung akan meningkat.

6. Tanaman jeruk nipis

Tanaman jeruk nipis memiliki banyak sekali manfaat, selain dapat mengonsumsi buahnya sebagai minuman yang menyegarkan, ternyata buahnya juga dapat dipercaya mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.Air dari jeruk nipis memiliki khasiat sebagai obat kumur untuk menghilangkan bau mulut, mengatasi flu, batuk, demam, sembelit, dan masih banyak khasiat lainnya.

Semoga info jenis tanaman obat dan khasiatnya bisa bermanfaat.