Durian Bawor Inilah Montongnya Banyumas

25668 views

Durian Bawor Inilah Montongnya Banyumas - Mungkin durian bawor belum seakrab durian montong di telinga anda, namun percayalah jika durian bawor bukan tipe durian murah dan ecek-ecek yang akan Anda sepelekan. Anda dijamin akanmerasa ketagihan ketika sudah mencobanya sekali. Seperti judulnya yaitu “ durian bawor inilah montongnya Banyumas ” anda pasti sudah bisa menebak bahwa durian ini berasal dari Kota Banyumas. Namun sebernarnya, apa yang membuat durian bawor ini begitu istimewa? Berikut adalah beberapa penjelasan durian bawor yang perlu anda ketahui.

Durian bawor juga disebut dengan durian dengan kaki banyak.Mengapa begitu? Karena durian ini memang dibudidayakan khusus dengan caramenyambungnya dengan dahan-dahan dari pohon durian lain yang juga memiliki kualitas bagus. Meskipun semakin ke sini, semakin banyak orang yang menjual bibit durian bawor, sehingga anda tinggal menanamnya secara biasa tanpa perlu menyambung kakinya.

Durian Bawor Inilah Montongnya Banyumas

Durian Bawor Inilah Montongnya Banyumas

Jika menelisik sejarahnya, seperti judulnya “durian bawor inilah Montongnya Banyumas”, durian ini pertama kali dibudidayakan oleh seorang guru SD bernama Sarno Ahmad Darsono yang tinggal di Kemranjen, Banyumas di tahun 1996. Durian bawor juga disebut dengan Durian Bhineka Bawor. Pada percobaanya Sarno tidak tanggung-tanggung dalam melakukan okulasi pohon durian ini, beliau langsung mengokulasi sekitar 20 jenis pohon durian dan tentu saja jenis yang digunakan adalah kebanyakan jenis durian lokal. Bapak Sarno ini dari awal memang menginginkan dapat menghasilkan produk buah durian yang dapat menyaingi durian Thailand yang terkenal itu karena dagingnya yang tebal dan rasanya yang tidak perlu diragukan lagi.

Durian bawor ini bisa menghasilkan buah yang sangat besar dan juga daging buahnya berwarna oranye sehingga membuat siapa saja yang melihatnya ingin segera menyantapnya hingga habis. Dagingnya juga sangat tebal dengan biji yang sangat tipis, jadi anda akan puas meskipun baru menyantap satu buah durian bawor.

Baca Juga = Cara Menanam Semangka Dalam Polybag

Beberapa orang senang melakukan budidaya durian bawor karena memiliki beberapa keunggulan seperti berikut ini

  • Pohonnya tidak mudah roboh dan tidak terlalu tinggi karena ada tambahan kaki baru.
  • Pohon durian bawor dapat ditanam pada ketinggian sekitar 600 mdpl, yang berarti hampir bisa ditanam dimana saja di Indonesia.
  • Cara menanamnya memiliki nilai seni dan keasyikan sendiri, karena anda akan memberikan kaki baru.
  • Buahnya dijamin akan seperti bibit induknya karena berasal dari bibit yang vegetative.
  • Pohonnya lebih cepat berbuah jika dibandingkan dengan pohon durian jenis lainnya.
  • Pohon durian bawor lebih tahan meskipun dalam cuaca yang sangat panas karena lebih memiliki cadangan makanan yang banyak.
  • Memiliki nilai ekonomi yang sangat menjanjikan, dan yang lain sebagainya.

Durian Bawor Inilah Montongnya Banyumas karena memiliki daging buah yang sangat tebal bahkan buahnya sangat besar, lebih besar jika dibandingkan dengan durian montong.Kelegitan rasaya juga tidak perlu diragukan lagi. Karena ada beberapa orang yang lebih suka mengkonsumsi buah durian yang belum terlalu matang, durian bawor menjanjikan akan tetap terasa sangat legit dan nikmat meskipun dikonsumsi pada saat masih setengah matang.

Baca Juga = Bibit Durian Unggul Yang Cepat Berbuah

Bahkan, saking sangat menjanjikannya budidaya durian bawor ini, banyak penjual bibit durian bawor asal Banyumas atau kota kota lainnya yang siap mengantarnya ke seluruh Indonesia dengan menggunakan mobil bak terbuka. Dengan minimal order pastinya.

Jika anda telah mengetahui tentang kelebihan durian baworini, apakah anda tertarik untuk membudidayakannya? Mengapa tidak? Durian Bawor Inilah Montongnya Banyumas yang akan menyaingi durian montong sekaligus durian Thailand yang sudah terkenal dari dulu. Jika anda ingin membudidayakannya, semoga sukses.