Cara Merawat Ikan Hias Di Akuarium Kecil

87953 views

Cara Merawat Ikan Hias Di Akuarium Kecil - Memelihara ikan hias memang suatu kegiatan yang mengasyikkan, terlebih bagi mereka yang memang mempunyai hobi. Ikan hias biasanya dipelihara di kolam maupun akuarium. Namun akan lebih menyenangkan jika dirawat sendiri menggunakan aquarium kecil, dan diletakkan di dalam rumah, bisa di ruang tamu ataupun di ruang tengah. Gemericik air dan gerak-gerik dari ikan menjadi hiburan tersendiri. Namun sayangnya, sering kali ikan hias yang dipelihara di akuarium justru mati. Hal ini tentunya menyebalkan dan kadang membuat orang kapok untuk melakukannya lagi.  Selain ikan hias menjadi berkurang, juga menyebabkan bau yang tak sedap. Dalam memelihara ikan hias di akuarium, memang ada cara-cara yang perlu diperhatikan dan dilakukan. Berikut adalah cara merawat ikan hias di akuarium kecil yang baik dan benar :

1. Jenis ikan

Cara merawat ikan hias di akuarium kecil yang paling utama yaitu mengenali jenis ikannya. Jenis ikan hias yang ingin dipelihara perlu diperhatikan dalam penempatannya. Pada jenis ikan yang agresif jangan dicampur dengan ikan yang tidak agresif. Lalu ikan agresif juga jangan dicampur bersama ikan teritorial. Kedua ikan tersebut bisa dicampur, namun tidak disarankan untuk akuarium ukuran kecil.

Apabila ada ikan yang sakit, seperti akibat jamur, cacing dan white spot lekas untuk pisahkan dari akuarium. Kemudian lakukan pertolongan pada ikan, anda bisa memberikan arak merah pada bagian tubuh yang terluka. Dan setelah sebaiknya ikan tersebut tidak lagi dicampurkan dengan ikan yang sehat lainnya. Perhatikan juga ukuran ikan, jangan mencampur ikan yang besar dengan yang berukuran kecil.

Cara Merawat Ikan Hias Di Akuarium Kecil

Cara Merawat Ikan Hias Di Akuarium Kecil

2. Ukuran Akuarium

Cara merawat ikan hias di akuarium kecil yang selanjutnya yaitu perhatikan ukuran akuarium yang akan anda gunakan. Hal ini untuk menyesuaikan ukuran ikan hias yang akan dipelihara. Jumlah ikan yang akan dipelihara juga disesuaikan dengan ukuran akuarium. Jangan sampai terlalu sesak, hingga bisa menyebabkan ikan mudah mati.

Artikel Terkait = Cara Budidaya Ikan Hias Air Tawar

3. Habitat Ikan

Untuk pemeliharaan pada ikan yang hidup dengan air deras seperti platy, koki juga dollar, maka gunakan filter yang bisa menyembur air yang mengalir. Sedangkan pada ikan dengan air tenang seperti gurami mini, manfish, oscar, sepat mutiara juga lohan, maka di depan semburan diberi batu maupun karang sebagai pembatas.

Hal tersebut dilakukan agar arus air tidak terlalu deras. Terdapat jenis ikan yang suka akan cahaya namun ada yang tidak. Pada ikan neon tetra ia akan hidup dengan baik dengan pencahayaan yang tidak terlalu terang.

 4. Makanan ikan hias

Cara merawat ikan hias di akuarium kecil juga harus memperhatikan makannnya. Pemberian makanan pada ikan dilakukan secara teratur. Sebaiknya pemberiannya dengan  jumlah kecil tetapi sering. Dengan begitu akuarium tidak akan cepat kotor akibat pemberian makanan yang terlalu banyak dengan sisa dari makanan. Untuk menetralkan kandungan kaporit, beri sedikit zat klorin.

Baca Juga = Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape

5. Perawatan pada akuarium

Cara merawat ikan hias di akuarium kecil tentu harus dilakukan penggantian terhadap air. Penggantian air dalam akuarium ini minimal dilakukan sebanyak sekali dalam seminggu. Kemudian pakai selang berdiameter 1 cm dalam tahan ini. Sebelum menambahkan air yang baru, sisakan air di dalam akuarium sekitar 25%-nya saja.

Apabila dalam mengganti air menggunakan PDAM, air harus diendapkan dulu paling tidak selam 12 jam, ini agar kadar kaporitnya hilang. Pada saat membersihkan akuarium, kapas filter juga dibersihkan. Setelah air yang baru diisikan, lalu tambahkan garam ikan sekitar 0,1% dari total air agar terhindar dari penyakit ikan juga jamur.

Pastikan suhu dari airantara 27-28 derajat celcius dan batas maksimalnya adalah 29 derajat celcius. Letak lampu jangan tertalllu dekat. Tingkat keasaman yang baik sekitar 7-8 PH, gunakan PH meter untuk mengetahuinya.