Ciri Ciri Tanaman Kacang Hijau

39903 views

Tanaman kacang adalah jenis kacang kacangan yang hidup di daerah tropis, kacang hijau memiliki banyak sekali ciri ciri yang dapat dikenali. Ciri ciri tanaman kacang hijau yang pertama yaitu dapat tumbuh hingga 3 meter tingginya. Biasanya tanaman ini dapat tumbuh dengan baik serta maksimal dengan tingginya yang mencapai 3 meter.

Tanaman kacang hijau juga memiliki batang yang bercabang dan tegak. Biasanya cabang dari batangnya cukup banyak dan memiliki panjang yang berbeda beda. Batang-batang ini kemudian memiliki bunga dengan bentuk mirip kupu-kupu. Bentuk bunganya yang mirip dengan kupu-kupu membuat tanaman kacang hijau memiliki keindahan tersendiri serta unik.

Bunga dari kacang hijau inilah yang nantinya akan muncul biji kacang hijau. Biji kacang hijau biasanya berwarna hijau pada bagian kulitnya, kemudian pada bagian dalamnya berwarna putih. Biji kacang hijau inilah yang kemudian dimanfaatkan manusia untuk bahan makanan. Kacang hijau memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia. Terlebih kacang hijau memiliki rasa yang sangat lezat setelah diolah.

Ciri Ciri Tanaman Kacang Hijau

Ciri Ciri Tanaman Kacang Hijau

Kemudian ciri ciri tanaman kacang hijau yang lainnya yaitu hidupnya ada di dataran rendah. Bisa memang hidup di dataran tinggi, namun tidak dapat memberikan hasil yang lebih banyak ketika di panen. Karena itu anda dapat menjumpai tanaman kacang hijau umumnya di daerah dataran rendah. Kacang kacangan memang biasanya hidup di dataran rendah begitupun dengan tanaman kacang hijau.

Ciri ciri tanaman kacang hijau lainnya juga memiliki dua jenis pada biji atau kacangnya. Yaitu ada yang berwarna hijau dan ada yang berwarna keemasan. Namun kacang yang berwarna hijaulah yang biasanya paling sering digunakan untuk membuat berbagai makanan. Kacang hijau di Indonesia biasanya dibuat ke makanan seperti kue cina, bakpao, bakpia, dan lain sebagainya. Makanan tersebut adalah makanan tradisional Indonesia yang biasanya menggunakan isi kacang hijau.

Kacang hijau juga digunakan sebagai salah satu sayuran, yaitu sayuran toge. Orang Indonesia sudah tidak asing lagi dengan sayuran yang satu ini. Taoge berasal dari tanaman kacang hijau yang sudah bertunas, dan tunas tersebutlah yang menjadi taoge. Taoge dapat anda jumpai banyak di pasaran. Dan sayuran yang satu ini biasanya digunakan sebagai lalapan ataupun campuran makanan yang lainnya.

Baca Juga = Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

Tanaman kacang hijau juga dapat tumbuh di sembarang tempat apabila bijinya terbuang atau tersebar di tanah. Namun tanaman ini hanya dapat tumbuh di jenis tanah yang subur atau jenis tanahnya yang dapat ditumbuhi kacang-kacangan. Tanaman kacang hijau juga membutuhkan waktu untuk mendapat sinar matahari dengan intensitas 10 jam perhari. Sinar tersebut dibutuhkan untuk melakukan proses fotosintesis. Karena itu apabila anda ingin menanam tanaman kacang hijau, harus memilih tempat yang pas dan tepat supaya tanaman dapat tumbuh dengan baik serta maksimal.

Tanaman kacang hijau memang banyak digemari masyarakat, karena kacangnya yang dapat dibuat ke berbagai macam makanan. Apalagi kacang hijau mengandung vitamin B1 yang berguna untuk pertumbuhan serta vitalitas laki-laki. Kemudian kacang hijau juga bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan serta perkembangan janin yang ada di dalam kandungan menjadi optimal. Kacang hijau memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia, karena itu anda dapat konsumsi kacang hijau secara teratur. Bagi Anda yang memiliki riwayat anemia, kacang hijau dipercaya dapat mengatasi kurang darah atau anemia tersebut.

Demikianlah ciri ciri tanaman kacang hijau dan beberapa manfaatnya yang bisa anda dapatkan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.