Contoh Tumbuhan Dikotil Beserta Nama Latin

42597 views

Tumbuhan yang sering anda lihat, sebagian besar adalah tanaman yang masuk dalam kategori tumbuhan dikotil. Tumbuhan dikotil disebut juga dengan tumbuhan dikotiledonae, yaitu tanaman berbunga yang dikenal sebagai angiosperma yang memiliki biji berkeping dua.Pada tumbuhan dikotil terdapat biji yang terbelah menjadi dua, yang memiliki sepasang daun lembaga yang sudah terbentuk sejak dalam tahap biji atau dalam proses perkecambahan. Spesies dari tumbuhan dikotil diperkirakan mencapai 250ribu spesies tumbuhan yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut ada beberapa contoh tumbuhan dikotil beserta nama Latin dan juga ciri-cirinya :

Ciri-Ciri Dari Tumbuhan Dikotil Diantaranya Yaitu :

  1. Tumbuhan dikotil memiliki keping biji yang dapat terbelah menjadi dua.
  2. Tumbuhan dikotil memiliki dua daun lembaga yang terbentuk sejak tahapan biji yang sebagain besar anggotanya memiliki bebijian yang mudah sekali terbelah menjadi dua. Daun tumbuhan dikotil memiliki bentuk dan pola daun yang cenderung menjari dan menyirip.
  3. Akar pada tumbuhan dikotil memiliki bentuk tunggang dengan akar utama yang lebih besar dari akar sekunder. Dibagian tudung akarnya tidak dilengkapi dengan tudung akar. Karena akar pada tumbuhan dikotil memiliki fungsi untuk menyimpan makanan pada organ akarnya terdapat cambium.
  4. Jumlah kelopak bunganya memiliki kelipatan dari empat terkadang juga lima.
  5. Tumbuhan dikotil memiliki batang yang bercabang dengan ruas batang yang tidak jelas.
Contoh Tumbuhan Dikotil Beserta Nama Latin

Contoh Tumbuhan Dikotil Beserta Nama Latin

Contoh Tumbuhan Dikotil Beserta Nama Latin Secara Ilmu Biologi :

1. Jarak-Jarakan Dengan Nama LatinnyaEuphorbiaceae

Contoh tumbuhan dikotil beserta nama Latin yang pertama yaitu jarak-jarakan. Jarak merupakan tanaman yang liar yang sering ditemukan di hutan, lahan kosong, daerah pantai, serta sering juga ditemukan di perkebunan.

Ciri-ciri pada tumbuhan jarak yaitu memiliki batang yang berbentuk bulat licin, berbuku-buku, berongga, dengan tangkai daun yang lepas.Warna pada daun jarak biasanya berwarna hijau tua diarea permukaan atas dan berwarna hijau muda di area permukaan bawah daun.

Contoh tumbuhan dikotil yang masuk ke dalam kelompok ini yaitu tumbuhan ubi-ubian, pohon jarak, ceremai, pohon karet, puring, mimosaceae, dan masih banyak tumbuhan jenis jarak-jarakan lainnya.

2. Jambu-Jambuan Dengan Nama Latin Myrtaceae

Contoh tumbuhan dikotil beserta nama Latin yang kedua yaitu jambu-jambuan. Tumbuhan jambu-jambuan merupakan tumbuhan yang banyak dikenal dan juga dimanfaatkan oleh manusia, karena didalamnya terdapat sejumlah tanaman buah-buahan, tanaman obat, serta tanaman hias.

Ciri-ciri tumbuhan jambu memiliki bunga yang banyak kelopak dengan cacah dasar lima, akan tetapi ada beberapa tanaman jambu yang tidak memilikinya. Selain itu, bakal buahnya memiliki banyak bakal biji.

Jenis tumbuhan jambu misalnya jambu biji, jambu monyet, jambu mawar, bunga sikat botol, cengkeh, dan tumbuhan jambu-jambuan jenis lainnya.

3. Terong-Terongan Dengan Nama Latin Solanaceae

Contoh tumbuhan dikotil beserta nama Latin ketiga yaitu terong-terongan. Beberapa tumbuhan terong-terongan menjadi bahan pangan bagi manusia diberbagai belahan dunia.

Tumbuhan terong-terongan memiliki ciri-ciri berupa pohon, perdu, semak yang memiliki daun tunggal dengan tepi daun yang berlekuk.Tumbuhan ini memiliki bunga terompet yang buahnya berupa buah kotak atau buah buni.

Contoh dari tanaman ini yaitu cabai merah, cabai rawit, tembakau, kecubung, kentang, terung, dan tomat.

4. Polong-Polongan Dengan Nama Latin Leguminoceae

Contoh tumbuhan dikotil beserta nama Latin yang keempat yaitu polong-polongan. Tumbuhan polong-polongan atau Leguminoceae merupakan salah satu tumbuhan dikotil yang terbesar karena memiliki bermacam-macam kegunaan.

Dari bagian biji, bunga, batang, daun, hingga akarnya memiliki kegunaan sebagai bahan makanan, bumbu masak, minuman, pakan ternak, hingga dapat menjadi bahan pengobatan.

Ciri-ciri dari tumbuhan ini adalah dengan memiliki biji berkotil dua dengan buah bertipe polong.Tanaman ini memiliki daun yang majemuk berpasangan. Contoh tumbuhan ini adalah kedelai, kacang tanah, buncis, kapri, dan tumbuhan polong-polongan lainnya. Semoga bermanfaat.