Cara Merawat Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah

122247 views

Buah yang memiliki nama Latin Angifera Indica ini adalah, jenis buah yang banyak di jumpai di negara kita, Indonesia. Tanaman yang mempunyai rasa buah yang manis ini terbilang tanaman yang mudah dalam perawatannya. Meskipun cara merawat pohon mangga agar cepat berbuah tidak membutuhkan perawatan yang intens, namun tumbuhan ini akan tetap tumbuh dengan baik.

Mangga sendiri memiliki banyak sekali jenis, seperti mangga apel, mangga harum manis, mangga indramayu, mangga madu, mangga manalagi, mangga kueni, mangga golek, mangga indramayu dan lain sebagainya. Buah yang satu ini tidak hanya enak dinikmati, tapi juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan maupun kecantikan. Antara lain untuk menurunkan kadar kolesterol, mencegah dari penyakit kanker, meredakan flu dan melancarkan sistem pencernaan. Karena kelezatan dan berbagai manfaatnya tersebut, membuatnya diminati banyak orang. Sehingga banyak sekali petani yang membudidayakan pohon mangga.

Cara Merawat Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah

Terdapat beberapa cara merawat pohon mangga agar cepat berbuah yang bisa dilakukan. Berikut ini beberapa diantaranya :

Pemilihan Bibit Mangga

Ada beberapa yang bisa ditempuh dalam penanaman buah mangga, salah satunya dengan cangkokan. Apabila anda baru akan memulai untuk menanam pohon mangga, maka pilihlah bibit mangga yang merupakan hasil cangkokan. Hal ini dikarenakan bibit mangga hasil dari cangkokan akan jauh lebih cepat untuk berbuah. Anda bisa mendapatkannya dengan mencangkok sendiri, maupun membelinya dari para penjual tanaman buah.

Baca Juga = Cara Menanam Mangga Agar Cepat Berbuah

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bibit pohon mangga agar bisa mendapatkan bibit yang unggul. Langkah pertama yaitu menanyakan secara langsung akan detail dari jenis cangkokan mangga yang anda inginkan. Kemudian carilah pohon mangga yang memiliki batang yang tegak, terlihat subur dan belum memiliki cabang yang banyak.

Dan apabila anda ingin mencangkoknya sendiri, pilihlah pohon yang mempunyai buah mangga yang bagus. Kemudian mempunyai kualitas cabang yang terlihat tumbuh subur, dan pada buahnya tidak terserang hama maupun penyakit. Perhatikan juga setiap tahapan dalam mencangkok, lakukan dengan benar agar menghasilkan akar yang banyak dan memiliki kualitas yang unggul.

Apabila cangkokan tersebut sudah berakar, lakukan pemotongan pada bagian bawah cangkokan, kira-kira 2 sampai 5 cm dari daerah cangkokan. Kemudian siapkan polybag yang sudah diisi media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang, untuk memindahkan cangkokan. Biarkan cangkokan hingga sekitar sebulan, sampai bibit dari cangkokan ini benar-benar tumbuh. Dengan mencangkok sendiri anda bisa tahu dengan pasti akan kualitas pohon yang dipilih.

 

Cara Merawat Pohon Mangga Supaya Cepat Berbuah

Cara Merawat Pohon Mangga Supaya Cepat Berbuah

Cara Merawat Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah

Pastikan pada area pohon mangga bersih dari gulma maupun rumput. Kemudian lakukan juga pemupukan dimulai dari usia penanaman mencapai 2 bulan. Sebaiknya gunakan pupuk kandang dalam melakukan pemupukan, dan hindari pemupukan dengan bahan kimia.

 Baca Juga = Bibit Durian Unggul Yang Cepat Berbuah

Cara Merawat Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah Yang Lainnya Yaitu :

Buatlah sayatan dengan lebar kira-kira 2 cm pada batang pohon secara melingkar, ini untuk mengeluarkan getah dalam sebanyak mungkin. Cara ini dilakukan seperti akan melakukan pencangkokan. Kemudian batang tersebut dikupas dengan jarak 5 cm di atas permukaan tanah. Buat juga kubangan secara melingkar di sekitar pohon dengan diameter sekitar 1 meter sebagai penampung air. Dua hari kemudian sayatan tersebut ditimbun menggunakan tanah.

Demikianlah cara merawat pohon mangga agar cepat berbuah yang bisa diterapkan. Tentunya cara tersebut tidak bisa dijamin 100% akan keberhasilannya. Tapi tidak ada salahnya jika anda mencobanya. Semoga informasi yang diberikan bisa memberikan solusi bagi anda yang tengah mendambakan pohon mangga untuk lebih cepat berbuah. Selamat mencoba dan semoga anda berhasil.