Cara Mudah Menanam Sayuran Di Lahan Yang Sempit

30385 views

Menanam sayuran di lahan yang sempit tidaklah sulit - Memiliki lahan yang sempit merupakan salah satu masalah yang sering terjadi bagi anda yang hidup di kota-kota besar, dimana di lingkungan anda lebih banyak terdapat gedung-gedung pencakar langit dibandingkan dengan lahan yang bisa anda gunakan untuk aktifitas tanam menanam. Bagi anda yang memiliki hobi bercocok tanam, hal tersebut tentu saja mengganggu hobi anda. Namun bagi anda yang pintar memutar otak, anda pasti bisa menemukan cara menanam sayuran di lahan yang sempit.

Menanam sayuran sendiri dapat memberikan efek relaksasi bagi anda setelah melakukan full aktifitas dan tekanan pada saat di kantor. Menyenangkan rasanya mengisi waktu senggang dan hari libur anda dengan menanam sayuran di lahan yang sempit, yang ada di sekitar rumah anda dengan keluarga, lalu dapat menikmatinya bersama-sama saat santap makan bersama keluarga anda.


Menanam Sayuran Di Lahan Yang Sempit


Berikut adalah beberapa contoh cara menanam sayuran di lahan yang sempit yang patut anda coba :

  1. Dengan Menggunakan Polybag

Menanam sayuran di lahan yang sempit seperti ini sangatlah gampang. Harga polybag sangat murah, polybag juga memiliki beberapa varian ukuran dan kualitas bahan material yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Beberapa bahan yang diperlukan untuk menanam sayuran dengan menggunakan polybag ini antara lain : tanah gembur yang subur, kompos untuk menyediakan kebutuhan unsur hara yang lebih maksimal, dan tentu saja bibit sayuran yang ingin anda tanam.

Cara Mudah Menanam Sayuran Di Lahan Sempit

Cara Mudah Menanam Sayuran Di Lahan Sempit Dengan Polybag

Sayuran yang cocok untuk ditanam dengan menggunakan polybag diantaranya kentang, kangkung, sawi, seledri, daun bawang dan masih banyak yang lainnya. Perawatan untuk menanam tumbuhan tersebut juga tidak rumit, anda hanya perlu menyiramnya beberapa hari sekali, dan membersihkan tanaman liar yang dianggap mengganggu. Polybag juga gampang untuk disusun dan ditempatkan sesuka anda.

  1. Dengan Menggunakan Hidroponik

Menanam sayuran di lahan yang sempit juga bisa dilakukan dengan cara hidroponik. Selain itu, cara ini juga tidak membutuhkan media tanah sebagai media utama untuk menanamnya, berbeda dengan cara menanam menggunakan polybag. Meskipun di Indonesia bercocok tanam dengan menggunakan cara ini belum sepopuler di negara-negara maju, namun cara ini patut anda coba. Anda bisa mencoba dengan teknik yang paling mudah dibuat dahulu, yaitu dengan sistem wick atau sistem sumbu.

Alat dan bahan yang anda butuhkan juga tidak rumit dan mudah didapat. Yang perlu diperhatikan jika anda ingin menggunakan cara ini adalah asupan air nutrisinya, karena tanaman hidroponik hanya mendapatkan asupan nutrisi dari air nutrisinya.

Cara menanam sayuran di lahan yang sempit seperti ini sangat cocok untuk sayuran berdaun hijau, seperti selada, kangkung, sawi, bayam dsb. Bahkan cara ini juga bisa digunakan untuk menanam tanaman yang berbuah, seperti mentimun dan tomat. (Baca >> cara menanam hidroponik tomat)

  1. Dengan Membuat Kebun Vertikal

Di luar negeri, membuat kebun sayuran mini berbentuk vertikal sudah banyak digunakan. Anda juga dapat menggunakan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi. Anda bisa menggunakan bekas rak sepatu yang sudah tidak anda gunakan. Anda cukup memberinya gantungan yang lebih kuat, dan memberi lubang di bawahnya untuk memberinya tempat pembuangan.

Menanam Sayuran Di Lahan Yang Sempit Dengan Rak Sepatu

Menanam Sayuran Di Lahan Sempit Dengan Rak Sepatu

Isi setiap tempat sepatu dengan tanah yang gembur, dengan begitu media tanam dari rak sepatu gantung dari plastik siap ditanamai. Rak sepatu ini juga bisa anda gantung ditempat yang anda suka. Cukup efektif untuk anda yang memiliki lahan sempit.

Itulah beberapa cara menanam sayuran di lahan yang sempit yang sangat mungkin untuk anda praktekkan. Selamat mencoba. Baca juga cara bercocok tanam di lahan sempit.