Jenis Tanaman, Kondisi Tanaman, dan Mengapa Dapat Tumbuh Dengan Subur

43171 views

Jenis Tanaman Kondisi Tanaman Mengapa Dapat Tumbuh Dengan Subur

Jenis Dan Kondisi Tanaman Yang Dapat Tumbuh Subur Dengan Cara Hidroponik - Semakin kesini, cara budidaya tanaman hidroponik semakin digandrungi saja. Hal ini sangat bisa diterima, karena kelebihan dari cara hidroponik itu sendiri, yaitu tidak membutuhkan media tanah. Bagi anda yang hidup di kota-kota besar, mungkin semakin sulit saja untuk menemukan lahan yang luas dan subur yang cocok untuk dipakai bercocok tanam. Selain itu, media yang dibutuhkan juga tidak sulit untuk didapat, bahkan anda juga bisa menggunakan barang-barang bekas seperti botol air mineral. Namun, tidak banyak juga yang kecewa karena gagal bercocok tanam dengan cara ini, kegagalan yang sering terjadi dikarenakan banyak yang belum paham jenis tumbuhan yang dapat tumbuh subur dengan cara hidroponik dan juga kondisi yang mendukung untuk hidroponik.

Nah, agar anda tidak kecewa lagi, kenali dahulu jenis tumbuhan yang dapat tumbuh subur dengan cara hidroponik berikut ini :

  1. Sayuran Berdaun Hijau

Jenis tumbuhan yang dapat tumbuh subur dengan cara hidroponik yang pertama adalah jenis sayuran yang berdaun hijau, contohnya seperti kangkung, sawi dan bayam. Namun, yang perlu anda perhatikan adalah sebaiknya anda tidak membiarkan tumbuhan tersebut tumbuh terlalu besar, agar tidak mengganggu sirkulasi udara dan rasanya menjadi pahit. Waktu yang cocok untuk memanennya adalah pada hari ke 26 hingga hari ke 29.

  1. Timun

Jenis tumbuhan yang dapat tumbuh subur dengan cara hidroponik berikutnya adalah timun. Namun biasanya tumbuhan timun lebih membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan sayuran berdaun hijau.

  1. Selada

Tumbuhan berikutnya adalah selada. Jenis tanaman ini selain tidak membutuhkan perhatian ekstra, juga akan tumbuh dengan sangat cepat ketika daunnya telah diambil. Bibit yang biasa digunakan untuk ditanam dengan cara hidroponik adalah setelah berumur sekitar 2 minggu.

Baca juga = cara menanam selada di polybag

contoh sayuran hidroponik

Contoh Sayuran Hidroponik

Setelah anda mengetahui jenis tumbuhan yang dapat tumbuh subur dengan cara hidroponik, anda juga sebaiknya memahami kondisi yang mendukung untuk hidroponik. Hal ini dikarenakan menanam dengan cara hidroponik berbeda dengan menanam dengan cara konvensional. Kondisi yang mendukung untuk hidroponik yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut :

  1. Pencahayaan

Kondisi yang mendukung untuk hidroponik yang paling penting adalah pencahayaan. Cahaya yang dibutuhkan harus cukup namun tidak boleh berlebihan. Jika cahayanya berlebihan, akan merangsang ganggang untuk tumbuh dan mengganggu pertumbuhan dari tanaman yang anda tanam.

  1. Pengaturan Suhu

Kondisi yang mendukung untuk hidroponik yang berikutnya adalah pengaturan suhu dan pH. Pengaturan suhu dan mendapatkan pH asam dan basa sangat berpengaruh untuk menentukan tingkat kesuburan tanaman hidroponik anda.

  1. Sistem Irigasi atau Pengairan

Seperti namanya, kondisi yang mendukung untuk hidroponik selanjutnya adalah sistem pengairannya. Hal tersebut dikarenakan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman semuanya terlarut dalam air. Jika pengairannya tidak merata, maka pertumbuhan tanaman juga tidak akan merata. Oleh karena itu, anda harus benar-benar teliti untuk membuat sistem pengairan untuk tumbuhan hidroponik anda.

Karena kondisi yang mendukung untuk hidroponik di atas, banyak pembudidaya tanaman hidroponik dalam skala besar memilih untuk menggunakan rumah kaca. Karena dengan menggunakan rumah kaca sang pembudidaya bisa mengatur intensitas cahaya, suhu dan pengairan dengan lebih baik, sehingga dapat memberikan nutrisi yang baik juga. Pada siang hari, intensitas cahaya bisa diatur, bahkan anda juga bisa mengatur suhu dengan menggunakan kipas. Meskipun ini bertentangan dengan isu global warming, namun cara ini dirasa yang paling pas untuk memaksimalkan tanaman hidroponik mereka. Selamat mencoba.

Nah, jika anda sudah memahami jenis tumbuhan yang dapat tumbuh subur dengan cara hidroponik dan kondisi yang mendukung untuk hidroponik, peluang anda untuk berhasil menggunakan cara hidroponik juga akan semakain besar. Selamat mencoba. Baca juga nama tanaman hias dan gambarnya.