Cara Tanam Hidroponik Sayuran

62348 views

Cara Tanam Hidroponik Sayuran - Anda yang menyukai bercocok tanam dengan cara-cara yang kreatif dan suka bereksperimen, cara tanam hidroponik adalah salah satu jawabannya. Hal dikarenakan cara bercocok tanam secara hidroponik berbeda dengan cara biasanya yang menggunakan media tanam tanah. Dengan cara hidroponik, anda tidak membutuhkan tanah sama sekali. Selain itu, anda tidak membutuhkan lahan yang banyak seperti jika anda menanam dengan cara yang biasanya.

Dengan menggunakan cara menanam hidroponik, anda hanya membutuhkan sedikit tempat dan bahkan anda bisa mengaturnya sesuai dengan imajinasi dan kreatifitas anda. Cara hidroponik ini biasanya diterapkan untuk menanam sayuran, jadi tidak salah jika banyak orang yang mencari cara tanam hidroponik sayuran.(Baca juga >> cara menanam hidroponik tomat)

Seperti namanya, cara hidroponik merupakan suatu cara menanam yang tidak menggunakan media tanah, melainkan dengan menggunakan media air. Air yang dimaksudkan adalah air nutrisi yang berfungsi untuk memberikan nutrisi berupa unsur hara mikro dan hara makro yang biasa didapatkan tanaman dalam hal ini sayuran dari tanah.


Cara Tanam Hidroponik Sayuran


Jika anda masih tergolong pemula, ada dua cara tanam hidroponik sayuran yang mudah untuk anda coba, yaitu cara WICK dan cara NFT. Berikut adalah kedua cara tanam hidroponik sayuran tersebut :

  1. Cara WICK

Cara tanam hidroponik sayuran yang pertama ini merupakan salah satu cara hidroponik yang paling mudah, dan bisa dibilang salah satu cara yang paling sering digunakan juga. Untuk menggunakan cara ini, bahan yang anda butuhkan adalah botol air mineral bekas, media tanam bisa berupa sekam, alat pemotong dan untuk membuat lubang, sumbu atau kain untuk menyerap nutrisi dan tentu air nutrisi.

Cara Tanam Hidroponik Sayuran

Cara Tanam Hidroponik Sayuran Metode Wick

Cara membuatnya :

  • Buat botol bekas anda menjadi dua bagian dengan cara memotongnya.
  • Buat lubang pada tutup botol dan juga bagian lain yang berdekatan dengan tutup botol, pastikan lubang yang anda buat pas dengan sumbu yang sudah anda siapkan.
  • Pasangkan sumbu pada lubang ditutup botol dan biarkan pada ekornya memanjang, karena akan berfungsi untuk menyerap nutrisi.
  • Isi media tanam anda pada bagian atas tutup botol dan buat botolnya menghadap ke bawah, sekalian tanam bibit sayuran yang sudah anda siapkan.
  • Isi air nutrisi pada bagian bawah botol dan satukan kembali botol tersebut.

 

  1. Cara Nutrient Film Technique atau NFT

Cara tanam hidroponik sayuran dengan teknik ini sudah lebih canggih, dan bahan yang dibutuhkan juga lebih banyak. Pada beberapa negara maju alat untuk menanam hidroponik dengan sistem NFT ini sudah diproduksi masal dan dijual belikan dengan mudah, sehingga anda tidak perlu membuatnya sendiri, berbeda dengan di Indonesia. Namun dengan teknik ini pengairan nutrisi anda jelas lebih terjamin daripada dengan teknik cara tanam hidroponik yang pertama.

cara tanam hidroponik sayuran

Cara Tanam Hidroponik Sayuran Metode NFT

Alat yang dibutuhkan untuk membuat tempat menanam hidroponik dengan cara ini berupa tangki, atau tempat lainnya untuk menampung yang berukuran besar, pipa, media tanam dan juga pompa air. Jadi besar kemungkinan anda membutuhkan biaya yang lumayan jika ingin menggunakan teknik NFT ini. Cara membuatnya tentu saja tergantung anda, karena seperti yang sudah disebutan sebelumnya, cara hidroponik tergantung pada kreatifitas dan imajinasi anda. Pada intinya anda harus membuat lubang pada pipa untuk tempat menanmnya dan memasangnya di atas tangki penampung, dengan catatan pipa tersebut memiliki kemiringan agar air nutrisi bisa mengalir.

Itulah dua cara tanam hidroponik sayuran yang paling mudah dan paling populer. Jika anda sudah semakin mahir, anda bisa menggunakan teknik lainnya yang lebih rumit dan kompleks. Selamat mencoba. Baca juga >> cara membuat hidroponik di rumah.