Contoh Cara Membuat Bonsai Beringin

74039 views

Contoh Cara Membuat Bonsai Beringin - Bagi para pecinta tanaman hias, bonsai merupakan salah satu jenis tanaman hias yang paling disukai. Hal tersebut wajar saja, karena tanaman bonsai ini bisa dibentuk sedemikian rupa untuk menjadi seperti yang diinginkan sesuai dengan imajinasi setiap orang. Salah satu jenis bonsai yang memiliki cukup banyak penggemar adalah bonsai beringin. Karena memiliki banyak penggemar hingga sekarang, tidak mengherankan jika satu pohon bonsai memiliki harga yang cukup mahal, bahkan hingga jutaan rupiah. Karena harganya yang tidak murah itulah sebagian orang lebih memilih untuk membuat sendiri bonsai yang mereka inginkan, dan mulai mencari-cari contoh cara membuat bonsai beringin.

Baca juga = cara membuat bonsai kelapa bercabang

Bonsai ini sendiri merupakan pohon yang sengaja dikerdilkan atau dibiarkan ukurannya menjadi lebih kecil dari yang seharusnya. Biasanya bonsai ditanam di dalam pot untuk dijadikan sebagai miniatur dari pohon aslinya. Proses untuk membuat bonsai biasanya memakan waktu yang cukup lama, tergantung dari tingkat kesulitannya. Tanaman bonsai ini memiliki bentuk dasar berupa tegak lurus, menggantung, setengah menggantung, sapu tegak, berbatang, batang bergelung dan lain sebagainya.


Contoh Cara Membuat Bonsai Beringin


Contoh Cara Membuat Bonsai Beringin

Jika anda benar-benar ingin membuatnya sendiri, berikut ini adalah cara membuat bonsai beringin yang bisa dilakukan :

  1. Persiapan Untuk Membuat Bonsai Beringin

Persiapan yang perlu anda lakukan untuk membuat bonsai beringin tidak berbeda dengan membuat bonsai-bonsai lainnya. Persiapannya adalah dengan menyiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan, berupa bonggol tanaman bonsai yang ingin anda bentuk, pot untuk menaruh tanaman bonsai anda, kawat stainless yang halus kira-kira yang memiliki ketebalan 3 mm, media tanam bonsai berupa tanah atau yang lainnya yang memiliki unsur hara yang rendah dan gunting khusus yang digunakan untuk tanaman.

  1. Langkah dan cara membuat bonsai beringin

Jika semua alat yang dan bahan yang dibutuhkan sudah komplit, saatnya anda membuat tanaman bonsai anda. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Tanam pohon beringin pada media tanam yang telah anda persiapkan. Pastikan bahwa media tanam anda tidak memiliki unsur hara yang tinggi. Hal ini dimaksudkan agar bonsai anda tidak tumbuh menjadi terlalu besar dan proses pembentukannya akan menjadi sulit.
  • Gunakan kawat stainless anda untuk menahan bentuk bonsai yang sudah anda bentuk seperti keinginan anda, anda bebas berkreasi dan berimajinasi disini untuk menciptakan bentuk yang unik. Gunakan kawat tersebut dengan cara melilitkannya. Anda harus memastikan lilitan anda kuat, namun jangan sampai menyebabkan dahan bonsai anda patah, karena akan merusak bentuk bonsai anda. Lilitan ini bisa dilepas sampai anda merasa puas dengan bentuk yang telah terlihat.
  • Di saat anda sudah selesai membentuk bonsai anda dan sedang menunggu bonsai siap untuk dilepas lilitannya, lakukan pemupukan agar kesehatan bonsai anda tetap terjaga. Pada umumnya, kandungan yang ada pada pupuk yang digunakan untuk bonsai adalah fosfor, nitrogen dan potassium.
  • Setelah bonsai anda telah memilih bentuk seperti yang anda inginkan, jangan lupa untuk menjaga bentuknya agar tetap indah, dengan cara memangkasnya secara berkala. Cara ini diperlukan untuk menjaga bentuk bonsai anda.

cara membuat bonsai beringin di atas batu

Itulah cara membuat bonsai beringin. Cukup mudah untuk anda praktekkan bukan? Yang harus anda perhatikan adalah ketika memilih bonggol pohon yang akan anda jadikan bonsai. Pilih bonggol yang sehat dan tidak memiliki banyak luka, namun jangan gunakan bonggol yang terlalu besar. Ini karena anda akan lebih sulit untuk membentuknya, dan akan membutuhkan wadah yang besar juga. Jika anda sudah mengetahui bagaimana cara membuat bonsai beringin, mengapa anda tidak mencobanya? Selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga cara budidaya jahe gajah dalam polybag.