Ekosistem Budidaya Tanaman Hias

16339 views

Ekosistem budidaya tanaman hias sangat beragam. Banyak orang yang suka dengan tanaman hias, tanaman hias banyak didapat di toko bunga maupun di tepi jalan. Keindahan dan keunikan dari tanaman hias menjadikan tanaman ini sering dicari dan juga dibudidaya. Pengertian tanaman hias itu sendiri adalah semua tumbuhan yang berbentuk merambat, perdu, semak, ataupun pohon yang disengaja ditanam sebagai komponen taman, penghias ruangan, kebun rumah, kompenen busana atau riasan, upacara serta menjadi komponen kerangka bunga. Bunga yang sudah dipotong dari pohonnya juga termasuk sebagai tanaman hias. Tanaman hias juga dapat diartikan ke dalam salah satu pengelompokan berdasarkan fungsi dari tanaman hortikulutura.

Bagian tanaman hias yang sering dimanfaatkan orang tidak hanya bunganya saja, namun kesan dari keindahan tanaman itu sendiri seperti keindahan daun, buah, warna, batang, bahkan aroma. Melakukan pembudidayaan tanaman hias dilakukan sebagai pemenuhan kebutuhan akan pekerjaan taman. Secara umum tanaman menjadi suatu yang penting terhadap pengelolaan suatu area, karena berkaitan dengan penataan ruang lingkungan.

Ekosistem Budidaya Tanaman Hias

Membudidayakan tanaman hias dikategorikan menjadi 3 bagian yaitu :

  1. Budidaya tanamanhias sebagai penutup tanah, jenis rumput-rumputan (rumput gajah, rumput jepang, rumput kucai)
  2. Budidaya tanaman hias sebagai semak yang biasanya digunakan untuk border atau pagar. Tanaman hias ini biasanya berbunga warna-warni dan ada yang memiliki bunga ada juga yang tidak memiliki bunga (puring, teh-tehan, soka, widelia)
  3. Budidaya tanaman keras sebagai pelindung atau peneduh. Tanaman ini dibudidaya dengan cara menyemai dari biji dapat pula dibudidaya dengan skala banyak akan tetapi umumrnya lebih lama hingga mencapai tahunan. Di kota banyak yang membudidayakan tanaman dengan kategori ini sebagai menambah keindahan tata ruang (asembelanda, beringin, jati mas)

Baca Juga = Cara Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Adapun ekosistem budidaya tanaman hias diantaranya :

1. Hutan hujan tropis

Ekosistem budidaya tanaman hias yang pertama yaitu hutan hujan tropis.Tanaman hias yang hidup di ekosistem hutan hujan tropis antara lain, daun kuping gajah (AnthuriumCrystallinum). Tanaman hias ini memiliki penampilan yang menarik pada bentuk, pola hiasanan daunnya, dan juga pada warnanya.Daun pada tanaman ini berbentuk jantung dan lebih besar dibandingkan dengan ukuran batangnya.

Karena memiliki daun yang lebar dan menyerupai kuping gajah sehingga tanaman ini dijuluki tanaman kuping gajah.Daun kuping gajah memiliki warna hijau gelap seperti beludru dengan tulang daun yang berupa urat-urat hijau muda keputihan membentuk pola hiasan berwarna perak.

Budidaya Tanaman Hias

Budidaya Tanaman Hias

2. Pegunungan

Ekosistem budidaya tanaman hias yang kedua yaitu pegunungan.Tanaman hias yang sangat terkenal yang memiliki ekosistem dipegunungan salah satunya adalah Edelweis.Banyak para pendaki gunung yang menganggap edelweiss sebagai suatu bukti penaklukan puncak gunung dengan ketinggian tertentu.Edelweiss memiliki ciri yang khusus, dengan adanya lapisan serat putih menyelubungi tangkai daun dan bunganya, sebagai adaptasi bunga dengan iklim ketinggian.

Bunga dari edelweiss walaupun sudah dipetik dari tanamanya tidak mengalami perubahan, sehingga sangat cocok sebagai tanaman hias.Namun saat ini tanaman ini menjadi tanaman lindung yang tidak boleh dipetik, hanya saja para pendaki dapat mengambil tanaman edelweiss yang sudah jatuh atau rusak.

Artikel Terkait = Pengertian Tanaman Hias Bunga

3. Rawa-rawa

Ekosistem budidaya tanaman hias ketiga yaitu rawa-rawa.Tanaman hias dengan ekosistem di rawa-rawa salah satunya adalah teratai.Teratai merupakan tanaman hias yang sangat indah yang mengapung diatas permukaan air dengan tegak, daun dan bunga teratai seolah menjadi satu karena tanaman teratai tidak memiliki batang yang Nampak begitu terlihat atau menonjol.Yang menarik dari tanaman ini permukaan daun teratai berlilin.

4. Gurun

Ekosistem budidaya tanaman hias keempat yaitu gurun.Tanaman hias yang ekosistemnya di gurun yang sangat terkenal adalah adenium.Tanaman adenium memiliki bunga yang sangat indah dengan warna-warni yang berbeda setiap tumbuhannya.