Jenis Jenis Tanaman Hias Dan Penjelasannya

92250 views

Tanaman hias hingga saat ini masih menjadi trend dan digemari. Kegunaannya yang beragam, mulai dari menghias jalan komplek, penghias taman, penghias kolam, sebagai tugu penyambut, hingga menghiasi ruangan rumah membuat tanaman hias banyak dipelihara. Ada beberapa jenis-jenis tanaman hias dan penjelasannya yang akan diinformasikan. Jenis-jenis tanaman hias dan penjelasannya tersebut terdiri dari tanaman hias daun, tanaman hias bunga, dan tanaman hias pohon.

Jenis Jenis Tanaman Hias Dan Penjelasannya 1 : Tanaman Hias Daun

  • Aglaonema

Tanaman ini biasa dikenal dengan nama sri rejeki. Memiliki daun lonjong dengan corak bintik, ban, atau garis mulai bagian tengah daun. Aglaonema memerlukan lingkungan yang lembab namun terdapat sinar matahari yang tidak langsung. Perawataannya dengan menghindarkan tanaman ini dari asap rokok, dan uap air semisal dari dapur dan pemangkasan pada daun yang telah layu.

Jenis Jenis Tanaman Hias Dan Penjelasannya

  • Kuping Gajah

Tanaman hias ini disebut kuping gajah karena daunnya yang lebih besar dibanding batangnya, sehingga menyerupai telinga gajah. Daunnya berwarna hijau tua dan terdapat urat hijau muda keputihan. Penempatan kuping gajah sebaiknya ditempat teduh, tetapi cukup mendapat sinar matahari tidak langsung. Media tanam yang baik digunakan adalah sekam dan humus. Untuk penyiramannya, dilakukan 1 kali sehari pada cuaca normal dan 2 kali sehari pada cuaca panas.

  • Suplir

Daun suplir yang kecil dan bernuansa segar menjadi tanaman hias yang cantik. Pemeliharaan suplir cukup sulit, suplir akan tumbuh baik di lingkungan yang bersih, lembab dan tidak terpapar sinar matahari langsung.  Tanaman ini tidak membutuhkan air yang banyak, tetapi tetap lembab. Lembab yang dimaksud adalah tidak terlalu kering ataupun terlalu basah.

Jenis Jenis Tanaman Hias

Jenis Jenis Tanaman Hias

Jenis Jenis Tanaman Hias Dan Penjelasannya 2 : Tanaman Hias Bunga

Pada tanaman hias bunga ada banyak sekali jenis-jenis tanaman hias dan penjelasannya yang bisa anda jadikan pilihan untuk ditanam. Beberapa diantaranya :

  • Anggrek

Tanaman anggrek biasa hidup dengan baik di dataran tinggi. Bunganya yang indah mampu memikat orang untuk memelihara tanaman satu ini. Tanaman anggrek sebaiknya digantung di bawah pohon yang rimbun, karena bila terkena cahaya matahari ( Tanaman Hias Tahan Panas Matahari ) langsung maka daun-daunnya akan menguning dan terbakar. Perawatannya mudah, siramlah anggrek 1 kali sehari, bila ukurannya sudah besar bisa 2 kali sehari, namun jangan berlebihan. Bila akan diberi pupuk agar subur, sebaiknya pilihlah pupuk daun dan berikan 1 kali seminggu.

  • Bunga Bakung

Bunga ini dikenal juga dengan bunga lili, aromanya harum dan bunganya cantik. Untuk perawatan bunga bakung tidak begitu merepotkan, bunga cukup dipupuk sekali dalam sebulan sedangkan penyiramannya jangan terlalu sering, sekali sehari saja sudah cukup.

  • Mawar

Mawar memiliki banyak warna seperti merah, pink, putih, hingga oranye. Mawar banyak ditanam, karena selain indah perawatannya juga tidak sukar. Anda hanya perlu menyiraminya setiap sore hari, dan memangkas ranting dan daunnya yang telah mengering.

Baca Juga :  Pengertian Budidaya Tanaman Hias

Jenis Jenis Tanaman Hias Dan Penjelasannya 3 : Tanaman Hias Pohon

  • Bambu Jepang

Tumbuhan asal Jepang dan Cina yang indah ini cocok untuk anda jadikan penutup tembok yang tinggi, ditanam di sekitar batuan kolam, atau pada pagar sebagai pembatas yang cantik.

  • Bugenvil

Tumbuhan ini berbunga dengan warna yang cerah seperti ungu pink dan putih. Bila ditanam pada taman atau halaman rumah, akan memunculkan kesan ramai dan cerah. Dapat juga anda tanam di pinggir kolam ikan untuk menambah keindahan.

  • Cemara Udang

Cemara jenis ini memiliki batang yang meliuk-liuk indah, serta daun yang susunannya cantik cocok ditanam dengan tidak bergerombol, sehingga nilai estetiknya terlihat jelas. Semoga info jenis-jenis tanaman hias dan penjelasannya di atas bisa bermanfaat.